18 Januari 2013

Menemukan Ide Bisnis Dengan Googling



Tak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya kemajuan teknologi yang bernama 'INTERNET' bisa membantu memudahkan orang untuk mendapatkan banyak sekali informasi, tak terkecuali dalam hal mencari informasi mengenai ide bisnis.

Dalam setiap aktivitas online dan bila kita sedang mencari sebuah informasi yang sedang kita butuhkan sudah hampir pasti kita berhubungan dengan yang namanya search engine, atau biasa disebut juga dengan mesin pencari. Entah kita menggunakan search engine-nya itu google, yahoo, bing, atau yang lainnya. Intinya kita membutuhkan bantuan search engine.

Salah satu search engine yang paling populer dan banyak digunakan adalah google. Itulah kenapa, saking populernya search engine ini, aktivitas mencari informasi dengan menggunakan search engine apapun disebut juga dengan istilah 'googling'. Walaupun anda menggunakan search engine yahoo, bing, atau altavista tetep saja kita banyak yang menyebutnya dengan istilah googling.

Jangan meremehkan dengan kegiatan googling ini, sebab dengan googling Anda bisa juga mendapatkan ide-ide bisnis yang tak terduga. Bisa juga Anda mendapatkan aneka peluang bisnis kreatif yang bisa Anda pelajari, lalu diamati dan bila memungkinkan bisa kita tiru. Tentu saja dengan modifikasi bisnis yang diperlukan.

Khusus untuk menemukan ide bisnis dengan googling ini saya memiliki beberapa trik khusus untuk memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan googling. Untuk lebih jelasnya silakan ikuti penjelasan berikut ini :

  • Tentukan Keyword (Kata Kunci) Utama
Maksudnya disini adalah Anda memiliki keyword atau kata kunci induk dari sesuatu yang ingin Anda cari tahu informasinya di search engine. Sebagai contoh misalnya Anda ingin mencari informasi mengenai Ide Bisnis yang berkaitan dengan Souvenir.

Gunakan rumus sederhana untuk mencari keyword (kata kunci) yang sesuai. Ada beberapa rumus sederhana yang bisa Anda tiru, misalnya :

Peluang + Bisnis + [Bidang yang diminati]
Contoh : 
- Peluang Bisnis Online
- Peluang Bisnis Souvenir
- Peluang Bisnis Kuliner
- Peluang Bisnis Aksesoris

Peluang + Usaha + [Bidang yang diminati]
Contoh : 
- Peluang Usaha Online
- Peluang Usaha Souvenir
- Peluang Usaha Kuliner
- Peluang Usaha Aksesoris

Ide + Bisnis + [Bidang yang diminati]
Contoh : 
- Ide Bisnis Online
- Ide Bisnis Souvenir
- Ide Bisnis Kuliner

Bisnis + [Bidang yang diminati] + Online
Contoh : 
- Bisnis Souvenir Online
- Bisnis Baju Batik Online
- Bisnis Kostum Bola Online
- Bisnis Mainan Anak Online


Atau mungkin Anda juga bisa menggunakan pilihan kata kunci lainnya yang ada dalam benak pikiran Anda, misalnya saja :
- Ide Bisnis Sampingan
- Peluang Bisnis Sampingan
- Peluang Bisnis Modal Kecil
- Peluang Bisnis Online

Apapun yang Anda ketikkan sebagai keyword (kata kunci) tadi, pastikan selalu mengandung kata kunci BIDANG YANG ANDA MINATI.

  • Tentukan Kata Kunci Turunan (Long Tail keyword) Yang Pas
Setelah Anda mencoba menggunakan cara pada langkah pertama diatas, kemudian cobalah juga untuk mencari informasi yang lebih spesifik lagi. Ini akan berpengaruh pada segmen market tertarget Anda nantinya.

Saya berikan contoh sederhana saja. Misalkan saja kita ambil contoh yang menjadi keyword utamanya adalah "Peluang Bisnis Souvenir". Keyword ini masih terlalu umum, belum spesifik. 

Nah Anda perlu sedikit mengotak-atik long tail keyword yang pas untuk mendapatkan informasi yang lebih detil dan lebih fokus pada satu hal yang benar-benar Anda minati.

Pada keyword "Peluang Bisnis Souvenir" ternyata masih bisa dimainkan lagi long tail keywordnya menjadi misalnya :
- Peluang Bisnis Souvenir Ulang Tahun Anak
- Peluang Bisnis Souvenir Perusahaan
- Peluang Bisnis Souvenir Kantor
- Peluang Bisnis Souvenir Promosi
- Peluang Bisnis Souvenir Kelahiran Bayi

Dan masih banyak sekali ide-ide long tail keywordnya.

Disinilah pentingnya menentukan ide bisnis sekaligus segmen marketnya. Misalkan saja Anda tertarik untuk memulai bisnis souvenir, cari segmen yang lebih spesifik lagi misalnya khusus souvenir untuk ulang tahun anak. Dari hasil googling itu pasti Anda akan bisa menemukan banyak sekali ide.

Maksudnya, Anda bisa tahu. "Oh ternyata kalo saya ingin berbisnis souvenir ulang tahun anak, barang yang biasa dicari dan dibutuhkan itu adalah (misalnya) : tas goodie bag, souvenir gelas, thumbler, dst"

Hal ini akan memudahkan Anda untuk menyusun rencana bisnis selanjutnya.

  • Lokasi Peluang Bisnis Yang Diinginkan
Setelah paham dengan dua langkah diatas dalam menggunakan keyword untuk mencari ide bisnis, maka tinggal dikombinasikan dengan langkah ke-3 yaitu dengan menambahkan lokasi peluang bisnis yang diinginkan.

Sebagai contoh diatas, maka kita bisa menghasilkan rangkaian keyword misalnya : 'peluang bisnis souvenir ulang tahun anak DI SURABAYA'

Ada 2 kemungkinan persepsi dari hasil pencarian dengan cara menggunakan kombinasi keyword dengan cara seperti ini, yaitu : Pertama, bila ternyata hasil pencariannya masih sedikit, maka peluang Anda untuk memulai bisnis souvenir ulang tahun anak di daerah tersebut sangat terbuka lebar. Atau kedua, bila hasil pencariannya ternyata banyak, itu berarti pelaku bisnis souvenir ulang tahun anak di daerah tersebut sudah banyak dan marketnya pun juga banyak.

Semuanya sama-sama memiliki peluang untuk berkembang. Tinggal pintar-pintarnya kita melakukan strategi marketing dan promosi.

  • Gunakan Tanda Petik
Hal yang terakhir ini yang biasanya jarang diketahui oleh para netter. Bila kita mengetikkan keyword atau kata kunci antara menggunakan tanda petik diantara kata kunci dan tanpa menggunakan tanda petik, maka akan menghasilkan hasil pencarian yang berbeda.

Contohnya saja, misalkan saya melakukan googling dengan mengetikkan Peluang Bisnis Souvenir Ulang Tahun Anak (tanpa menggunakan tanda petik), serta mengetikkan "Peluang Bisnis Souvenir Ulang Tahun Anak" (dengan menggunakan tanda petik), maka akan menghasilkan hasil pencarian yang berbeda.

Dengan menggunakan tanda petik, maka hasil pencarian yang dimaksudkan akan lebih spesifik. Hasil pencariannya pasti benar-benar mengandung frasa kalimat yang dimaksudkan. Sesuai dengan yang Anda tulis dalam tanda petik.

Akan lebih baik bila cara ini langsung Anda praktekkan, dan perhatikan perbedaan hasil pencariannya. Pasti berbeda.

Nah itulah beberapa cara dan tips yang bisa Anda lakukan untuk menemukan ide bisnis dengan googling. Cara yang sederhana dan mudah sekali. Jangan lupa berlatihlah mengotak-atik kombinasi kata-kata yang menjadi keyword sehingga Anda benar-benar bisa menemukan ide bisnis yang klop dengan passion Anda.

Selamat berlatih googling dan semoga bisa secepatnya menemukan ide bisnis yang pas untuk Anda jalankan..!



Semoga menginspirasi...


Salam,

Hatta N Adhy PK, ST