26 Januari 2013

Menemukan Ide Bisnis Dengan Mengoptimalkan Keahlianmu

(Bagian II)

Menemukan ide bisnis yang paling mudah seperti yang sering saya tuliskan adalah dengan menggali bakat terbaik Anda. Mencari potensi kelebihan yang Anda miliki, yang bisa berupa keahlian, skill, atau ketrampilan tertentu.

Pada tulisan di bagian pertama sudah saya berikan beberapa contohnya seperti memiliki ketrampilan mengotak-atik blog atau template, membuat kue, menjahit, membuat kursus musik, ataupun membuat kursus sablon. Semuanya itu bisa dimulai dari suatu potensi kelebihan yang bisa digali lalu dioptimalkan agar bisa bermanfaat menghasilkan uang :)

Nah pada tulisan kali ini kembali akan saya berikan contoh lagi bagaimana menemukan ide bisnis dengan mengoptimalkan kelebihan potensi yang Anda miliki. Pengen tahu apa saja itu? Yuk kita simak satu per satu yuk...

F. Gambar Kartun

Adakah diantara Anda yang memiliki bakat terpendam pintar menggambar. Menggambar ini bisa dalam arti yang luas, yaitu bisa menggambar kartun, menggambar ilustrasi, melukis wajah, menggambar karikatur, atau menggambar lainnya.

Bila Anda memiliki bakat seperti ini Anda bisa mengoptimalkan untuk menghasilkan uang. Sebagai contoh misalnya Anda memiliki bakat pandai menggambar kartun yang lucu. Bakat kartun Anda itu bisa Anda kembangkan sebagai 'mesin uang' misalnya :

#1. Anda bisa mengirimkan hasil karya gambar kartun Anda ke koran-koran/majalah. Tentu saja gambar yang dibuat disesuaikan dengan tema majalah tersebut. Biasanya memang tiap majalah akan menyediakan space khusus untuk rubrik kartun, dan itu bisa Anda manfaatkan. 

Lumayan lho, setiap kali kartun dimuat Anda bisa mendapatkan honor diatas Rp200.000 per gambar kartun. Memang itu tidak gampang, tapi apa salahnya kalo Anda mulai mencobanya?

#2. Anda juga bisa mempublikasikan karya gambar kartun Anda melalui blog/website pribadi Anda. Seperti yang dilakukan teman saya Mas Jujuk. Karya-karya kartun hasil kreasinya dia publikasikan di blognya yang beralamatkan di www.kartununited.blogspot.com.

Terus saja berkarya, bila nanti dirasa sudah cukup banyak, Anda bisa membukukannya dan bisa diterbitkan menjadi sebuah buku. Seperti yang dilakukan oleh Nunk, kartunis di Tabloid Bola yang terkenal dengan 'Si Gundul'-nya itu.

#3. Atau bisa juga Anda mendirikan sekolah menggambar kartun..! Nah lo, ada ide bagus juga kan bisa bikin sekolah menggambar kartun. Ini serius lho. Saya sendiri dulu juga tertarik ingin sekali bisa menggambar kartun. Pengen bisa bagaimana menggali ide membuat kartun, bagaimana membuat tokoh kartun yang khas, bagaimana membuat ekspresi wajah yang bagus, bagaimana membuat teknik pewarnaannya, dan lain sebagainya. Itu bisa Anda jadikan materi dalam membuat sekolah menggambar kartun

Lagi-lagi dari situ bisa terlihat, bagaimana bisa mengoptimalkan bakat menggambar kartun untuk bisa menjadi 'mesin uang' Anda.

G. Desain Grafis 

Selain menggambar kartun, ada lagi yang juga masih berhubungan dengan kegiatan menggambar, yaitu dengan membuat desain grafis.

Desain grafis ini biasanya sudah berhubungan dengan olah gambar dengan menggunakan komputer/laptop. Dimana diperlukan untuk mendesain gambar untuk keperluan seperti :  kartu nama, ID Card, spanduk, baliho, iklan banner, dan lain sebagainya.

Bila Anda memiliki keahlian dalam hal olah gambar desain grafis, baik itu dengan menggunakan photoshop atau corel draw, Anda bisa mengoptimalkannya untuk menghasilkan uang.

Anda bisa membuat jasa pembuatan desain kartu nama, spanduk, banner, baliho, ID Card, dan sejenisnya. Yang intinya membutuhkan ketrampilan olah gambar dan desain grafis.

Selain Anda mempromosikannya secara offline, Anda juga bisa membuat website sendiri untuk keperluan marketing online. Sehingga Anda berpeluang mendapatkan customer yang berasal dari luar kota atau luar pulau.

Tertarik untuk mencobanya? Silakan saja dicoba...

H. Membuat Handycraft/Rajutan

Diantara Anda pasti juga ada yang memiliki ketrampilan untuk membuat handycraft (kerajinan tangan) atau rajutan. Misalkan saja :  membuat aneka souvenir dari bahan kain flanel, membuat aneka bros dari bahan manik-manik atau acrylik, atau bisa juga membuat tas rajutan.

Nah, bila Anda memiliki bakat dan ketrampilan seperti itu maka optimalkan..! Anda bisa membuka toko online dengan memajang produk-produk yang pernah Anda buat tersebut.

Saya memiliki teman di Jogjakarta, namanya Mbak Eis, yang hobby membuat accesories dari bahan manik-manik dan acrylik. Lalu iseng-iseng, hasil karyanya itu dia pampang dalam blognya (http://ziebeads.multiply.com), dan ternyata direspon positif oleh pasar.

Tidak itu saja, dengan ketrampilannya itu, Mbak Eis pun iseng-iseng menulis buku yang berisi step by step membuat accesoris seperti yang ia buat. Buku panduan langkah demi langkah membuat bros atau gesper itu dia tawarkan ke penerbit, dan akhirnya diterima dan diterbitkan menjadi buku...!

Tuh kan, dari hasil iseng-iseng hobby akhirnya bisa menghasilkan uang.

I. Jasa Pelaporan Pajak

Kedengarannya aneh ya, kok ada yang namanya Jasa Pelaporan Pajak? Hehehe, yang saya maksudkan disini ini adalah jasa penyusunan laporan pajak, seperti SPT Bulanan atau SPT Tahunan. Atau juga laporan keuangan/neraca perusahaan (untuk UKM).

Masih banyak lho UKM-UKM yang belum tersentuh untuk membuat pelaporan pajaknya. Biasanya karena bingung, tidak tahu bagaimana cara membuat atau mengisi formulir laporan pajaknya itu.

Disini celah peluang itu bisa Anda manfaatkan. Anda bisa memanfaatkan keahlian Anda, sedangkan UKM-UKM juga terbantu dengan pembuatan laporan pajak mereka.

J. Olah Data Statistik

Ini pengalaman saya pribadi diwaktu kuliah dulu. Waktu menempuh Tugas Akhir saya membutuhkan olah data statistik dari hasil penelitian yang sudah dilakukan. Bila saya membuatnya sendiri tentu saja saya pusing tujuh keliling, sebab banyak sekali yang harus dibuat. Sedangkan kalau saya musti ngolah data sendiri menggunakan software tertentu, waktu itu saya juga tidak menguasainya.

Alhasil yang saya lakukan adalah mencari teman yang menyediakan dan menerima jasa pengolahan data statistik. Kita tinggal menyerahkan data penelitian kita, serta menginformasikan data statistik apa saja yang akan kita butuhkan setelah diolah datanya itu.

Dari pengalaman itu saya yakin sekali bahwa kalo Anda memiliki ketrampilan atau keahlian dalam mengolah data statistik, misalnya dengan menggunakan software SPSS, itu sebuah anugerah terindah..!

Anda bisa mengoptimalkannya dengan membuka jasa olah data statistik. Segmen market yang bisa Anda bidik adalah para mahasiswa yang melakukan Tugas Akhir dan membutuhkan pengolahan data statistik dari penelitiannya.

Ini sebuah celah peluang bisnis yang luar biasa. Modalnya paling-paling hanya skill/keahlian Anda dalam mengolah data statistik, software SPSS (dan sejenisnya), dan sebuah laptop (ini pinjam juga bisa). 

Menarik bukan??

Hehehehe, ternyata ada banyak sekali contoh-contoh ide bisnis yang bisa dioptimalkan dari potensi kelebihan yang kita miliki. Semua contoh yang saya paparkan diatas tersebut semuanya riil dan semuanya bersumber dari potensi kelebihan seseorang yang dipoles sedemikian rupa sehingga bisa menjadi 'mesin uang'.

Oleh karena itu, mulai sekarang coba dideteksi lagi, apa saja yang menjadi kelebihan Anda, bakat apa yang bisa Anda optimalkan, keahlian apa yang Anda miliki namun tidak dimiliki oleh orang lain? Itu bisa menjadi modal yang luar biasa untuk memulai bisnis Anda.

Semoga menginspirasi...

Salam,

Hatta N Adhy PK,ST