23 Agustus 2013

Ide Sosialisasi Pak Dahlan Iskan Ke Masyarakat

Hampir bisa dipastikan Pak Dahlan Iskan akan maju menjadi salah satu peserta konvensi calon presiden yang akan diselenggarakan oleh Partai Demokrat. Dimana dengan konvensi ini adalah merupakan pintu masuk beliau untuk masuk menjadi bursa calon presiden dalam pemilu mendatang.
 
Jadi simpel saja, kalo kita pengen Pak Dahlan Iskan bisa menjadi Presiden Indonesia di periode mendatang maka harus menjadi calon presiden yang diajukan oleh Partai Politik atau gabungan partai politik yang memenuhi jumlah suara tertentu. Ini jalan satu-satunya, sebab maju lewat jalur independen tidak memungkinkan. Dan kalo maju lewat partai yang lain, semuanya rata-rata sudah memiliki capres jagoannya sendiri-sendiri. Misalnya saja, PDI ada Megawati Soekarnoputri, Golkar sudah ada ARB, PAN sudah ada Hatta Radjasa, Hanura sudah ada Wiranto. Jadi maju melalui jalur konvensi inilah yang realistis untuk ditempuh.
 
Dengan ikut konvensi, lalu menang dalam konvensi, barulah nanti bisa maju menjadi calon presiden yang akan dijagokan oleh Partai Demokrat.
 
Nah sekarang tinggal tugas kita para relawan yang ingin mengusung Pak Dahlan Iskan biar bisa menang dalam konvensi dan menang dalam pemilu mendatang adalah melakukan SOSIALISASI. Sosialisasi untuk lebih mempopulerkan Pak Dahlan Iskan di mata masyarakat. Memang Pak Dahlan Iskan merupakan figur yang populer, namun tidak semua orang terutama akar rumput (dan yang di pedalaman) sudah mengenal figur beliau.
 
Nah disini saya ingin mencoba sharing dan berbagi ide cara-cara sosialisasi yang sederhana, low budget, dan semoga bisa memiliki efek yang besar untuk bisa mengenalkan beliau.
 
Cara Ke-1 : Bikin CD Animasi dan Dokumentasi Tentang Pak Dahlan Iskan
 
Cara seperti ini yang kemarin sempat dilakukan oleh timsesnya Jokohok, dimana CD ini dipakai saat sedang melakukan pembekalan, kampanye tertutup atau sosialisasi lainnya. Menurut saya ini bisa diadopsi sedikit untuk diterapkan. Lebih murah dan mengena daripada untuk pasang iklan, bikin spanduk, pasang baliho dan sejenisnya.
 
Ide saya adalah membikin semacam video dokumenter kisah perjalanan hidup Pak Dahlan Iskan sejak masih kecil hingga sekarang. Tentu saja tidak perlu terlalu detil. Yang penting bisa membawa alur cerita perjalanan hidup Pak Dahlan Iskan.

Isinya bisa dikombinasikan antara kisah waktu masih kecil, waktu awal-awal merintis Jawa Posnya, waktu Menjabat Dirut PLN, hingga prestasi-prestasi beliau saat mengelola BUMN. Ditampilkan dengan kombinasi animasi dan gambar-gambar grafis tentu akan lebih cantik dan enak dilihat.

CD ini nanti bisa juga ditaruh di Youtube, agar bisa dilihat banyak orang, trus bisa juga dicetak massal yang dibagikan kepada para relawan. 
 
Caranya gimana? Bisa dipakai untuk presentasi untuk mengenalkan Pak Dahlan Iskan, atau bisa juga dipakai untuk NONTON BARENG video tersebut. Tentu saja dibalut dengan acara apalah, misalnya sunatan massal, donor darah, bazzar, atau yang lainnya...
 
Trus bisa juga disetel besok waktu nonton bareng sepakbola. Kebetulan tahun depan ada event Piala Dunia, jadi bisa dibikin posko-posko nonton bareng piala dunia plus nyetel CD itu. Atau bisa juga waktu final liga champion.. Ini sebagai contoh saja lhoo yaaa, eksekusinya tentu nanti menyesuaikan dengan kondisi di setiap daerah...
 
Kalo bisa CD ini bisa dengan bebas di-copy selama untuk kepentingan sosialisasi. Jadi masing-masing relawan mungkin bisa meng-copy sendiri sesuai dengan jumlah kebutuhannya sendiri, tergantung lingkup yang mau disosialisasi. 
 
Cara Ke-2 : Bikin Brosur+ Yang Berisi Prestasi Pak Dahlan Iskan
 
Cara yang ke-2 ini adalah bikin Brosur+. Maaf saya tidak tahu istilah yang tepat apa. Maksud Brosur+ disini adalah seperti layaknya selebaran-selebaran yang biasa kita dapatkan dimasjid-masjid sewaktu sholat jumat itu lho. Buat Anda yang muslim mungkin tahu.
 
Kalo selebaran yang biasa kita dapatkan di masjid-masjid itu kan biasanya berisi tentang tausiyah atau khotbah atau artikel-artikel dengan tema-tema tertentu, yang tentu saja itu ditujukan khusus untuk kalangan muslim.

Nah, kita coba meng-ATM itu..!!

Misalnya Serial Manufacturing Hope-nya Pak Dahlan Iskan itu kita desain ulang, lalu kita cetak ulang dan kita bagikan seperti yang ada di masjid-masjid itu. 

Atau bisa juga dibagi-bagikan dengan diselipkan atau dititipkan ke agen-agen koran yang besar. Kalo bisa disisipkan di koran HARI SABTU saja. Sebab akan lebih banyak yang membacanya..

Ini sekaligus bisa juga menjadi media iklan bagi rekan-rekan dahlanis untuk mempromosikan usahanya lho. Misalkan saja, Si-A memiliki usaha warung makan. Nah, Si-A ini boleh memasang 'iklan' usahanya itu dalam brosur+ itu tadi. Akan lebih baik lagi kalo misalnya iklan itu berupa benefit khusus, misalnya dengan diskon-diskon dalam jumlah tertentu, atau gratis gift cantik untuk setiap orang yang membeli di Toko Si-A. Diskon bisa ditambahin bila si customer ternyata anggota dahlanis juga.Trus penyebaran brosur+ nya itu juga digilir, alias keliling agar tersebar secara merata.
 
Dengan cara sederhana seperti ini bisa mengenalkan Pak Dahlan Iskan langsung dengan prestasi-prestasi nyatanya. Bukan cuma jualan foto atau gambar. Semakin cepat dimulai akan semakin baik. Sebab dengan pembagian brosur+ yang repetisi dan rutin dibagikan akan mulai menancap 'brand' Pak Dahlan Iskan ini Calon Presiden Indonesia..

Hehehe, idenya agak ngawur yaaa? Tapi sepertinya pantas buat dicoba..
 
Cara Ke-3 : Manfaatkan BB

Cara yang Ke-3 adalah dengan memanfaatkan BB. Meskipun mungkin pengguna BB banyak yang beralih ke android, namun masih banyak juga kok yang menggunakan BB ini. Nah dengan adanya BB ini perlu dioptimalkan untuk mengenalkan Pak Dahlan Iskan.
 
Ide saya sih sederhana saja, yaitu membroadcast sesuatu tapi bikin penasaran yang dibroadcast. Itu bisa diambil dari arsip-arsip tulisan ataupun berita-beritanya Pak Dahlan Iskan.
 
Sebagai Contoh :
 
..."Eh tau ngga sih kamu kenapa Jalan Tol Baru yang di Bali itu dibikin berkelok-kelok?? Kalo pengen tau, disini nih infonya www.blablabla(linknya).com"...
 
..."Indonesia ternyata udah pake teknologi geomembran lho buat produksi garam, ternyata hasilnya jauuuuuuuhh lebih banyak. Gak percaya? Ni lihat disini www.blablabla(linknya).com"...
 
Dan seterusnya lah, bisa dimodifikasi sendiri isinya, namun isinya tentu saja hal-hal positif prestasi Pak Dahlan Iskan itu. Buat mereka yang penasaran, pasti akan ngeklik dan cari tahu, hehehe...
 
Oya, biar link-nya gak kepanjangan, bisa di-shorten link saja biar praktis...
 
Efeknya apa? Kalo setiap BB katakan ada 1000-2000 orang, itu adalah target market 'calon pemilih' yang bisa dibidik.. Misalnya saja ada 1000 orang relawan, masing-masing ada 1000 kontak, maka akan ada satu juta orang yang bisa disosialisasi..
 
Mulai dari hal yang sederhana, dari yang dekat dengan kita, lama-lama nanti jadi terbiasa...
 
Cara Ke-4 : Bikin Game atau Aplikasi Yang Bisa Didownload
 
Cara ini dulu juga dilakukan oleh timses Jokohok, yang membuat game serupa dengan game angry birds yang dimodifikasi. 
Mungkin kalo ada rekan-rekan relawan yang juga bisa membuat aplikasi yang seperti itu bisa juga dilakukan. Buat game yang sederhana tapi menggelitik dan membuat orang penasaran dan ingin mendownloadnya.
 
Jujur saja saat nulis ini saya masih belum kepikiran enaknya dibikin game apa ya? Atau nantilah malah bisa jadi bahan diskusi bersama, hehehe...
 
Siiiiiiippp... Itulah beberapa masukan atau ide yang bisa saya share buat rekan-rekan dahlanis sekalian. Semoga kita bisa cepat bergerak, biar bisa lebih cepat mengenalkan Pak Dahlan Iskan ke masyarakat.
 
Maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan dalam tulisan saya ini.
 
Salam,
 
Hatta N Adhy PK,ST