28 Januari 2013

Menemukan Ide Bisnis Dari Masalah

(Bagian II)

Pada bagian sebelumnya sudah saya berikan beberapa contoh bagaimana menemukan ide bisnis yang dimulai dari sebuah masalah. Ada beberapa ide bisnis yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk menggali ide-ide Anda sendiri.

Beberapa contoh ide bisnis yang sudah saya berikan contoh seperti les/kursus privat, tempat penitipan anak, laundry kiloan, jasa antar jemput sekolah, dan tempat cuci mobil/motor bisa Anda contoh. 

Bisnis-bisnis dalam contoh tersebut diatas semuanya pasti akan ada korelasi antara sebuah masalah dan solusi dari masalah itu sendiri, yang akhirnya bisa menjadi 'mesin uang' yang hebat.

Untuk mengasah insting bisnis Anda biar lebih tajam lagi, akan saya berikan beberapa contoh lagi ide-ide bisnis yang semuanya dimulai dari adanya sebuah masalah. Biar gak penasaran, silakan disimak baik-baik yaaaa.... :)

F. JASA SEBAR BROSUR


Salah satu cara untuk melakukan promosi yang masih populer hingga saat ini adalah dengan membuat brosur dan membagikannya ke tempat-tempat tertentu. Misalnya, disebar ke komplek-komplek perumahan, dibagi di tempat parkiran motor/mobil, dibagi di perempatan lalu lintas, atau dibagi di pusat perbelanjaan.

Bila kita melakukannya semua sendiri pasti akan repot. Selain memakan waktu juga akan menguras tenaga. Nah, dari situlah akhirnya ada yang memiliki ide untuk membuka bisnis jasa sebar brosur.

Dimana kita tinggal memberikan materi brosur yang akan dibagi-bagikan, lalu menyepakati lingkup daerah mana saja yang akan dibagikan, serta membayar jasa sebar brosur tersebut. Biasanya perhitungan biaya jasa sebar brosur itu dihitung per lembar.

Potensi bisnisnya ini seperti apa? Ini tidak bisa diremehkan lho. Anggap saja setiap klien meminta jasa untuk membagikan brosur sebanyak 5 rim, atau 2500 lembar. Bila jasa sebar brosur per lembarnya Rp150, maka bisa menghasilkan Rp375.000.

Tapi ingat itu hasil dari satu klien yang meminta sebar brosur saja. Anda bisa menghitung sendiri, bila dalam sebulan bisa menghandle 10 klien atau lebih, berapa potensi omzet bisnisnya. Luar biasa sekali kan?

Padahal itu hanya berasal dari ide yang sepele saja, yaitu menyebar brosur.

G. CATERING AQIQAH



Anda pasti tahu dong dengan yang dimaksud aqiqah? Perayaan syukuran kelahiran bayi, biasanya disaat usia sekitar satu bulan dengan menyembelih kambing. Biasanya acara aqiqah ini menjadi kebiasaan untuk ajaran agama Islam.

Nah, untuk menyiapkan aqiqah sendiri pasti sudah kebayang betapa repotnya. Mulai dari mencari dan membeli kambing yang akan disembelih. Menyembelih dan membersihkan kambing yang telah disembelih. Memasak kambing menjadi menu-menu yang akan disajikan dalam prosesi acara aqiqah, dan lain sebagainya.

Kini, lupakan semuanya segala kerepotan itu..! Berkat adanya kerepotan masalah dalam menyiapkan acara aqiqah akhirnya muncullah ide bisnis "CATERING AQIQAH". Dimana semuanya dibuat praktis. Kita tinggal membayar jasa catering ini dalam jumlah tertentu, dan kita tinggal terima beres saja.

Tentu saja yang perlu diperhatikan adalah kehalalan hewan kambing yang dibeli, proses penyembelihan yang syar'i sesuai dengan tuntunan agama, serta kebersihan sajian menu yang ajan disajikan.

Dengan adanya jasa Catering Aqiqah ini bisa membuat acara aqiqah menjadi mudah dan praktis. Kita tidak perlu direpotkan dengan acara masak-memasak, sebab semuanya sudah disiapkan oleh pihak catering.

Nah, ide bisnis catering aqiqah ini juga sederhana kan? Dimana awalnya hanya melihat betapa repotnya menyiapkan acara aqiqah. Terutama dalam hal menyiapkan masakannya :)

H. JASA SEO


Bagi pelaku bisnis online profesi Jasa SEO ini mungkin sudah familiar, namun mungkin juga bagi beberapa yang lainnya masih terasa asing. Jarang atau tidak pernah mendengar profesi ini.

Yang dimaksud dengan Jasa SEO itu adalah jasa untuk mengoptimasi sebuah website atau blog, dimana agar website atau blog yang dioptimasi tersebut bisa dengan muda ditemukan di halaman depan (hal 1 atau 2) pada mesin pencari seperti google, yahoo, bing dan sejenisnya.

Jasa ini muncul juga awalnya dari sebuah masalah. Tidak banyak orang yang bisa mengotak-atik website atau blog sehingga bisa menjadi page 1 google. Tidak mengerti bagaimana meriset keyword tertarget yang diinginkan dari toko online yang dimiliki. Dari situlah akhirnya muncul jasa-jasa untuk mengoptimasi website.

Jangan remehkan profesi jasa SEO ini lho yaa. Tarif yang dipatok perhitungannya berdasarkan dari jumlah kata kunci yang dioptimasi. Semakin banyak kata kunci yang dioptimasi, semakin mahal pula jasa yang musti dibayarkan.

Nah, buat Anda yang senang mengotak-atik blog atau website, dan tahu bagaimana caranya mengoptimasi website, tidak ada salahnya bila Anda mencoba untuk menjajagi profesi seperti ini. Selain mengasah ilmu Anda semakin hebat, tentu juga bisa membantu orang lain kan?

I. SERVIS AC


Jasa servis AC atau jasa membersihkan AC juga merupakan salah satu ide bisnis yang berawal dari sebuah masalah. Alat elektronik seperti Air Conditioner (AC) tentu membutuhkan perawatan yang rutin dan teratur. Tidak sembarang orang bisa melakukannya.

Bagaimana membersihkan filter, membongkar pasang AC (baik indoor atau outdoor), mengecek isi gas freon, tentu tidak sembarang orang bisa melakukannya. Dari masalah tersebut akhirnya ada yang menyediakan jasa servis dan perawatan AC.

Biasanya dari pengalaman saya, AC setidaknya dilakukan perawatan rutin 2 bulan sekali. Setidaknya dilakukan pembersihan bagian filternya. Dan ini tidak sembarang orang bisa melakukannya.

Dan asyiknya untuk jasa servis dan perawatan AC ini pemasarannya justru murah. Biasanya dari mulut ke mulut. Seorang customer yang puas dengan pelayanan, biasanya akan mereferensikannya ke sesama pemilik AC yang lain. Terutama yang tinggal dalam satu komplek perumahan.

Dan itu bisa menjadi pekerjaan rutin, 2 bulan sekali pasti akan balik lagi untuk melakukan perawatan. Bahkan tidak jarang biasanya akan membooking waktu jauh-jauh hari sebelumnya.   


J. KURIR ASI



Kurir ASI? Pasti akan terdengar aneh kan? Masa ada kurir untuk mengatar ASI? Hehehe, tuh buktinya ada kok. Silakan coba Anda lihat di http://www.kurir-asi.com/ Yang dimaksud dengan Kurir ASI ini adalah jasa mengantarkan ASI ke tempat yang diinginkan.

Bagaimana ide bisnis ini bisa muncul? Pastinya bermula dari sebuah masalah. Terutama dialami para ibu-ibu yang menjadi wanita karier, dan masih dalam masa menyusui. Si Ibu harus masuk kerja ke kantor, sedangkan si kecil di rumah harus membutuhkan asupan ASI, apalagi masih dalam masa ASI Eksklusif.

Dari situlah akhirnya muncul ide bisnis untuk mengantarkan ASI. Jadi, si ibu tinggal menyimpan stok ASI-nya di botol, disiapkan pas di kantor, lalu tinggal menghubungi Kurir ASI ini untuk diantarkan ke rumah agar bisa diminum oleh si kecil.

Idenya betul-betul brilian kan? Dari sebuah masalah sepele, ASI saja ternyata bisa menjadi ide bisnis yang luar biasa. Dengan adanya jasa Kurir ASI ini tentu bisa membuat para wanita karier tetap tenang. Bisa tetap bekerja dikantor, sekaligus menyiapkan stok ASI untuk si kecil, dan cukup diantarkan dengan jasa Kurir ASI.

Gimana? Sudah mulai bisa melihat celah peluang bisnis dari sebuah masalah kan? Dari beberapa contoh yang saya tuliskan diatas itu semuanya adalah contoh yang nyata. Anda bisa juga menjalankan bisnis seperti yang saya jelaskan diatas itu, atau bisa juga menemukan ide bisnis yang baru.

Makanya sekarang, segera berburu masalah-masalah yang ada di sekitar Anda. Segera diidentifikasi potensi masalah yang sering muncil, lalu carikan solusi terbaiknya, dan tawarkan solusi tersebut menjadi sebuah ide bisnis yang bisa Anda jalankan untuk selanjutnya bisa menjadi 'mesin uang' Anda.

Semoga segera menemukan masalah dan merubahnya menjadi rupiah...

Semoga bermanfaat...

Salam,

Hatta N Adhy PK,ST

Menemukan Ide Bisnis Dari Masalah


Salah satu cara untuk menemukan ide bisnis adalah dengan mengidentifikasi masalah yang ada di sekitar Anda lalu Anda carikan solusi terbaiknya. Nah, solusi dari masalah yang timbul tadi itu akan bisa menjadi ide bisnis yang akan Anda jalankan.

Pada tulisan saya yang lain hal ini juga sudah pernah sedikit saya singgung. Bila yang belum pernah membaca, silakan baca artikel saya yang berjudul "Merubah Masalah Menjadi Rupiah".

Anda tahu Richard Branson? Dia adalah pengusaha nyentrik asal London sekaligus pemilik puluhan bahkan ratusan perusahaan bisnis dibawah bendera Virgin Group. Salah satu perusahaannya bergerak dalam bidang penerbangan ternyata dulu dimulainya dari sebuah masalah.

Konon ketika sedang melakukan perjalanan ke Puerto Rico dia terdampar. Tidak ada penerbangan yang membawanya kembali. Banyak orang yang terdampar seperti itu. Reaksi orang yang mengalami kejadian seperti itu beraneka ragam. Ada yang marah, mengeluh, memaki-maki, dan menyalahkan orang lain. 

Namun Richard justru berpikir lain. Dia tahu bahwa ini adalah masalah, yaitu tidak ada penerbangan yang membawanya kembali. Dan ini bila dicarikan solusinya maka akan menjadi satu ide bisnis yang ciamik.

Lalu tercetuslah ide. Ia menghubungi kolega/temannya yang memiliki pesawat carteran. Ia siapkan segala sesuatunya untuk keperluan penerbangan one-way dari Puerto Rico ke London. Hingga akhirnya ia tawarkan kepada mereka yang sama-sama terdampar itu sebuah solusi yaitu penerbangan kembali one way dengan pesawat dari Puerto Rico ke London dengan tarif yang telah ia tentukan. 

Dari situ pula akhirnya ide mendirikan Virgin Airways dimulai.

Kisah yang dialami oleh Richard Branson itu sekaligus bisa membuktikan bahwa menemukan ide bisnis itu bisa bermula dari sebuah masalah. Dibalik masalah akan tersembunyi peluang, dan dibalik peluang akan ada cara-cara menghasilkan uang.

Masih ada banyak contoh lainnya bagaimana sebuah bisnis itu diawali dari sebuah masalah. Dari sebuah masalah dicarikan solusi, maka solusinya tersebut akan bisa menjadi sebuah peluang tersendiri untuk menghasilkan uang.

Biar Anda bisa lebih terasah lagi insting bisnis Anda, berikut ini saya berikan beberapa contoh ide bisnis yang dimulai dari masalah. Coba perhatikan bagaimana korelasi antara masalah yang muncul serta solusi yang akhirnya bisa diambil dan menjadi ide bisnis yang menghasilkan uang.

A. LES PRIVAT


Ada beberapa kalangan orangtua yang memilih untuk memberikan tambahan les privat kepada anaknya. Hal ini mungkin dikarenakan beberapa hal berikut ini :
  • Si orangtua tidak memiliki waktu yang cukup untuk mendampingi si anak belajar karena disibukkan dengan aktivitas yang lain.
  • Si anak bila belajar sendiri tidak pernah bisa fokus, disambi dengan bermain atau nonton TV.
  • Orang tua pusing/tidak sabar dalam membantu belajar si anak (sudah lupa pelajarannya), hehehe..
Hingga akhirnya dari beberapa permasalahan tersebut muncul peluang bisnis Les Privat. Ini menjadi solusi yang terbaik. Dimana si anak bisa memiliki teman untuk belajar dan mengerjakan PR/Tugas dan si orang tua juga bisa mengungguinya atau mengerjakan aktivitas produktif lainnya

B. TEMPAT PENITIPAN ANAK


Problem yang sering dialami oleh wanita karier setelah cuti melahirkan selesai adalah bagaimana merawat Anak itu dengan masih tetap bisa dipantau dengan baik. Tidak mungkin membawa anak kita ke lokasi kerja kan?

Bagi mereka yang masih tinggal dengan orangtua atau tinggal di dekat rumah orangtua mereka, mungkin masih bisa saja 'menitipkan' si kecil saat jam kerja. Atau bisa juga menyewa jasa baby sitter, namun biasanya ini juga tidak murah.

Problem akan muncul lagi, bila ternyata mereka tidak tinggal dekat dengan orangtua dan juga susah mendapatkan jasa baby sitter. Sedangkan urusan pekerjaan kantor juga tidak bisa ditinggalkan begitu saja.

Bagi beberapa orang mungkin akan mengajukan pengunduran diri (resign) biar bisa fokus mengasuh anak. Namun bagi sebagian yang lain terlalu riskan mengambil langkah tersebut, sebab pekerjaan dikantor itu menjadi sumber nafkah utama mereka.

Dari situlah muncul solusi "Jasa Penitipan Anak". Dimana di tempat penitipan Anak itu kita bisa menitipkan si kecil selama orangtuanya kerja (masuk) kantor. Dan bisa dijemput setelah jam kantor usai. Enaknya lagi, selama si kecil ditinggal di tempat penitipan, si kecil juga bisa diajari hal-hal simpel buat anak usia PAUD, trus juga diberi makan siang, serta kalo mau dijemput sudah bersih dan wangi.

Masalah suka tidak suka tentang si kecil dititipkan itu urusan pribadi masing-masing. Namun dalam topik saya ini membahad, bagaimana dari sebuah masalah, anak yang tidak bisa didampingi selama orangtua bekerja, itu bisa mendapatkan solusi.

C. LAUNDRY KILOAN


Apakah Anda pernah merasakan malas untuk mencuci pakaian? Setelah pakaian kering belum lagi masih harus menyetrikanya biar bisa tampak rapi ketika baju akan dipakai. Dua hal ini buat beberapa orang akan terasa menyiksa sekali, hehehe...

Belum lagi kalo cuciannya numpuk segunung. Seminggu penuh belum dicuci. Tambah bikin malas untuk menyentuh cucian.

Dari problem seperti itulah bisnis laundry kiloan muncul. Daripada malas mencuci dan menyetrika sendiri, tinggal diserahkan ke laundry kiloan saja nanti sudah beres. Sudah bersih dan wangi, baju tinggal dipakai saja tidak perlu repot.

Saya pun merasakan manfaat dari adanya usaha laundry kiloan ini. Secara nominal uang yang dikeluarkan bila kita mencuci sendiri dengan di-laundry ternyata tidak berbeda jauh. Kebutuhan untuk sabun cuci, pewangi, air dan listrik untuk kebutuhan mencuci ternyata tidak berbeda jauh.

Namun ada satu hal yang bisa saya gunakan dengan baik, yaitu "WAKTU". Waktu saya yang seharusnya digunakan untuk mencuci, membilas, menyetrika, dan menjemur pakaian jadi bisa saya gunakan untuk aktivitas lain yang lebih produktif dan bermanfaat.

Jadi dari sebuah masalah malas mencuci dan menyetrika akhirnya bisa menjadi sebuah ide bisnis baru yang menghasilkan uang, yaitu dengan Laundry Kiloan.

D. ANTAR JEMPUT SEKOLAH



Ada juga problem lain yang bisa dijadikan ide bisnis, yaitu dengan antar jemput sekolah. Bagi orangtua siswa yang bekerja diluar kota, atau harus masuk kantor (apel pagi) Jam 07.00 pagi, maka hampir tidak ada waktu lagi untuk mengantarkan anak tercinta ke sekolah.

Melepas anak berangkat sekolah sendiri dengan sepeda/motor/angkutan umum juga sedikit mengandung resiko.

Sebab itulah bisa muncul bisnis antar jemput sekolah, dimana si anak yang akan sekolah tinggal duduk manis di rumah sesuai dengan kesepakatan. Dimana nanti pada jam tertentu harus sudah siap untuk dijemput berangkat sekolah, dan diantar hingga ke sekolah masing-masing.

Ketika pulang sekolah pun juga begitu. Si anak tinggal bersiap siap dijemput di sekolah, dan diantar kembali sampai ke rumah.

Sebuah win-win solution yang sama-sama menguntungkan kan? Si orangtua bisa dengan tenang berangkat kantor, dan si anak juga tenang sudah ada yang menjemput dan mengantar sekolahnya.

E. TEMPAT CUCI MOBIL/MOTOR


Hampir sama dengan problem malas mencuci dan menyetrika yang akhirnya menghasilkan ide bisnis laundry kiloan. Kegiatan mencuci mobil/motor kadangkala juga menjadi aktivitas yang malas untuk dikerjakan sendiri.

Dari problem tersebut akhirnya muncul ide bisnis cuci mobil atau cuci motor. Dimana disitu kita tinggal duduk manis, motor/mobil kita sudah dicucikan hingga bersih. Belum lagi body mobil/motor dioles menjadi mengkilat. Dan bahkan di beberapa tempat cuci mobil/motor ini memberikan layanan gratis isi angin nitrogen dan semir ban.

Nah praktis sekali kan? 

Anda tidak perlu repot. Tidak perlu berbasah-basah ria. Tidak menghabis-habiskan air. Anda tidak perlu capek. Tinggal menunggu dan duduk manis, mobil/motor bisa kinclong. Hehehe..

Itulah beberapa ide bisnis yang awalnya dimulai dengan adanya masalah. Jangan remehkan dengan masalah. Tinggal diidentifikasi, dan dicarikan solusi terbaik maka ditangan orang yang kreatif akan bisa menghasilkan peluang. Dan dibalik peluang itu tersembunyi uang yang banyak..! Hehehe...

Sudahkah Anda melihat masalah di sekeliling Anda???

Semoga bermanfaat...


Salam,

Hatta N Adhy PK,ST

Bisnis Itu Seperti

Kebetulan lagi males nulis yang serius-serius banget nih. Pengen sesekali nulis yang gak serius tapi bisa diambil benang merahnya :)

Lagi-lagi masih berkaitan dengan dunia bisnis. Saya memiliki beberapa logika kejadian-kejadian yang ada di sekitar kita, namun bisa juga kita tarik menang merahnya dalam kita memulai atau menjalankan bisnis.

Logika-logika itu adalah sebagai berikut :

#Bisnis itu seperti bola bekel

Bola bekel adalah salah satu mainan anak kecil, dimana bola kecil yang dipakai terbuat dari karet. Bola bekel itu bila kita ingin dia bisa melenting atau memantul lebih tinggi, maka ia harus dibanting ke bawah dengan keras..!

Sama seperti menjalankan bisnis. Bila bisnis Anda ingin bisa terbang tinggi (baca :  sukses), maka Anda harus siap dibanting ke bawah dengan keras. Dimana wujudnya bisa beraneka ragam. Bisa berupa tantangan, kegagalan, komplain, atau bahkan makian dari para customer Anda.

#Bisnis itu ibarat busur panah

Busur panah itu perlu ditarik kebelakang dengan kencang sebelum ia bisa melesat kedepan dengan cepat menuju titik sasaran. Nah, bila saat ini bisnis yang sedang Anda jalankan sedang mengalami titik kemunduran. Berpikir positiflah, mungkin itu adalah cara Tuhan menguji Anda supaya bisnis Anda bisa melesat dengan cepat menuju impian yang Anda inginkan.

#Bisnis itu juga butuh Pit Stop seperti F1

Kadang Anda jenuh menjalankan bisnis atau usaha. Itu wajar-wajar saja kok. Semua pasti juga pernah mengalami titik kejenuhan. Itu berarti Anda butuh waktu buat refreshing sejenak, serta sekaligus untuk instrospeksi diri untuk memperbaiki hal-hal yang kurang dalam bisnis Anda.

Berhenti sejenak untuk memperbaiki, untuk kemudian berlari kencang.

#Bisnis itu seperti putaran roda sepeda

Roda itu berputar terus, kadang diatas dan kadang juga berada di bawah. Begitu pula dalam berbisnis. Tidak selamanya kita akan rugi terus-terusan. Suatu saat pasti kita juga berada di atas untuk menikmati keberhasilan.

Kalo masih terus berada dibawah gimana dong? Ya simpel saja, pedalnya digenjot terus biar bisa berada diatas. Atau dalam bahasa lain, berusahalah terus jangan pernah menyerah untuk terus berusaha mewujudkan impian Anda.

#Bisnis itu seperti piring kaca

Ini berkaitan dengan kepercayaan dalam berbisnis. Piring kaca apabila kita jatuhkan maka ia akan pecah berantakan. Dan bila kita bisa menyusunnya kembali, maka tidak akan bisa sempurna seperti sedia kala.

Begitu juga pentingnya menjaga kepercayaan dalam berbisnis. Sekali saja Anda menodai kepercayaan yang diberikan kepada Anda, maka bisa membuat nama baik Anda jatuh bahkan tercemar. Bila sudah begini, akan susah untuk membangun kepercayaannya lagi.

Nah itulah beberapa perumpamaan dalam dunia bisnis. Sebenernya masih ada beberapa lagi yang bisa dishare. Namun karena lagi males nulis banyak-banyak, nanti disambung lagi dalam bagian tulisan yang lain...

Semoga bermanfaat...



Salam,

Hatta N Adhy PK, ST