13 Mei 2016

Manfaat Internet Positif Untuk Masyarakat


Internet. Ini merupakan salah satu kata ajaib yang menjadi salah satu faktor yang bisa merubah kebiasaan sekaligus merubah peradaban. Salah satu penanda adanya sebuah kemajuan jaman. Dan Anda harus merasa beruntung jika bisa merasakan manfaat dengan kehadiran internet ini.

Saya sendiri mengenal internet ini ketika dulu masih kecil. Kira-kira saat saya masih usia SD/SMP. Dimana saat itu saya dibuat terkagum-kagum, kok bisa saat itu saya sedang main di tempat saudara saya di Semarang tetapi bisa berkomunikasi melalui chatting via internet, yang saat itu baru ada fasilitas mirc.
Ya, disaat itu komunikasi lazimnya masih melalui surat, atau jika ada uang yang berlebih bisa melalui telpon rumah. Alternatif kedua ini tentu saja saat itu mahalnya ngaudzubillahimindzalik. Jelas nguras kantong untuk ukuran ekonomi saya.



Namun sekarang kehadiran internet menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan. Apalagi ditambah untuk beli atau bayar kuota data bisa jauh lebih murah daripada jaman dulu. Ini lebih menyenangkan lagi.

Kehadiran internet ini selayaknya harus selalu kita lihat dari sisi positifnya juga. Sesi kebermanfaatan dengan adanya internet ini juga harus kita apresiasi, meskipun sudah pasti juga akan ada dampak buruk adanya internet.

Namun dalam artikel ini saya hanya ingin membahas mengenai manfaat internet positif bagi masyarakat. Dimana saya membuat sebuah rumusan sendiri menurut pengalaman dan penglihatan saya sendiri selama berkecimpung dengan dunia internet hingga hari ini.

Beberapa manfaat internet positif yang bisa kita kita temukan sehari-hari antara lain adalah :

#1.  Bisa digunakan untuk mencari segala macam informasi

Ya, dengan internet Anda bisa mendapatkan segala macam informasi yang akan anda butuhkan. Bisa untuk membantu mengerjakan tugas sekolah Anda. Bisa untuk mencari referensi jurnal penelitian. Bisa untuk mencari info lowongan kerja. Bisa untuk mencari informasi peluang usaha. Bisa juga untuk mencari informasi lainnya yang kita butuhkan.

Bahkan hanya cukup dengan googling saja anda akan bisa mendapatkan segala macam informasi yang Anda butuhkan. Enak banget kan ya?

#2. Bisa menggunakan aneka social media untuk bersosialisasi

Dengan bantuan internet, baik anda menggunakan PC, laptop atau smartphone anda akan bisa menggunakan aneka macam media sosial. Entah itu Facebook, twitter, instagram, pinterest, path, line, wathsapp, blackberry messanger, ataupun telegram.

Anda bisa menemukan teman baru, anda bisa mencari relasi baru, anda bisa menjalin networking dengan teman yang baru yang barangkali bisa menunjang atau berhubungan dengan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari Anda. Bahkan tidak jarang ada juga mereka yang bisa menemukan tulang rusuknya yang hilang melalui social media ini, hehehe..

#3. Menyalurkan Bakat dan Hobby Menulis

Yes, ini sangat jelas sekali. Dengan menggunakan internet kita bisa melakukan aktivitas ngeblog. Ini sama artinya bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan bakat dan hobby menulis Anda. Jika jaman dulu orang mencurahkan uneg-unegnya melalui media diary, sekarang sudah bisa digunakan media blog, seperti yang Anda baca ini.

Bahkan dengan aktivitas hobby menulis di blog ini lama-lama kumpulan tulisannya siapa tahu bisa diterbitkan sebuah buku tersendiri dan dijual. Lagi-lagi ini bisa memberikan manfaat yang positif kan?

#4. Bisa Mengadakan Seminar Online

Kemajuan jaman yang sudah luar biasa ini juga memberikan manfaat yang lainnya yaitu bisa mengadakan seminar secara online. Dunia serasa tanpa batas. Webinar atau web seminar merupakan salah satu buktinya. Anda bisa mengadakan seminar secara online dengan tema tertentu. Bahkan jika orang ingin melihat seminar Anda itu anda bisa juga menarik biaya pendaftaran, seperti layaknya biaya tiket masuk.

Bahkan salah satu teman saya di facebook juga pernah mengadakan seminar online yang bertemakan internet marketing, seminarnya berbayar dan semua hasilnya didonasikan. Dalam sekali seminar bisa menghasilkan 236 juta..!! Gila bukan?

#5. Bisa Untuk Berjualan Suatu Produk

Untuk point ini sudah sangat jelas. Dengan menggunakan bantuan internet, Anda bisa berjualan suatu produk tertentu. Anda bisa jualan dengan menggunakan toko online, atau jualan di sosial media, atau bisa juga jualan di beberapa marketplace.

Saya sendiri sudah membuktikan sendiri untuk hal ini. Dengan bantuan internet, saya bisa jualan undangan pernikahan, souvenir pernikahan dan mahar nikah unik yang bisa melayani customer dari ujung Banda Aceh hingga ujung Timika sana.

#6. Bisa Bikin Aplikasi dan Dijual

Ini juga merupakan salah satu yang bisa Anda lakukan dengan bantuan internet. Jika Anda bisa membikin sebuah aplikasi, misalkan saja aplikasi untuk pc/laptop atau aplikasi untuk android, Anda bisa menjual aplikasi tersebut dengan harga sesuka Anda.

Saya punya teman, namanya Mas Yudhis dari Surabaya. Beliau ini membuat sebuah aplikasi namanya "The Graph". Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan pencarian orang di Facebook. Harga aplikasinya ini ratusan ribu. Terakhir dijual dengan harga nyaris 500 ribu per lisensi..! Total penjualan aplikasi ini sangat fantastis, menghasilkan omzet lebih dari 1 Milyar..!! Keren kan?

#7. Bikin Ebook, Video atau Tutorial dan Dijual..!

Jika Anda punya ketrampilan atau keahlian tertentu, anda bisa menuliskan ketrampilan atau keahlian Anda itu dalam sebuah ebook. Atau membuat video tutorialnya, dan ebook atau video tutorialnya itu dijual..! 

Anda pinter bikin gambar kartun, pinter bikin kue, pinter main gitar, pinter main biola, pinter bikin cerpen, dll. Tuliskan pengalaman dan trik praktis yang berkaitan dengan ketrampilan atau keahlian Anda itu, lalu ebook atau video tutorialnya dijual. Ini bisa jadi duit. Keren banget kan?

Nah sekarang Anda jadi bisa ngerti kan, ternyata ada banyak banget Manfaat Internet Positif Untuk Masyarakat. Sebenarnya masih ada beberapa hal lagi yang bisa dituliskan. Tapi karena keterbatasan waktu menulis dan biar artikelnya gak kepanjangan untuk sementara saya tuliskan tujuh point ini dulu saja.

Yang penting dengan membaca artikel ini bisa membuka wawasan Anda, ternyata ada begitu banyak Manfaat Internet Positif Untuk Masyarakat.

Semoga bermanfaat..


Salam,

Hatta N. Adhy PK, ST