04 Agustus 2013

Cara Cerdik Belanja Di Department Store Biar Murah

Hai..Hai..Haiiii.... Udah beberapa waktu tidak ngeblog ternyata bikin kangen juga, hehehe.. Mohon maaf karena dalam beberapa minggu ini sedikit tersita untuk 'belajar' lagi serta nguprek-nguprek website toko online saya (mumpung sudah libur produksi), hehehe...
 
Tulisan saya ini sebenarnya sudah ingin saya tuliskan jauh-jauh hari dulu sebelum puasa, tapi belum sempat. Akhirnya tadi siang sempat juga bikin pemanasan untuk mencari ide nulis tema ini lagi dengan nulis status di FB saya.
 
Isi status saya siang tadi kurang lebih seperti ini, saya ambilkan SS-nya yaa :
Nah, karena sekarang sedang masa menjelang lebaran sudah barang tentu akan banyak Anda lihat orang-orang akan memborong belanjaan di pusat-pusat perbelanjaan atau Departmen Store. Terutama Department Store yang menjual pakaian, baju, celana, dan sejenisnya (seputar fashionlah)...
 
Maklum, kita masih terkungkung pada kebiasaan bahwa kalo lebaran itu harus dengan baju-baju atau fashion yang baru pula, hehehe... Apalagi kalo Department Store yang banyak menawarkan program DISKON-DISKON TERTENTU akan banyak diserbu para calon pembeli. Betul kaaaann???

Nah disinilah celah yang WAJIB Anda waspadai dengan penawaran-penawaran DISKON itu yang seringkali mengandung JEBAKAN BETMEN buat para pembeli.

Yup saya menuliskan artikel ini sebab saya termasuk orang yang agak sebel dengan JEBAKAN BETMEN yang dilakukan oleh Department Store tersebut. Saya sebut Jebakan Betmen sebab :
  • Promosi yang dibuat seolah-olah kita bisa dengan mudah dapat 'uang' (voucher) senilai tertentu. Dari pengalaman saya yang sudah yaitu program promonya : "GRATIS Voucher Belanja Senilai Rp100.000"
  • Ternyata cara untuk mendapat GRATIS Voucher Belanja itu sungguh ribet dan cenderung menguras isi dompet kita. Dalam contoh ini adalah Saya minimal harus belanja senilai Rp300.000 lebih dulu, baru setelah itu bisa dapat Voucher yang dimaksud... Contoh mudahnya misal saya beli 3 baju harga @Rp150.000, jadi total saya bayar Rp450.000 kan?
  • Karena saya sudah belanja senilai lebih dari Rp300.000 itu, maka saya berhak mendapat voucher belanja senilai Rp100.000. Tapi Saya tidak serta merta bisa langsung mengklaim Voucher Bonus Anda tersebut. Voucher bonus tersebut tidak bisa diuangkan, namuuuuuuunn....
  • Konsumen "diwajibkan" untuk membeli barang lagi dengan harga barang senilai lebih dari nominal voucher yang Rp100.000 itu lebih dulu. Jadi intinya Anda beli barang lagi, misalnya harganya Rp175.000, baru Anda bisa menggunakan voucher itu. Jadi barang yang seharga Rp175.000 itu cukup Anda bayarkan dengan harga Rp75.000 saja. Tapiiiiiii... Masih ada tapinya...
  • Voucher itu hanya berlaku dalam HARI ITU JUGA..!!! Kalo dipake belanja esok harinya maka sudah tidak berlaku...!!
Nah itulah yang saya bilang JEBAKAN BETMEN. Bandrolnya sepertinya enak, kita dikasih GRATIS VOUCHER BELANJA. Tapi faktanya kita malah digiring untuk dikuras isi dompetnya semakin dalam lagi.

Dalam kasus contoh diatas, bisa diambil kesimpulan sebagai berikut :
  1. Saya belanja barang I (Rp450.000) --> Dapet Voucher Rp100.000
  2. Belanja II Rp175.000 - (Rp100.000 Voucher) = Rp75.000
  3. Total HARGA BARANG : Rp625.000
  4. Total Pembayaran : Rp525.000
Hmmmmm lumayan menguras isi dompet juga kan kalo begini ceritanya????

Nah dari pengalaman diatas itu tadi, perlu ada Cara Cerdik Untuk belanja biar tidak terjebak dengan JEBAKAN BETMEN itu tadi. Lalu caranya gimana..????

Langkah pertama dan penting adalah : Sebelum Anda belanja, pastikan Anda hunting dulu KUPON VOUCHER BELANJA itu dulu. 

Lalu dapetnya dari mana? Ya dari orang yang sudah belanja lebih dulu dong...

Caranya gimana? Mudah sekali. Tongkrongin aja di dekat meja kasir pembayaran, dan lihat berapa jumlah nominal transaksinya. Coba cari customer yang belanja lebih dari Rp300.000. Sebab dia pasti dapat bonus voucher tersebut kan?

Trus gimana lagi? Dekati saja dia, gak usah sungkan atau malu. Tanyakan kepada dia, apakah vouchernya itu mau dipakai untuk belanja lagi atau tidak. Kalo tidak dipakai, mintalah dengan baik-baik. Atau gantilah dengan nominal tertentu, misalnya Rp10.000 atau Rp20.000 (struknya itu). Sebisa mungkin jangan mengeluarkan uang..!

Trus cari berapa voucher??? Ya tentu saja disesuaikan dengan jumlah item barang yang akan Anda beli nanti. Kalo mau beli 4 barang (Seperti contoh ilustrasi diatas), maka ya cari 4 voucher.

Sampai disini sudah paham kan???

Nah, kalo pada tahap ini Anda sudah paham dan bisa memperoleh 4 voucher belanja itu, apalagi dengan gratis. Itu Anda sudah menang satu langkah. Anda sudah punya 'modal' untuk belanja senilai Rp400.000 (4 voucher @Rp100.000).

Kalo sudah punya vouchernya itu, maka tinggal Anda belanja dengan tenang dan siapkan uang Anda untuk belanja...

Bila dengan ilustrasi yang sama, maka kalo Anda melakukan tips ini, pengeluaran Anda bisa ditekan signifikan. Anda hanya cukup membayar sbb:
  • Baju I = Rp150.000 - (Voucher Rp100.000) --> Rp50.000
  • Baju II = Rp150.000 - (Voucher Rp100.000) --> Rp50.000 
  • Baju III = Rp150.000 - (Voucher Rp100.000) --> Rp50.000 
  • Baju IV = Rp175.000 - (Voucher Rp100.000) --> Rp75.000
  • TOTAL = Rp225.000
  • Jadi TOTAL HARGA BARANG Rp625.000, Anda cuman keluar uang sebesar Rp225.000 saja
Bagi yang kena JEBAKAN BETMEN, keluar duit : Rp525.000
Bagi yang cerdas, cukup keluar duit : Rp225.000

Selisih Rp300.000 kan lumayan juga tuh? Bisa ditransfer ke saya yang udah bagi-bagi tips ini, hehehe...

Masalahnya nanti hanya satu : maukah Anda berburu voucher belanja itu dulu?
... malu ahh...
... wah takut ngomongnya...
... kalo ga boleh gimana ya???
dan beberapa penghalang kemauan yang lain..

Namun selama Anda tidak malu, mau berterus terang, serta berani mencobanya, saya jamin Anda pasti bisa...!! PASTI BISA...!!

Apakah cara ini HALAL?? Saya rasa HALAL, sebab kita minta baik-baik sama pemilik 'hak' yang punya voucher itu kan?? Kita tidak ngerampok atau mencuri, dan kita juga tetap membayar untuk produk yang kita beli kok..

Nah, semoga dengan tulisan ini Anda bisa sedikit banyak bisa melek, serta bijak dalam berbelanja. Jangan lagi terjebak oleh JEBAKAN BETMEN itu lagi yaaaa...

Selamat berbelanja ria...

Semoga bermanfaat...

Salam,
 
Hatta N Adhy PK,ST