24 Januari 2013

Modal Tidak Harus Berarti Uang (Bagian II)

Modal Tidak Harus Berarti Uang (Bagian II - Tamat)

Pada Bagian Pertama tulisan ini yang membahas mengenai definisi modal dalam prespektif lain sudah dijelaskan dengan singkat yaitu modal selain berarti dengan "uang cash" bisa juga diartikan atau didefinisikan sebagai :  modal ide, modal kepercayaan, dan modal tempat atau lokasi.

Pada bagian kedua ini akan dibahas lagi definisi mengenai modal dalam 4 arti yang lain lagi. Dimana nanti Anda akan bisa tahu bahwa yang dimaksud dengan modal dalam memulai sebuah bisnis/usaha memang tidak selamanya diartikan sebagai modal dalam bentuk uang cash saja. Tapi bisa juga diartikan sebagai Modal Skill, Modal Teman/Relasi, Modal Waktu, dan Modal Komitmen.

Lalu bagaimana definisi masing-masing dari arti modal skill, modal teman/relasi, modal waktu, dan modal komitmen itu? Nah berikut ini adalah penjelasan selengkapnya. 
  • Modal Skill
Setiap orang biasanya akan memiliki keunikan sendiri-sendiri. Begitu pula dengan ketrampilan/skill, antara satu orang dengan yang lain juga bisa berbeda-beda pula skill/ketrampilannya. Misalnya saja, Si A memiliki ketrampilan bermain gitar. Si B pintar sekali membuat kue. Si C ahli dalam bermain piano/keyboards.

Nah, dengan masing-masing skill/ketrampilan yang dimiliki tersebut sudah menjadi satu poin plus tersendiri. Ada satu modal intangible (tidak terlihat) yang memiliki potensi untuk dipoles dan menjadi ide bisnis.

Kok bisa menjadi ide bisnis? Contohnya apa dong?

Si A bisa membuat tutorial dan workshop tentang cara bermain gitar..
Si B bisa saja membuka toko online khusus melayani pemesanan kue..
Si C bisa juga membuat bisnis kursus privat bermain piano/keyboards..

Semuanya itu bisa dimulai dengan bermodalkan skill/ketrampilan yang dimiliki.
  • Modal Teman/Relasi
Banyak anak banyak rejeki, itu mungkin salah satu pepatah lama yang masih sering kita dengar saat ini. Namun kini tambahlah satu lagi dengan pepatah "Banyak teman banyak rejeki". 

Cobalah mulai sekarang Anda mulai banyak-banyak menjalin relasi dan teman. Bila saat ini Anda masih menempuh kuliah, maka ini juga waktu yang tepat untuk memulai menjalin relasi dan kenal banyak teman.

Banyak manfaatnya bila Anda memiliki banyak teman dengan bermacam-macam latar belakang. Dengan modal 'pertemanan' barangkali kita bisa berpartner dalam sebuah bisnis. Bahkan dengan modal 'relasi' Anda bisa dapet pinjaman modal tanpa agunan. 

Karena itu jangan meremehkan kelebihan Anda dengan memiliki banyak teman atau relasi. Siapa tahu suatu saat pintu rejeki Anda terbuka berkat jasa 'pertemanan/relasi'. Who knows?
  • Modal Waktu
Memiliki waktu yang cukup untuk bisa konsentrasi menjalankan bisnis itu juga merupakan salah satu modal yang luar biasa. Sebagai contoh adalah misalkan Anda ingin memiliki bisnis online dan fokus menjalankan bisnis online tersebut.

Bila Anda sudah memiliki modal waktu untuk menjalankan bisnis online, itu adalah sebuah kabar yang baik. Sebab, untuk menjalankan bisnis online memang membutuhkan pengorbanan waktu Anda. Terlebih lagi bila Anda masih dalam tahap memulainya.

Contoh riilnya adalah: butuh waktu untuk otak-atik blog/website, butuh waktu untuk menjawab email/chatting dari para calon customer, butuh waktu untuk ngedit foto-foto produk, butuh waktu untuk ngupdate koleksi produk, dan lain sebagainya.

Jadi bila Anda sudah memiliki komitmen, dan bersedia untuk meluangkan waktu Anda untuk membangun bisnis, itu sebuah modal yang potensial, dan tidak bisa ditukar dengan nominal rupiah.
  • Modal Komitmen
Hampir mirip dengan modal waktu, modal komitmen ini juga salah satu modal yang 'berat'. Membangun komitmen dalam menjalankan bisnis itu sama juga seperti membangun komitmen dengan pasangan.

Contohnya misalnya: bagaimana bisa membuat pasangan bahagia, bisa membuat senang, bisa membuat tertawa, bisa mewujudkan impian bersama, dan sebagainya.
Sedangkan modal komitmen dalam menjalankan bisnis itu bisa berarti : komitmen untuk mengembangkan usaha, komitmen untuk meningkatkan omzet, komitmen untuk menjaga kepercayaan pelanggan, komitmen untuk melayani customer dengan baik, dan seterusnya. Dan modal komitmen ini juga tidaklah ringan.
Memiliki modla uang yang banyak tapi tidak memiliki komitmen untuk memajukan dan mengembangkan bisnis ya sama saja omong kosong.

Nah itu dia yang saya maksudkan dengan definisi-definisi modal dalam perspektif lain. Semoga dari sini Anda bisa memahami dan mengerti, bahwa yang dimaksudkan dengan modal dalam memulai bisnis itu tidak selalu harus diasumsikan dengan memiliki modal uang cash dalam jumlah yang besar.

Memiliki uang banyak sebagai modal, namun tidak disertai dengan memiliki skill, relasi, modal waktu serta komitmen untuk terus semangat memajukan bisnis juga kurang pas. Idealnya memang memiliki semua kombinasi modal dalam penjelasan diatas.

Semoga bisa menjadi pelajaran positif bagi Anda yang sedang bersemangat untuk membangun bisnis baru. 

Semoga bermanfaat...


Salam,

Hatta N Adhy PK, ST