12 Maret 2013

Berbagi Pengalaman Mengajukan KPR (Bagian 01)

Dalam Bulan Februari kemarin praktis saya banyak meninggalkan aktivitas saya menulis. Ya untuk mencicil materi buku, juga menulis artikel di blog. Sebab bulan kemarin disibukkan dengan aktivitas pengajuan KPR ke beberapa Bank sekaligus. Dengan kata lain mendapatkan Pengalaman Mengajukan KPR.

Bukannya menyesal karena tidak bisa memenuhi target menulis artikel di blog dan buat naskah buku, namun saya justru senang sekali. Saya jadi bisa banyak pelajaran berharga untuk ke depannya ketika saat saya akan mengajukan Kredit KPR lagi.

Jujur saja, dari dulu saya memang sudah ingin sekali mempraktekkan ilmu "membeli rumah dengan sedikit modal" yang beberapa waktu lalu sempat booming dengan aneka macam judul seminar atau workshop yang membahasnya.

Sumber Gambar : Dari Sini
Namun setiap kali saya mau maju, atau mau action, banyak mental block yang ada dalam pikiran saya selalu menghantui. Banyak ketakutan-ketakutan yang sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, namun justru menjadi momok berat yang luar biasa untuk saya berani mencobanya.

... Jangan-jangan syarat-syaratnya ada yang kurang lengkap...
... Jangan-jangan nanti disepelekan sama marketingnya...
... Jangan-jangan laporan keuangan yang ta bikin salah total....
... Jangan-jangan nanti gak lolos BI Checking....
... Jangan-jangan nanti diragukan sama pihak Bank....
... Jangan-jangan nanti banyak keluar biaya lebih dulu....

Begitulah rentetan ketakutan-ketakutan yang sempat menggelayut dalam pikiran saya hingga membuat saya takut melangkah untuk action..

Hingga akhirnya Jiwa BONEK saya bisa dimunculkan lagi.  "Wes iki kudu bener-bener dicubo sik..! Kalah cacak menang cacak..!!" Hahaha....

Simpelnya sih adalah pengen belajar dengan terjun langsung melakukan pengajuan KPR itu ke Bank. Yang saya pikirkan bukan harus goal dan cair kreditnya, tetapi lebih pada mengambil pelajaran bagaimana sih cara Bank melakukan penilaian kepada nasabah serta obyek yang akan didanai tersebut. Kalau toh ternyata bisa goal dan cair ya anggap aja itu bonusnya. Kalau masih gagal, ya tinggal dicari faktor apa yang menyebabkan gagal dan bagaimana nanti memperbaikinya. Simpel kan...?

Bersambung ke Bagian 02 >> KLIK DISINI


Salam,


Hatta N Adhy PK,ST
Owner www.tasya-souvenir.com dan www.sandalklumut.com