25 Januari 2013

Menemukan Ide Bisnis Dengan Mengoptimalkan Keahlianmu


Dalam berbagai kesempatan bila ada yang tanya mengenai ide bisnis yang prospektif atau baik untuk dijalankan, saya selalu menyarankan pertama kali adalah dengan melihat potensi kelebihan (bisa berupa  keahlian, ketrampilan atau skill) yang Anda miliki.

Ya. Sebab yang bisa mendeteksi dan mengerti paling detil potensi kelebihan Anda itu ya diri Anda sendiri, bukan orang lain. Lalu mengapa harus potensi kelebihan itu yang digali? Sebab, bila Anda sudah memiliki potensi kelebihan dalam bidang tertentu itu sudah bisa menjadi modal yang luar biasa untuk dijadikan ide bisnis.

Dati potensi yang Anda miliki itu nanti tinggal dipoles sedemikian rupa dan dicari celah peluang yang bagus untuk menjadikannya bisnis yang bisa menghasilkan uang bagi Anda.

Namun kadang-kadang masih saja saya temui teman-teman yang masih bingung menemukan potensi kelebihannya. Atau apabila bisa menemukan potensinya itu, malah merasa malu atau tidak pede menggunakan potensinya tersebut untuk digunakan sebagai modal untuk menghasilkan uang.

Biar Anda tidak bingung, berikut ini akan saya sajikan beberapa bisnis yang sudah dijalankan oleh teman-teman dan kenalan saya, yang bila dicermati semuanya itu adalah bermula dengan mengoptimalkan potensi kelebihan yang dimilikinya.

Ada yang pintar mengotak-atik blog/template, ada yang pintar memasak dan membuat kue, ada yang pintar bermain alat musik, ada yang pandai menjahit, ada yang ahli dalam menggambar kartun, ada yang bisa membuat handycraft, dan lain-lain. 

Biar lebih jelas, Anda bisa membaca beberapa contoh bisnis yang dijalankan dengan bermodalkan ketrampilan atau skill yang dimiliki. Berikut ini beberapa diantaranya : 

A. Membuat Blog/Template Website

Jangan menyepelekan lho dengan ketrampilan mengotak-atik blog atau membuat template untuk website. Meskipun hanya sederhana, namun bila bentuk dan tampilannya cantik serta enak dilihat pasti akan membuat orang tertarik.

Saya memiliki sahabat, yang kebetulan domisilinya di Surabaya dan saya mengenalnya melalui dunia maya, namanya Mas Jujuk. Berkat ketrampilannya mengotak-atik blog dan membuat template website yang cantik, akhirnya itu bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Segmen market yang dibidiknya adalah mereka yang ingin memiliki toko online yang sederhana, namun tampilan templatenya bisa dicustom dengan gambar-gambar yang lucu dan unik. Si customer tidak mau repot dalam hal desain dan otak-atik blognya itu.

Nah peluang itu tidak disia-siakan oleh Mas Jujuk. Silakan coba dilihat di blognya di www.templatemanis.blogspot.com. Disana ada banyak contoh blog/website yang sudah dikerjakannya. Bahkan akhir-akhir ini dia kewalahan juga dengan permintaan pembuatan blog/website yang masuk ke dia.

Saya tahu persis, dulu pertama kalinya membuat bisnis ini Mas Jujuk pun tidak percaya diri. Jasa untuk membuat satu blog ini dulu masih dijualnya dengan murah. Namun sekarang seiring dengan kemajuan serta perbaikan disana-sini, tarif untuk membuat satu blog/website bisa dibilang lumayan.

Bahkan dalam satu bulan dia bisa mengerjakan order 5-8 order, bahkan lebih. Yang menyenangkan kata Mas Jujuk, hasil dari mengerjakan bisnis ini justru lebih besar daripada gajinya dikantor..!!

Nah loo...!!

B. Membuat Kue

Membuat kue adalah juga merupakan salah satu ketrampilan/skill yang bisa dioptimalkan untuk menjadi ide bisnis Anda lho. Saya punya saudara yang benar-benar sudah menjalankannya, dan itu terbukti berhasil.

Kang Iyan ferdian dan Mbak Menik, pemilik Keysha Snack, yang berdomisili di Semarang memulai bisnis snack dan kuenya dulu juga karena tidak disengaja. Karena memang sudah menjadi hobby dan kesenangan tersendiri, akhirnya Mbak Menik memutuskan untuk mencoba menjual snack dan kue bikinannya sendiri.

Dengan bantuan tangan dingin Kang Iyan Ferdian, marketing online nya pun juga dijalankan. Toko snack/kue online nya yang beralamatkan di www.keyshasnack.com itu akhirnya bisa dijalankan bersama.

Segmen market yang mereka tuju adalah buat mereka yang membutuhkan kue/camilan untuk acara rapat/arisan/ulangtahun atau beberapa acara lainnya di wilayah Semarang.

Atau bisa juga buat mereka yang berdomisili di luar kota atau luar pulau yang ingin memberikan surprise kado kue ulang tahun buat saudaranya yang kebetulan berdomisili di Semarang. Seru juga kaaaaann??

Nah, buat Anda yang juga memiliki bakat tersembunyi dalam hal membuat snack atau kue, tidak ada salahnya mulai sekarang segera dioptimalkan untuk menghasilkan uang.

C. Kursus Musik

Contoh yang selanjutnya adalah untuk Anda yang memiliki bakat dan ketrampilan bermain alat musik. Gunakanlah potensi Anda itu untuk menghasilkan uang. Salah satu caranya adalah dengan membuka kursus musik, atau mungkin dengan membuka kursus privat musik.

Banyak sekali lho saya temui orang tua-orang tua murid yang sekarang ini yang ingin anaknya bisa memiliki ketrampilan bermain alat musik. Entah itu bermain gitar, bermain piano, bermain keyboard, bermain drum, atau yang lainnya.

Dan biasanya mereka itu dari kalangan 'the have' atau menengah keatas, dan masalah biaya kursus tidak pernah dipersoalkan.

Kebetulan saya memiliki teman juga yang dia membuka kursus privat bermain piano atau keyboard. Ternyata, kursus privat yang dijalankannya itu awal mulanya juga dari hobby saja. Lalu ada yang pengen diajari dan kebetulan cocok. Dan dari situ akhirnya word of mouth nya berjalan, hingga sekarang memiliki murid lebih dari 20 orang.

Iseng-iseng saya pun bertanya, biaya kursus yang dikenakan per pertemuan tarifnya bisa hampir Rp100.000...!! Dan itu hanya untuk privat selama 1 jam saja..!!

Busyeeeeeettt... Bisa dibayangkan dong potensi penghasilannya berapa?? Padahal itu hanya bermula dari hobby saja.

D. Menjahit

Menemukan tukang jahit baju untuk customized akhir akhir ini agak susah mencarinya. Bila ada, antrian jahitannya pasti juga menumpuk. Nah, hal ini bisa menjadi salah satu celah peluang bagi Anda yang memiliki ketrampilan menjahit.

Tidak perlu malu untuk berpromosi bahwa Anda bisa menjahit, dan menerima jasa jahitan. Entah itu untuk seragam sekolah, seragam kantor, atau seragam untuk resepsi pengantin.

Untuk promosi awalnya mungkin bisa Anda buat, "Bila Tidak Puas Boleh Bayar Gratis..!" Hehehe, bisa dicoba tuh..

Atau, Anda bisa juga membuat kursus privat menjahit. Dimana nanti akan Anda ajarkan teknik-teknik dalam menjahit. Dari pemula hingga tingkat mahir. Intinya adalah jangan menyia-nyiakan potensi yang Anda miliki. Itu saja.

E. Kursus Sablon

Ide bisnis selanjutnya adalah Kursus Sablon. Ini benar-benar riil dijalankan oleh teman saya, namanya Kang Agus Heksa yang berdomisili di Jogjakarta. Ketrampilannya dalam menyablon kaos bisa dioptimalkan lebih dahsyat lagi yaitu dengan membuka Kursus Sablon.

Mendengar kalimat "Kursus Sablon" saja mungkin awalnya anda akan tersenyum simpul saja kan? "Ah masa' ada kursus sablon segala?" Hehehe... Soalnya saya kemarin juga berpikir seperti itu.

Namun ternyata apa yang dilakukan Kang Agus Heksa ini justru banyak peminatnya. Coba Anda lihat di www.kursussablon.com. Disana akan ada penjelasan detailnya. Macam kursusnya apa saja, yang diajarin apa saja, biayanya berapa, dal lain sebagainya.

Hebatnya lagi, yang ikut kursus sablonnya itu antri-antri..!! Anda harus booking kelasnya jauh-jauh hari sebelumnya biar tidak kehabisan tempat. Bahkan peserta kursus sablonnya itu juga ada yang berasal dari luar pulau lho.

Siapa sangka hayooo, dengan modal skill ketrampilan sablon kaos akhirnya bisa menjadi ide bisnis lain dengan membuka kursus sablon yang juga bisa menjadi penghasilan baru.

Tuhhhhh kannnn... Ada banyak sekali contoh nyata bagaimana bisa menggali ide bisnis yang dimulai dengan mengoptimalkan skill atau ketrampilan yang kita miliki.

Saya masih memiliki beberapa contoh yang lain, yang menemukan ide bisnisnya dengan bermodalkan skill atau ketrampilan yang dimiliki. Namun nanti akan saya bagikan pada tulisan selanjutnya saja.

Semoga dari tulisan ini Anda bisa mengambil sisi positifnya serta bisa terinspirasi bagaimana bisa menemukan potensi kelebihan yang Anda miliki lalu dioptimalkan untuk bisa menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan.

Semoga bermanfaat...


Salam,

Hatta N Adhy PK,ST