18 Juni 2013

Lovers vs Haters di Kaskus

LOVERS VS HATERS DI KASKUS

Banyak diantara Anda tentu saja familiar dengan yang namanya kaskus, salah satu forum terbesar di dunia maya asli buatan anak negeri yang memang banyak sekali penggemarnya, termasuk saya.

Berawal dari kaskus itulah akhirnya saya menumpahkan uneg-uneg yang ada dalam pikiran ke dalam tulisan saya kali ini yang saya beri judul dengan Lovers vs Haters.

Mengapa saya mengaambil tema tersebut untuk saya jadikan bahan tulisan saya kali ini?

Alasan utama saya adalah GEMES banget ketika membaca forum diskusi yang ada di kaskus tersebut, bila saya cermati. Sekali lagi ini menurut pendapat saya lho ya. Diskusi dalam forum di kaskus itu, dalam tema (thread) diskusi yang dilempar seorang ts, hampir selalu saya temukan postingan reply yang mencela, meremehkan, menumbuhkan pesimisme, bahkan mungkin bisa sampai debat kusir yang kurang bermanfaat.

Misalkan saja yang kebetulan dalam dua hari ini saya mengikuti thread ini. Sebetulnya thread ini menurut saya bagus, sebab disitu menampilkan fakta-fakta dari kinerja salah seorang menteri dan terukur. Progres kerjanya jelas, serta menumbuhkan dan menularkan virus optimisme kepada para generasi muda.

Namun lagi-lagi bukan melihat hal-hal positifnya terlebih dahulu yang dicerna dan dibaca. Pelajari dengan benar dulu apa yang dimaksudkan ts dalam postingannya, bukan langsung berkomentar yang kadang malah 'asal njeplak' saja..! Ngomong yang ngaco, tanpa pernah dipikir dan kadang hanya berupa opini pribadi yang tidak didukung dengan fakta atau bukti yang mendukung opininya tersebut. Ini parah sekali.

Menurut saya sih sah-sah saja setiap ts menuliskan postingannya, asalkan semua ada fakta dan bila perlu juga data atau sumber beritanya. Itu merupakan hal yang bagus, sebab menuliskan yang tidak hanya sekedar opini pribadi.

Lalu, kalo kebetulan kita sebagai si pembaca ts tersebut, sah-sah juga bila ternyata kita berseberangan. Itu tidak dilarang. Bahkan bila kita mengedepankan rasionalitas dan kecerdasan berpikir, hal itu bisa menjadi ajang diskusi yang menarik.

Menariknya gimana? Bila kebetulan berseberangan pendapat, kita bisa mengcounter balik tulisan si ts tersebut. Gunakan argumen yang masuk akal, logis, ada faktanya, dan bila perlu juga dicantumkan sumber berita yang mendukung argumen yang berseberangan itu tadi. Jadi si pembaca forum akan bisa lebih menikmati ajang diskusi yang seru itu tadi.

Kalo berseberangan pendapat, namun tidak memiliki argumen, bukti, fakta, dan sumber berita yang kuat untuk mengcounter pendapat si-ts akan lebih baik diam saja, atau kalo tidak cocok dengan diskusinya ya simpel saja : lewati lalu cari thread yang lain yang lebih menarik buat Anda.

Tidak perlu meninggalkan jejak dalam diskusi tadi dengan tulisan-tulisan yang tidak berbobot, hanya sekedar mencela, menghina, merendahkan, menjelek-jelekkan si ts tanpa kita punya bahan diskusi yang cukup. Terlebih, kalo sekedar me-reply thread biar dianggap posting di forum tersebut banyaaaaaakk..!! Haik cuih...!! Jujur saya saya pribadi tidak suka.

Boro-boro mengharap dikasih cendol ijo, dilempar bata malah iya.. Hehehe...

Nah kembali lagi ke masalah Lovers vs Haters itu tadi. Namanya juga didunia ini semua diciptakan berpasangan. Setiap ada Lovers pasti akan ada Hatersnya. Itu sudah alamiah dan hukum alam :)

.... Ada fenomena Fatin X-Factor lupa lirik... Ada Lovers vs Haters...
.... Ada fenomena duo Keong Racun... Ada Lovers vs Haters...
.... Ada fenomena Norman Kamaru... Ada Lovers vs Haters...
.... Ada berita Eyang Subur dan Arya Wiguna... Ada Lovers vs Haters...
dan seterusnya....

Jadi, jangan mentang-mentang karena di Kaskus itu tidak mencantumkan nama real, cuman sekedar nama 'username' saja, ya sebisa mungkin bangunlah reputasi Anda sebaik mungkin dengan postingan dan reply-an postingan yang berbobot dan memiliki nilai plus dimata para pembaca forum yang lainnya.

Ingat lho ya, pembaca forum itu kan tidak hanya satu-dua orang saja. Melainkan bisa ratusan, ribuan, puluhan ribu bahkan ratusan ribu pembaca forum.

Jangan sampai ada pembaca forum itu setiap kali membaca postingan atau reply postingan Anda itu sambil bergumam : "Setiap kalo membaca postingan si username xxxyyyzzz123 ini kok bahasanya kasar, dangkal, seperti orang yang nggak berpendidikan, dan selalu menulis sembarangan gak ada sumber beritanya..!"

Karena itu, jagalah reputasi Anda saat menulis di forum-forum umum seperti yang ada di Kaskus. Sebab tulisan Anda itu nantinya akan mencerminkan reputasi dan kepribadian Anda.

Terakhir, tulisan ini saya buat bukan untuk menyudutkan siapa-siapa, atau melakukan pembelaan terhadap seseorang. Tetapi ini murni sebagai pendapat pribadi saya sebagai pembaca dan penikmat diskusi di forum, seperti yang ada di Kaskus itu. Bila ada salah dalam penyampaian tulisan saya ini, mohon maaf yaaa...

Mari biasakan menulis dengan cerdas dan banyak memberi/menebar manfaat serta menumbuhkan virus optimisme buat banyak orang..!!

Salam Menulis..!!

Hatta N Adhy PK,ST
Founder The Hatta Institute
Owner Tasya Souvenir Group