17 Januari 2013

Menemukan Ide Bisnis Dengan Membaca


Kebiasaan membaca buat beberapa orang bisa menjadi sebuah aktifitas yang menjemukan. Belum bisa menjadi aktifitas yang menyenangkan atau bahkan menjadi hobby. Baru membaca 20-30 menit saja sudah terasa lama dan pedas dimata.

Lain halnya buat Anda yang hobby sekali dengan membaca. Aktifitas membaca baginya pasti akan sangat menyenangkan sekali. Bisa menjadi aktifitas yang produktif, bisa untuk mengisi waktu yang luang, dan tidak jarang malah bisa menghasilkan uang.

Anda mungkin heran mengapa saya bilang membaca bisa menghasilkan uang. Ya, sebab saya yakin dan percaya bahwa salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menemukan ide bisnis adalah dengan membaca. Entah itu dengan membaca buku, membaca koran, membaca tabloid, membaca majalah, atau bahkan membaca brosur..!!

Membaca buku, koran, tabloid, atau majalah itu memberikan banyak manfaat. Kita bisa mendapatkan banyak hal-hal baru yang belum pernah kita ketahui. Bisa tahu peluang-peluang bisnis yang tersembunyi. Bisa juga belajar strategi mengembangkan bisnis. Bahkan perkembangan serta informasi bisnis terkini juga bisa didapatkan.

Bila Anda sudah terbiasa dengan aktifitas membaca, pelan-pelan akan bisa mengasah insting dan naluri bisnis Anda. Berkaca dari pengalaman yang pernah saya lakukan, setidaknya ada 5 cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk bisa menemukan ide bisnis dengan cara membaca. Untuk lebih jelasnya bisa Anda baca dalam uraian tulisan berikut ini :
  • Baca Buku-Buku Bisnis dan Entrepreneurship
Bila Anda menyempatkan diri untuk datang ke pameran buku atau toko-toko buku terdekat dari rumah Anda, Anda bisa mendapatkan banyak sekali buku-buku yang bertemakan bisnis atau entrepreneurship. Maklum, sejak tahun 2009-an buku dengan tema bisnis dan entrepreneurship memang mulai naik daun.

Bila memiliki budget keuangan yang berlebih, sisihkan sebagian dana untuk mengoleksi buku-buku bisnis atau entrepreneurship. Janganlah berpikiran bahwa membeli buku itu berarti sebuah pengeluaran. Namun, berpikirlah bahwa membeli buku itu adalah sebuah investasi pengetahuan. Memang mungkin apa yang Anda dapatkan dalam isi buku yang Anda beli sekarang belum memiliki kegunaan yang signifikan, namun yakinlah nanti disuatu waktu pasti akan dibutuhkan.

Saya pribadi juga melakukan hal itu. Saya berusaha untuk selalu mencari hal-hal baru dengan membaca buku. Sejak tahun 2007 setiap bulan saya pasti menyempatkan diri untuk hunting buku. 4-5 buku baru tiap bulan menjadi santapan rutin untuk meng-up date pengetahuan saya tentang dunia bisnis san entrepreneurship. Dan hingga saat ini hal tersebut masih terus saya lakukan.

Banyak manfaatnya dengan sering membaca buku. Banyak informasi yang bisa kita dapatkan. Banyak pengetahuan-pengetahuan baru yang bisa kita update. Bahkan kita juga bisa belajar strategi marketing atau informasi peluang bisnis yang kita inginkan.

Berbicara mengenai buku-buku bisnis yang bertemakan "ide bisnis" ada banyak sekali buku yang membahasnya. Misalnya saja : aneka ide bisnis untuk para mahasiswa, ide-ide bisnis untuk mompreneur, aneka ide bisnis untuk toko online, 101 ide bisnis bermodal kurang dari 10 juta, ide bisnis sambilan untuk karyawan. Dan, masih ada banyak lagi buku-buku bisnis yang mengupas mengenai aneka macam ide bisnis yang bisa dijadikan inspirasi.

Dari banyak ide bisnis yang Anda baca itu tinggal disesuaikan dengan minat, bakat, kemampuan modal serta passion yang kuat dari Anda. Pilihlah ide bisnis yang akan Anda jalankan itu benar-benar yang "gue banget". Maksudnya, misalkan Anda terjun langsung menjalani bisnis itu bisa senang, bisa menikmati dan happy.
  • Baca Profil Pengusaha Sukses dan Kisah Perjalanan Bisnisnya
Selain buku-buku yang bertemakan bisnis atau entrepreneurship, ada satu lagi buku rekomendasi mengenai tema buku yang bisa Anda baca, yaitu buku-buku yang bertuliskan tentang profil dan kisah sukses para pengusaha sukses dan kisah perjalanan bisnisnya.

Buku-buku jenis ini ada banyak sekali contohnya. Misalkan saja, buku kisah sukses Bob Sadino, ada juga kisah sukses begawan property Indonesia Ir.Ciputra, ada juga kisah Si Anak Singkong Bapak Chairul Tandjung, dan lain sebagainya.

Membaca buku tentang profil pengusaha sukses dan kisah perjalanan bisnisnya ini cukup menarik untuk disimak dan diambil pelajarannya. Jadi agar nanti ketika Anda sudah menjalankan dan menekuni bisnis tidak kaget  ketika Anda merasakan proses jatuh bangun membangun bisnis atau bahkan proses berdarah-darahnya ketika mengalami kegagalan bisnis.

Atau bisa juga Anda mendapatkan sebuah inspirasi baru seperti yang dijalani Om Bob Sadino. Seperti yang kita ketahui, Om Bob Sadino ini adalah orang pertama kali menjual Ayam Negeri dan telurnya ke Indonesia. Bisa juga belajar dari Ir.Ciputra, bagaimana bisa mengubah lahan tak bernilai menjadi bernilai jual yang tinggi. Bisa juga belajar dari Pak Chairul Tandjung, yang bisa membuktikan bahwa kesuksesan itu hak siapa saja.

Dari buku-buku yang bertemakan tentang profil pengusaha sukses dan kisah perjalanan bisnisnya, Anda pasti bisa belajar memetik pengalaman dari mereka. Bagaimana dulunya mereka bisa mendapatkan ide untuk memulai bisnisnya. Juga, bagaimana perjalanan mereka melewati aneka macam rintangan dalam menjalankan bisnisnya. Serta pelajaran semangat tak kenal lelah untuk tetap berfokus meraih impiannya.

Hal-hal seperti itu mungkin untuk saat Anda memulai bisnis belum terasa manfaatnya. Namun begitu Anda menjalankan bisnis dan ketemu beraneka macam problem, pengalaman-pengalaman mereka tadi bisa menjadi penyemangat kita untuk bangkit dari keterpurukan dan kesulitan-kesulitan yang menghadang.

Ambillah contoh-contoh yang baik dari mereka. Tiru dan lakukan apa yang mereka lakukan dan sudah terbukti berhasil. Namun juga perlu Anda modifikasi dengan menyesuaikan kemampuan yang Anda miliki.
  • Baca Iklan Baris
Saya ada cerita nyata tersendiri mengenai hal ini. Dulu sewaktu saya masih menjalankan bisnis koran dan majalah, hampir setiap pagi ada teman yang main ke kios saya untuk numpang baca koran. Lebih herannya lagi yang dibaca itu selalu bagian iklan baris motor atau mobil.

Iseng-iseng pernah saya tanya, kenapa kalo dia baca koran setiap pagi yang dibaca pasti pada bagian iklan baris motor atau mobil. Ternyata dibalik itu ada peluang bisnis tersembunyi. Dia sering mendapat pesanan dari teman-temannya yang mencari mobil atau motor. Nah, dari iklan baris di koran itulah pesanan dari teman-temannya dicarikan. Kalo ada spesifikasi motor/mobil yang cocok sesuai dengan pesanan temannya, maka dia akan mencatat No.HP yang tertera dalam iklan di koran.

Bisa ditebak, dengan menjembatani temannya yang sedang membutuhkan mobil/motor dengan orang yang memasang iklan di koran tersebut bila ternyata cocok maka akan bisa menghasilkan komisi yang lumayan. Padahal hanya bermodalkan baca koran dan sms (ke si pemasang iklan di koran). Benar-benar modal mini dengan hasil maxi, hehehe..

Jadi, jangan meremehkan dengan membaca iklan baris. Justru dalam iklan baris itu tersembunyi banyak sekali peluang untuk menghasilkan rupiah. Biasanya surat kabar edisi Hari Sabtu akan banyak memuat iklan peluang bisnis.

Banyak orang yang meremehkannya dan melewatkannya. Maklum saja, karena tulisannya kecil-kecil dan rapat-rapat jarak tulisannya, kadang membuat banyak orang malas untuk mencermati dan membacanya baris demi baris.

Kadang saya menemukan banyak sekali peluang bisnis dalam iklan baris. Misalnya, cukup dengan mengirim sms nama dan alamat lengkap, Anda bisa dikirimi katalog produk tertentu. Atau dengan mengirimkan alamat email nanti akan dikirimi prospektus bisnis tertentu ke alamat email Anda. Atau bisa juga dalam iklan baris itu sudah dicantumkan alamat website tertentu yang bisa kita akses, dan bila kita cocok untuk ikut bisnisnya, bisa juga kita gabung bersamanya.
  • Baca Iklan Kolom atau Kotak (Display)
Selain iklan baris, ada satu lagi yang wajib dilihat ketika Anda membaca koran/tabloid yaitu bagian iklan kolom atau iklan kotak (display). Iklan ini biasanya tampilannya agak mencolok, ukurannya agak besar (minimal 1/4 halaman tabloid), dan biasanya full colour.

Banyak jenis peluang bisnis yang diiklankan pada iklan kolom atau iklan display ini, seperti : busana muslim, jilbab/kerudung, baju anak, baju batik, kue kering, pulsa elektrik, waralaba minuman, dan sebagainya.

Biasanya pula dalam iklan tersebut akan dicantumkan informasi, bahwa si pemasang iklan membuka kesempatan kerjasama untuk menjadi mitra atau keagenan dari bisnis mereka. Cukup dengan sejumlah modal tertentu Anda sudah bisa ikut menjalankan bisnis yang dimaksud.

Anda bisa memilih peluang bisnis yang cocok sesuai dengan passion Anda. Jangan memaksakan diri mengambil peluang bisnis hanya karena menang 'merk' saja namun Anda tidak memiliki passion yang kuat untuk menjalankannya.

Kumpulkan lebih dahulu beberapa peluang bisnis yang Anda baca tersebut. Bila perlu dibuat klipping, hehehe... Maksudnya disini adalah untuk mempermudah mempelajari kelebihan dan kekurangan bisnis yang akan kita pilih. Setelah dikumpulkan, lalu disortir satu persatu. Pilihlah yang sesuai dengan minat dan passion Anda tadi.

Dan, yang tidak boleh terlupakan adalah sesuaikan dengan kemampuan modal yang Anda miliki. Bila perlu, apabila Anda merasa masih ada yang belum jelas tentang bisnis yang ingin Anda ikuti, Anda silakan langsung telpon saja ke si pemasang iklan. Gali lah informasi sebanyak-banyaknya agar Anda merasa yakin dan nyaman untuk ikut terjun dalam bisnis tersebut.
  • Baca Rubrik Tanya Jawab Tentang Bisnis
Salah satu cara lain yang biasa saya lakukan untuk mendapatkan ide bisnis atau ilmu-ilmu baru yang berhubungan dengan dunia bisnis dan entrepreneurship adalah dengan sering membaca rubrik tanya jawab tentang bisnis.

Biasanya di setiap tabloid atau majalah bisnis pasti akan menyediakan rubrik seperti ini. Namun kalau pada koran harian biasanya akan ditampilkan pada hari-hari tertentu saja, dan setiap koran bisa berbeda hari terbitnya.

Ada banyak informasi baru tentang dunia bisnis atau mengenai strategi marketing suatu bisnis yang mungkin bisa juga kita modifikasi untuk diterapkan pada bisnis yang sekarang kita jalankan.

Sering saya temui pertanyaan-pertanyaan mendasar seperti misalnya : 

"Saya ingin memulai bisnis dengan modal awal sekitar 5-10 juta, kira-kira bisnis apa ya yang cocok untuk saya jalankan untuk saat ini?"

"Saya punya usaha laundry, sudah jalan setengah tahun tapi masih sepi. Bagaimana caranya supaya omzet laundry saya itu bisa meningkat?"

"Saya ingin membuka cabang untuk usaha bengkel saya, namun saya memiliki keterbatasan modal. Kalo misalnya saya kerjasama dengan investor, langkah-langkah apa yang musti saya lakukan?"

"Saya punya beberapa ide bisnis yang ingin saya jalankan, tapi setiap ingin memulai saya selalu saja memiliki rasa takut mengalami kegagalan. Apa yang seharusnya saya lakukan ya pak?"

Dan masih banyak lagi variasi pertanyaan yang ada disana.

Rubrik tanya jawab bisnis seperti itu adalah ilmu gratis yang bisa kita dapatkan, bisa kita pelajari, dan bisa kita tiru. Dari pengalaman orang lain kita bisa belajar. Dari problem orang lain kita bisa menemukan ide bisnis. Dari ide bisnis orang lain bisa kita adopsi, dan seterusnya.

Syaratnya cuma satu saja : rajin-rajinlah membaca koran/tabloid yang memiliki rubrik tanya jawab mengenai dunia bisnis.

Nah, itulah beberapa cara saya mendapatkan ide bisnis dengan cara membaca. Coba lakukanlah dari hal yang sederhana terlebih dahulu. Biasakan mulai sekarang untuk menyenangi aktifitas membaca. Temukan banyak informasi, ilmu, pengetahuan, peluang bisnis, serta aneka macam strategi maarketing dalam berbisnis hanya melalui satu cara :  membaca.

Cobalah membiasakan membaca, mulai dari 1 lembar sehari. Lalu 2 lembar sehari. Lalu 3 lembar sehari, dan seterusnya. Perlahan-lahan nanti akan bisa menjadi kebiasaan untuk membaca.

Segeralah Hobby Membaca, Sebelum Hobby Membaca itu Dilarang..!!

Semoga menginspirasi...


Salam,

Hatta N Adhy PK, ST

Cara Cerdas Menemukan Ide Bisnis

Akhir-akhir ini banyak sekali orang yaang tertarik untuk memulai usaha. Tentu saja dengan berbagai alasan. Misalkan, anak kuliah yang ingin terjun usaha karena ingin mendapatkan tambahan uang saku dan bisa membayar uang kuliah sendiri. Ada juga para pekerja kantoran yang nyambi punya bisnis sampingan dengan alasan untuk tambahan penghasilan. Bahkan ada juga bagi para pensiunan yang ingin berbisnis sebagai aktifitas seusai purna tugas.

Semua itu sah-sah saja, dan tidak ada yang melarang.

Namun, meski memiliki niat yang kuat sekali untuk memulai bisnis, kadang justru ada kendala hebat yang menghadang. Selain modal, biasanya akan kebingungan pada satu hal ini : "Ide bisnis apa ya yang akan saya jalankan nanti?"

Padahal sesungguhnya ide-ide bisnis itu ada banyak yang berkeliaran disekitar kita. Disetiap tempat di dekat kita, bila kita jeli dan bisa melihat celah peluang ide-ide bisnis itu ada banyak sekali. Hanya saja kadang terlewatkan begitu saja.

Atau kadang kita juga menganggap remeh terhadap ide bisnis yang sederhana atau hanya memutar duit recehan. Sebab berpikirnya terlalu tinggi, yaitu bisnis itu harus memutar modal serta duit yang besar. Ini adalah salah satu hal yang salah.

Sebagai contoh misalnya, pernahkah Anda terlintas untuk memulai bisnis "Sedot WC"? Ya, Anda tidak salah baca. Bisnis SEDOT WC. Belum-belum Anda pasti sudah jijik terlebih dahulu, sebab akan berhubungan dengan hal-hal yang kotor, bau dan menjijikkan.

Hehehe, jangan berpikir kotor terlebih dahulu. Namanya juga ide bisnis kan? Atau, kalaupun itu nanti idenya bisa terealisasi, kan tidak harus Anda yang mengeksekusi tugas di lapangan? Anda tinggal meng-organized saja pun pasti juga bisa berjalan bisnisnya.

Bisnis Sedot WC ini sebenarnya adalah bisnis yang bersumber dari Masalah. Ya jelas saja, sedot WC ini seringkali dibutuhkan manakala terjadi masalah-masalah seperti misalnya : septic tank di rumah sudah penuh, saluran di rumah mampet, saluran air/pembuangan tidak lancar, atau mungkin bisa juga minta tolong untuk membuat sumur suntik (biasanya bisa satu paket). Namun ditangan orang-orang kreatif dan jeli melihat peluang, masalah tersebut malah justru bisa menghasilkan rupiah.

Itu baru salah satu contoh ide bisnis saja. Ada juga misalkan ide bisnis yang lainnya yaitu membuka persewaan komik..! Ya, itu mungkin sekali dilakukan bila Anda penghobby baca komik dan sering sekali beli dan koleksi komik. Daripada komik-komik itu tidak terawat atau dimakan rayap, mending kita sewakan dan itu bisa menghasilkan uang...!!

Selain dua ide bisnis diatas, masih ada banyak sekali ide-ide bisnis yang berkeliaran disekitar Anda. Yang semuanya perlu kejelian khusus untuk bisa melihat celah-celah peluang tersebut.

Nah, dalam serial tulisan saya ini nanti akan coba membahas mengenai cara-cara cerdas sekaligus teknik-teknik sederhana untuk bisa mendapatkan ide-ide bisnis cemerlang yang bisa Anda jalankan.

Ada beberapa teknik yang nantinya akan saya bagikan. Beberapa teknik itu sudah terbukti bisa saya lakukan. Semuanya benar-benar sederhana dan pasti bisa untuk Anda tiru.

Dengan menggunakan beberapa teknik yang saya ajarkan untuk mendapatkan ide-ide bisnis itu, harapan saya, Anda bisa menemukan ide bisnis terbaik yang bisa dijalankan sesuai dengan kemampuan, passion, minat, serta bakat yang Anda miliki. Dengan harapan tentu saja dari ide-ide yang sudah Anda temukan itu nantinya bisa Anda eksekusi dan Anda jalankan.

Biar tidak terlalu bertele-tele,  silakan ikuti serial tulisan ini dengan baik, "Cara Cerdas Menemukan Ide Bisnis"...

Semoga bermanfaat..


Salam,

Hatta N Adhy PK,ST