31 Agustus 2014

Pengalaman Tasya Souvenir Dalam Berbisnis Online

Sejak tahun 2008 hingga sekarang tercatat sudah 6 tahun Tasya Souvenir 'berkelana' dalam bisnis online. Melayani pemesanan souvenir pernikahan, undangan pernikahan dan jasa hias mahar nikah unik dari para customer yang tersebar di seluruh penjuru tanah air. Selama itu pula kami memperoleh aneka macam pengalaman yang terus menempa kami untuk tetap eksis menjalankan bisnis ini.

Pertama, bisnis online itu bisa dijalankan oleh siapa saja, kapan saja, dan bisa dimulai dengan modal yang minimalis. Asalkan saja kita mau untuk belajar mengenai internet marketing dan cara melayani para customer. Seperti Tasya Souvenir yang saya jalankan ini dimulai dengan modal dibawah satu juta.

Kedua, bisa mengenal karakter para customer bahkan dari asal daerah mereka. Karakter-karakter customer dari tiap daerah bisa berbeda. Tapi kalau customer dari daerah yang sama, biasanya memiliki karakter yang sama. Misalkan saja, customer dari daerah Bali karakternya sangat perfeksionis. Jadi betul-betul harus detail.

Ketiga, bisa memahami dan membedakan mana-mana saja calon customer yang hanya main-main, customer yang serius mau melakukan pemesanan, bahkan customer yang akan berniat untuk menipu kami. Jangan salah, pasti ada jenis karakter calon customer yang berniat untuk menipu.

Keempat, kita bisa mengenal karakter customer yang selalu positif thinking dan yang selalu berpikir negatif terhadap penjual. Maklum saja, tidak semua customer di Tasya Souvenir sudah terbiasa melakukan transaksi melalui internet.

Nah itulah beberapa hasil pengalaman yang pernah saya temui selama saya menjalankan bisnis souvenir pernikahan online di Tasya Souvenir ini. Ada banyak aneka ragam karakter orang dan aneka ragam keinginan, yang semuanya harus bisa diakomodir dan bisa dilayani dengan baik.


Salam Souvenir,

Hatta N Adhy PK, ST

Suka Duka Tasya Souvenir Dalam Melayani Customer

Ada yang mengira selama saya menjalankan bisnis souvenir pernikahan online di Tasya Souvenir ini baik-baik saja, tidak pernah mengalami kesulitan ataupun bertemu dengan kegagalan-kegagalan. Maklum saja, saat di FB pribadi saya memang sering saya share saat-saat 'indah' saya mengirim order-order, sehingga dikiranya semuanya mulus-mulus saja, hehehe...

Padahal sebenarnya ada banyak suka dukanya yang pernah saya lalui selama menjalankan bisnis Tasya Souvenir ini. Bahkan pernah saya catat kegagalan demi kegagalan yang pernah saya lewati ternyata ada banyak sekali. Dalam catatan saya itu kurang lebih ada 20-an kegagalan yang pernah saya lalui. Lumayan banyak kan?

Ada banyak kendala, ada banyak tantangan, ada banyak kesulitan ketika menjalankan bisnis itu adalah merupakan hal yang wajar. Bahkan itu merupakan sesuatu yang wajib dilalui, atau 'makanan' yang wajib dimakan. Meskipun pahit atau gak enak ya tetap saja harus dimakan bahkan dihabiskan.

Tidak jarang pula dengan adanya keesulitan, atau kegagalan yang kita temui itu sesungguhnya merupakan cara yang cantik dari Tuhan yang ditunjukkan kepada kita agar kita bisa dan mau untuk memperbaiki kekurangan yang ada dalam bisnis kita. Dengan begitu, kedepannya kita bisa memberikan pelayanan kepada customer dengan jauh lebih baik lagi.

Sebab tidak ada sebuah keberhasilan yang bisa didapatkan dengan cara-cara yang instan. Mie instan saja juga membutuhkan waktu untuk merebusnya lebih dulu sebelum bisa dinikmati. Begitu pula dengan suka duka kita dalam menjalankan bisnis, dalam hal ini saya di Tasya Souvenir, juga mengalami hal yang sama.

Jadi nikmati saja suka duka itu, teruslah melangkah dan bangkit dari kegagalan yang pernah dilewati. Perbaiki kekurangan yang ada agar semakin baik lagi ke depannya dalam melayani para customernya.


Salam Souvenir,

Hatta N Adhy PK, ST

Bisnis Souvenir Pernikahan dan Tasya Souvenir

Bisnis online buat saya saat ini memang sudah hal biasa, namun memulai bisnis souvenir pernikahan di Tasya Souvenir yang benar-benar dari nol, itu sungguh luar biasa. Sebab ibaratnya semua seperti membaca peta buta dan mencari jalan keluar dengan sendirinya tanpa pembimbing.

Jauh sebelum saya menjalankan Tasya Souvenir, awal mula saya mengenal internet adalah dulu ketika masih kuliah. Itupun juga nebeng di warnet. Lalu pertama kali mengenal situs jual beli barang-barang second yang beralamat di www.bekas.com dan satu lagi di www.indonetwork.co.id.

Dari dua situs itu pula akhirnya saya mencoba menjual barang bekas, waktu itu berupa handphone, printer atau komputer. Tak disangka ternyata seperti jargon toko bagus : "klik, ketemuan, deal" itu betul-betul bisa dilakukan.

Hingga akhirnya pada tahun 2006-2007 saya mulai mengenal yang namanya blog. Dan The Hatta Institute ini lah awal mula saya berkarier sebagai blogger. Yang akhirnya nanti 'menjerumuskan' saya ke dalam dunia bisnis online di tahun 2008 dengan membuat toko online www.tasya-souvenir.com

Ternyata pengalaman saya melakukan jual beli di situs bekas dot com itu ada juga manfaatnya terutama dari sisi membuat percaya si calon customer. Sedangkan dari sisi teknis membuat website atau mengoptimasi halaman website agar mudah dicari dalam search engine itu betul-betul perlu belajar lagi dari awal.

Saya sangat bersyukur sekali dimana akhirnya bisnis souvenir pernikahan saya di Tasya Souvenir akhirnya bisa berjalan dengan lancar, meskipun ada juga kerikil-kerikil dan sandungan yang membuat saya bisa menyempurnakan kekurangan-kekurangannya. Dan tahun ini  tidak terasa sudah masuk tahun ke-6.

Semoga nanti kedepannya Tasya Souvenir bisa terus selalu eksis dalam bisnis online dan melayani pesanan dari para calon pengantin. Baik itu pesanan souvenir pernikahan, undangan pernikahan atau jasa menghias mahar pernikahan unik dari uang kertas atau uang logam. Semoga.


Salam Souvenir,

Hatta N Adhy PK, ST

Tasya Souvenir Toko Souvenir Nikah Online Dari Klaten

Diantara Anda yang mengunjungi blog saya ini mungkin sudah pernah mendengar nama Toko Souvenir Nikah Online "Tasya Souvenir". Terutama bagi Anda yang sedang menyiapkan acara resepsi pernikahan atau mencari perlengkapan yang akan dipakai untuk acara pernikahan seperti misalnya undangan, souvenir, ataupun jasa hias mahar nikah unik.
Yup, Toko Online Tasya Souvenir adalah salah satu toko souvenir nikah online yang bisa melayani pemesanan Souvenir Pernikahan, Undangan Pernikahan, atau jasa hias mahar nikah yang unik dari uang koin atau uang kertas menjadi bentuk seni kerajinan tertentu.
Toko souvenir nikah online Tasya Souvenir ini sendiri merupakan salah satu toko online yang memiliki home base di sebuah kota kecil di Jawa Tengah, yaitu  di Kota Klaten. Yaitu sebuah kota kecil yang berbatasan dengan kota Solo di sebelah timur dan dengan kota Jogjakarta di sebelah barat.
Meskipun Tasya Souvenir ini home basenya berada di daerah Klaten, namun justru banyak menangani customer-customer atau klien-klien yang berasal dari berbagai kota besar di Indonesia. Mulai dari Medan, Aceh, Palembang, hingga di Jayapura Papua.
Untuk Anda para calon pengantin tertarik untuk melihat koleksi-koleksi produk yang ada di Tasya Souvenir, silakan saja mengunjungi website resminya, yang beralamat di www.tasya-souvenir.com. Atau bisa juga Anda berkonsultasi atau bertanya-tanya dulu sebelum melakukan pemesanan undangan souvenir, undangan atau hias mahar nikah unik. Silakan menghubungi di No.HP : 0853 275 90000 atau add Pin BB : 2A5109DC.

Salam Souvenir,
Hatta N Adhy PK, ST