23 Januari 2013

Menemukan Ide Bisnis Dengan Berkomunitas



Selain dengan membaca dan googling, ada satu cara sederhana lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menemukan ide bisnis, yaitu dengan berkomunitas. Yang dimaksud dengan berkomunitas disini adalah ikut bergabung dalam satu wadah/kelompok yang memiliki kesamaan minat.

Sekarang ada banyak sekali muncul trend untuk berkomunitas, seperti misalnya : komunitas pecinta binatang reptil, komunitas bisnis smart, komunitas tangan diatas, komunitas bismania, dan lain sebagainya. Biasanya memang dalam satu komunitas tersebut memiliki hobby atau minat yang sama.

Ngomong-ngomong masalah komunitas ini sendiri, saya membuktikan bahwa cara ini sangat ampuh untuk mengasah insting ide bisnis Anda. Saya ingat betul waktu pertama kali ikut komunitas bisnis smart (dari milist bisnis smart) dan ikut acara kopdarnya untuk pertama kalinya. 

Hingga akhirnya yang berikutnya ikut juga komunitas tangan diatas (TDA) pada sekitar tahun 2007, dan hingga sekarangpun masih tetap mengikuti sepak terjang komunitas TDA ini.

Bahkan secara tidak langsung, bisnis online saya di www.tasya-souvenir.com ini juga terinspirasinya dari komunitas TDA ini. Dimana dulu 'diwajibkan' (dalam tanda petik) untuk bisa ngeblog, alias memiliki blog sendiri. Dari situ pula akhirnya saya bisa belajar ngeblog dan belajar sedikit demi sedikit mengenai bisnis online. 

Dari pengalaman itulah maka saya bisa mengatakan bahwa salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ide bisnis adalah dengan BERKOMUNITAS. Ada beberapa tips yang bisa Anda tiru agar Anda bisa menemukan ide bisnis Anda dalam berkomunitas ini, yaitu : 
 
  • Gabunglah Dalam Komunitas Yang Memiliki Minat Yang Sama
Bila Anda senang dengan hobby memancing, maka Anda bisa ikut dengan komunitas mancing mania (misalnya). Atau, jika Anda senang dengan aktivitas ngeblog/blogging, bisa juga Anda mendirikan komunitas blogger di kota Anda sebagai ajang temu darat dan berbagi ilmu mengenai dunia ngeblog.

Intinya disini adalah, carilah komunitas yang memiliki kegiatan-kegiatan positif yang sesuai dengan minat atau hobby yang Anda tekuni. Dimana nanti di komunitas tersebut Anda akan bisa membangun relasi, menambah teman, menggali ilmu baru dari teman yang lain, atau berbagi ilmu dengan teman yang lain.

Kenapa musti memilih komunitas yang memiliki minat yang sama? Ya tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk berbaur, mengenal, serta mencari celah peluang yang berhubungan dengan hobby Anda bukan? Contohnya misalkan Anda penghobby modifikasi motor/mobil, tentu akan lebih nyaman dan nyambung ketika ngobrol-ngobrol dengan sesama penghobby modifikasi motor/mobil kan?

Dari situ biasanya akan bisa digali ide-ide bisnis apa saja yang bisa dimainkan.
 
  • Aktif Mengikuti Kegiatan Offline-nya
Setelah ikut dalam komunitas yang sesuai dengan minat dan hobby Anda, maka langkah selanjutnya adalah ikutlah aktif dalam kegiatan-kegiatan offline yang diselenggarakan oleh komunitas yang Anda ikuti tersebut.

Untuk apa aktif dalam kegiatan offline? Jelas saja, satu hal yang paling utama adalah membangun NETWORKING. Dengan aktif mengikuti kegiatan offline-nya, maka Anda akan bisa kenal dengan banyak teman baru, bisa menjalin relasi baru, dan juga mungkin bisa berpeluang memperoleh peluang bisnis dari teman yang lain.

Semakin Anda aktif dan sering muncul dalam kegiatan offline, maka anggota komunitas yang lainnya pasti akan lebih banyak yang mengenal Anda. Semakin banyak yang mengenal, maka akan naik juga kredibilitas Anda :)
  • Ikut Dalam Mailing Listnya
Biasanya dalam komunitas itu akan memiliki juga mailing list (milist), yaitu media untuk menyatukan anggota komunitas tersebut di dunia maya. Hal ini sepertinya menjadi kewajiban agar bisa menggaet anggota komunitas yang tinggal di lain daerah yang berbeda.

Bila komunitas tersebut memiliki milist yang aktif, maka Anda bisa memohon untuk ikut bergabung dalam milist tersebut. Namun bila ternyata dalam komunitas tersebut masih belum memiliki milist, mak itu peluang Anda untuk lebih aktif dalam komunitas dengan merintis membuat milistnya.
  • Aktif Memantau Kegiatan dan Tulisan di Milist
Bila sudah bergabung dalam milist di komunitas tersebut, maka yang wajib Anda lakukan adalah dengan ikut serta aktif mengisi milist tersebut. Ramaikan milist tersebut dengan diskusi-diskusi yang menarik, dengan tema-tema yang bermanfaat serta sesion tanya jawab antar member.

Bila Anda terbiasa menulis artikel, tulislah artikel yang bermanfaat yang bisa dibagikan kepada anggota milist yang lainnya. Bila ada teman-teman yang lain yang saling berbagi ilmu/tips, ikuti dan ikutlah 'nimbrung'. Agar anggota milist akan lebih banyak yang mengenal Anda.

Dan, biasanya dari milist ini Anda akan banyak memperoleh ilmu-ilmu gratis yang dibagikan oleh para senior-senior. Ilmu-ilmu itu bisa Anda pelajari, bahkan bisa juga Anda tiru dan dimodifikasi sedikit disesuaikan dengan spesialisasi Anda.
  • Aktif Bertanya Atau Cari Tahu Yang Tidak Dimengerti
Dalam berkomunitas, baik pada pertemuan offline ataupun dalam kegiatan di milist, selalu aktiflah untuk mengikuti update berita di milist. Aktiflah bertanya bila itu memang Anda perlukan. Bila perlu cari tahu sampai detail biar Anda benar-benar mengerti.

Sebeb disitulah manfaat berkomunitas itu akan benar-benar Anda rasakan.

Bila Anda malu bertanya secara langsung, bisa juga bertanya melalui email pribadi, atau mungkin bisa minta nomor HP/Pin BB yang bersangkutan agar Anda bisa berkonsultasi atau bertanya jawab mengenai hal-hal yang belum dimengerti di milist atau saat pertemuan offline. Pokoknya dilarang malu. Aktiflah bertanya untuk bisa menggali banyak info yang Anda perlukan.

Nah itu dia beberapa langkah yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan inspirasi ide bisnis dengan berkomunitas. Memang awalnya Anda akan merasa canggung dan malu, sebab belum banyak kenal dengan anggota komunitas yang lain. Namun lama kelamaan nanti akan menjadi terbiasa.
Langkah ini bisa Anda lakukan tidak hanya ikut dalam satu komunitas saja. Bisa ikut dalam beberapa komunitas tentunya asal masih berhubungan erat dengan dunia hobby dan minat Anda. Okeyyy..?

Selamat Berkomunitas...!

Semoga menginspirasi...

Salam,

Hatta N Adhy PK, ST