14 Januari 2013

Rahasia Bisnis Souvenir Pernikahan Ke-09

"BIAYA MARKETINGNYA SANGAT MURAH SEKALI"

Apabila bisnis sudah berjalan, salah satu hal yang penting dan sangat perlu diperhatikan adalah faktor biaya pemasaran atau biaya marketing. Sebab ini berkaitan erat dengan pengenalan produk dan brand usaha kita itu kepada masyarakat.

Ada banyak cara yang biasa dilakukan untuk melakukan pemasara atau marketing produk ini, misalnya dengan melakukan iklan di radio, memasang iklan kolom di koran lokal, memasang iklan baris di koran, memasang spanduk di penjuru kota, membuat dan menyebar brosur, membagi-bagikan kartu nama, hingga memberikan sampel gratis produk kita.

Berbagai macam cara atau metode marketing untuk pemasaran produk kita seperti yang saya sebutkan diatas pasti akan memberikan impact kepada bisnis kita. Tentu saja impact ini perlu diteliti lebih detail, cara atau metode marketing yang mana yang memberikan impact yang signifikan.

Selain itu tidak bisa dipungkiri bahwa dengan melakukan cara atau metode marketing seperti yang disebutkan diatas itu sudah pasti akan mengeluarkan sejumlah budget tertentu. Seringkali pula budget yang dikeluarkan juga relatif besar dan menguras kantong.

Lalu bagaimana menyiasatinya, dan bagaimana cara saya melakukan strategi marketing untuk menjalankan bisnis souvenir pernikahan ini agar tidak begitu menguras kantong?

Nah ini dia, yang menjadi rahasianya. Biaya marketing dalam menjalankan bisnis souvenir pernikahan ini sangat murah sekali. Ya jelas sangat murah sekali, sebab membandingkannya adalah dengan cara :  biaya yang dikeluarkan untuk marketing dan dibandingkan dengan omzet yang masuk.

Secara umum saya melakukan 3 cara mudah, praktis, dan murah untuk menjalankan marketing produk souvenir pernikahan saya ini. Ke-3 cara itu adalah sbb :

  • Optimasi Website Dengan SEO
Teknik ini saya lakukan khusus untuk online marketing saya. Seperti yang sudah pernah saya singgung sebelumnya bahwa enaknya bisnis souvenir ini adalah bisa dikombinasikan antara bisnis offline dan bisnis online.

Pada sisi online marketing ini saya melakukan proses optimasi website dengan SEO. Bahasa mudahnya adalah, membuat website kita bisa sefamiliar mungkin dengan search engine. Agar para customer setiap kali mencari produk souvenir pernikahan bisa menemukannya di website kita.

Saat ini setiap orang bila akan mencari sesuatu di internet, pasti akan mencarinya di search engine, misalkan saja di google. Customer tinggal mengetikkan kata kunci yang diinginkan, maka dalam sekali pencet akan muncul beberapa alternatif website yang siap menjawab keinginan si customer tersebut.

Nah, fungsi optimasi website tersebut adalah bagaimana bisa membuat website yang kita miliki tadi bisa nongkrong dalam halaman pertama mesin pencari. Sebab kebiasaan dari kita adalah hanya memperhatikan hasil pencarian pada halaman pertama atau halaman kedua messin pencarian saja.

Jadi sangat penting membuat website kita bisa nongkrong dalam halaman pertama mesin pencari, karena kemungkinan untuk mendapatkan customer yang akan order akan lebih besar.

Cara ini relatif murah, dan nyaris tanpa mengeluarkan biaya. Sebab semua bisa dipelajari secara otodidak. Namun bagi yang tidak mau repot bisa juga menyewa Jasa Ahli SEO untuk mengoptimasi website Anda.
  • Selalu Mencantumkan Alamat Website dan No.HP Yang Bisa Dihubungi
Lagi-lagi ini adalah cara sederhana dan metode marketing yang sangat murah. Bahkan bisa nyaris tanpa modal. Cara ini adalah dengan selalu mencantumkan alamat website dan nomer HP yang bisa dihubungi di setiap souvenir pernikahan/undangan pernikahan yang diorder oleh para customer.

Ini yang saya bilang adalah sebagai iklan terselubung. Sebagai contoh misalnya ada customer yang memesan undangan pernikahan, maka biasanya pada bagian belakang undangan akan saya cantumkan nama alamat website serta No.HP saya yang bisa dihubungi.

Atau contoh lain, misalkan ada yang memesan souvenir towelcake dengan menggunakan packing mika. Biasanya saya akan menempelkan sticker kecil yang bertuliskan nama alamat website dan No.HP saya dibawah packing mika souvenir tersebut.

Lalu bagaimana efeknya? Boleh saya bilang ini adalah cara marketing yang murah meriah namun dapat menghasilkan order yang luar biasa. Begini penjelasannya :

# Biaya yang saya gunakan untuk mencetak tulisan nama alamat website dan No.HP dibelakang undangan itu nyaris nol rupiah, sebab sudah diperhitungkan satu paket dengan biaya mencetak undangan. Sedangkan biaya mencetak sticker paling-paling hanya Rp100/pcs saja.

# Setiap kali order yang dilayani, para customer akan melakukan pemesanan biasanya minimal sebanyak 400 pcs. Dan bila alamat website serta No.HP saya tercantum dalam setiap souvenir atau undangan tersebut, itu sama artinya dengan saya BERIKLAN NYARIS GRATIS ke 400 orang yang baru..! Betul kan??

# Efek sampingnya apa? Biasanya dari 400 pcs "IKLAN TERSELUBUNG" itu akan menghasilkan. Bisa antara 6-8 orang akaan bertanya-tanya dulu, dan akhirnya bisa 1-3 orang menjadi order..!!

# Bila dari "IKLAN TERSELUBUNG" yang NYARIS GRATIS itu tadi menghasilkan katakan 2 order baru, dan masing-masing order bisa menghasilkan margin keuntungan sebanyak Rp500.000, ini baru yang dinamakan biaya marketing yang sangat murah meriah..!!

# Dan proses itu berulang terus menerus...

Jadi disinilah yang saya bilang bahwa rahasia bisnis souvenir pernikahan yang terakhir ini adalah bahwa bisnis souvenir itu adalah bisnis yang menggunakan biaya marketing yang sangat murah sekali, hehehe...
  • Gunakan Testimonial
Ada satu cara lagi yang bisa dilakukan sebagai cara atau metode marketing murah meriah dalam menjalankan bisnis souvenir pernikahan, yaitu dengan menggunakan testimonial.
Testimonial ini bisa Anda dapatkan dari para customer Anda yang sudah Anda layani dan dia puas dengan pelayanan kita. Ada banyak cara untuk memberikan testimonial. Misalnya menulis di website, kebetulan di website saya ada fitur untuk menulis testimonial. Bisa juga untuk mengirimkan SMS/BBM, lalu kita capture dan dipajang di website. Bisa juga testimonial dari FB, hasil liputan bisnis di media massa, atau liputan bisnis di TV.

Bila memungkinkan, apabila Anda pernah melayani order dari artis atau public figur, jangan takut untuk memintanya untuk memberikan testimonial.

Hal ini akan sangat berpengaruh untuk menaikkan kredibilitas bisnis kita segaligus bisa menjadi cara promosi yang murah tapi bisa mengena. Sebab biasanya calon customer baru akan percaya kepada kita bila kita sudah memiliki track record yang baik dalam menghandle order. Dan itu salah satunya bisa didapat dari testimonial.

Itulah rahasia terakhir dari serial 9 Keajaiban Bisnis Souvenir. Rahasia tersembunyi dari bisnis souvenir pernikahan yang sebelumnya belum pernah diungkap. Semoga dengan tulisan ini bisa menginspirasi Anda sekaligus memberi suntikan semangat kepada Anda khususnya yang ingin bertotalitas untuk menjalankan bisnis souvenir pernikahan.

###  TAMAT  ###


Klaten,14 Januari 2013


Salam,

Hatta N Adhy PK, ST | @sangproklamator

Rahasia Bisnis Souvenir Pernikahan Ke-08

"PRODUKNYA TIDAK KENAL EXPIRED DATE"

Bagi pelaku bisnis pemula, salah satu hal yang paling sering dikhawatirkan dan ditakutkan adalah apabila produk yang dijualnya tidak laku. Bahkan yang lebih parah, sudah tidak laku, produk yang dijual itu jugakadaluarsa, alias melewati masa expired date.

Contoh sederhana adalah beberapa usaha yang dulu sudah pernah saya jalankan, yaitu bisnis koran dan majalah. Bisnis koran dan majalah itu dibatasi dengan tanggal beredarnya. Ada yang harian, mingguan, dan juga yang bulanan.

Untuk koran harian misalnya. Bila koran yang terbit hari ini tidak habis/tidak laku, maka esok harinya sudah banyak konsumen yang menganggapnya sebagai koran yang kadaluarsa. Sebab tanggal edisinya sudah lewat. Hal sama juga berlaku buat koran/majalah yang terbitnya mingguan atau bulanan.

Begitu masa edarnya sudah terlewatkan, otomatis akan dianggap sebagai barang yang kadaluarsa (expired date). Dan bisa ditebak, harga jualnya bisa turun drastis bahkan hingga 50%. Koran/Majalah yang dibandrol dengan harga Rp15.000/exp bisa jadi hanya bisa dijual dengan harga Rp10.000/exp saja.

Ada lagi contoh bisnis yang lain, yaitu bisnis kuliner atau makanan. Untuk makanan yang fresh (yang tanpa bahan pengawet), bila produk yang dijual hari ini ada yang tidak terjual kemungkinan akan menjadi basi dan tidak bisa dijual kembali keesokan harinya. Itu sama artinya juga berujung pada satu kata : rugi.

Lalu bagaimana dong dengan peluang bisnis souvenir pernikahan itu sendiri? Nah, justru disinilah letak kelebihannya dan sekarang akan saya beritahukan kepada Anda :
Rahasia Bisnis Souvenir Pernikahan Ke-8 adalah : "PRODUKNYA TIDAK KENAL EXPIRED DATE/KADALUARSA"

Kok bisa begitu? Pasti diantara dari Anda akan bertanya seperti itu. Ya jelas bisa, sebab produk souvenir pernikahan itu adalah produk yang bukan untuk kepentingan konsumsi dimakan ataupun berkaitan dengan tanggal kadaluarsa seperti produk-produk makanan ringan yang selalu mencantumkan tanggal kadaluarsanya.

Ada banyak varian model souvenir pernikahan seperti : souvenir gelas, souvenir polyresin, souvenir towelcake, souvenir gerabah, souvenir boneka, souvenir gunting kuku, sumpit, tempat tissue, memo, pigura, dan berbagai variasi souvenir pernikahan yang lainnya.

Souvenir-souvenir itu memang tidak diperuntukkan untuk dikonsumsi ataupun memiliki tanggal expired date tertentu. Jadi, disinilah enaknya bila Anda menjalankan bisnis souvenir pernikahan yaitu :  produknya tidak kenal basi dan tidak ada batasan tanggal kadaluarsa (expired date)-nya.

Jadi misalkan produk souvenir pernikahan Anda tidak laku terjual hari ini, maka Anda tidak perlu khawatir sebab masih bisa dijual untuk besok-besoknya lagi tanpa perlu takut basi ataupun melewati tanggal kadaluarsa (expired date).

Memang benar-benar tidak ada tanggal kadaluarsa dari produk souvenir itu. Hanya saja memang trend souvenir pernikahan yang laku terjual memang bisa berganti-ganti. Kadang sedang trend souvenir gelas, diwaktu lain trend souvenir towelcake. Bisa juga diwaktu lainnya lagi trend souvenir boneka.

Namun meskipun trend souvenir pernikahan yang laku dijual itu bisa berganti-ganti judulnya tetap sama : tidak ada masa kadaluarsanya kan? Misalkan sekarang sudah selesai trendnya ya bukan berarti itu sudah kadaluarsa, namun sewaktu-waktu nanti trendnya bisa kembali lagi.

Disitulah enaknya menjalankan bisnis souvenir pernikahan ini. Dan mungkin banyak orang yang belum berpikir seperti ini. Hal ini sekaligus bisa menjadi penyemangat bagi Anda yang ingin menekuni bisnis souvenir pernikahan. Anda tidak perlu takut dengan produk souvenir yang tidak laku terjual. Tenang saja, sebab tidak ada masa kadaluarsa dan trend souvenir sewaktu-waktu bisa berputar kembali.

Masih ada satu lagi rahasia bisnis souvenir pernikahan yang wajib Anda ketahui. Kira-kira apa yaaa? Ikuti lagi certia di halaman selanjutnya..

### NEXT : RAHASIA KE SEMBILAN ###


Klaten,14 Januari 2013


Salam,

Hatta N Adhy PK, ST | @sangproklamator

Rahasia Bisnis Souvenir Pernikahan Ke-07

"BISA JUALAN PAKE KATALOG"

Selain belum adanya modal yang memadai untuk membuka toko serta untuk membeli stok barang yang luar biasa banyak macamnya, tentu saja harus dicari cara bagaimana bisa meminimalkan modal tapi bisnis yang kita inginkan tersebut tetap bisa berjalan.

Hingga suatu waktu tercetuslah ide untuk membuat "Katalog Produk". Waktu itupun katalognya dibuat dengan amat sangat sederhana. Foto-foto koleksi produk yang sudah terkumpul (dan tentu saja sudah minta ijin si empunya foto), lalu saya print sendiri hingga akhirnya menjadi sebuah katalog sederhana.

Maksud pembuatan katalog produk ini adalah agar bisa untuk menunjukkan contoh-contoh produk kepada para calon customer yang ingin melakukan pemesanan souvenir pernikahan. Jadi, dimata customer akan kelihatan bahwa saya memiliki koleksi produk yang banyak.

Itulah kenapa saya bisa mengatakan bahwa :

Rahasia Bisnis Souvenir Pernikahan Ke-7 adalah : "BISA JUALAN PAKE KATALOG SAJA"
 Contoh Katalog Produk

Saya bisa membuktikan disini bahwa keterbatasan modal dan tidak adanya stok barang, apalagi tidak memiliki toko offline bukanlah menjadi alasan pembenar. Semua bisa dicarikan solusinya. Dalam hal ini akhirnya saya bisa menyiasatinya dengan berjualan menggunakan katalog produk dulu.

Dulu katalog produk yang saya buat masih belum seperti gambar diatas itu. Benar-benar masih sederhana. Foto-foto produk hanya saya cetak/print diatas kertas HVS. Hehehe... Kalo saya sebut namanya BOMFODO, Berani Optimis Modal FOto DOang. Hahaha...

Jangan diremehkan. Itu benar-benar terjadi dan ternyata saya bisa melakukannya, dan memperbaikinya perlahan-lahan serta bisa tetap survive sampai sekarang.

Jadi dengan menggunakan katalog foto-foto produk ini Anda bisa praktis menawarkan contoh-contoh souvenir pernikahan atau undangan pernikahan yang akan dipesan oleh para customer. Customer akan bisa ditunjukkan berbagai alternatif model pilihan.

Dan menjadi lebih mudah lagi, karena dalam katalog pasti akan diberikan kode-kode produk untuk setiap jenis barang. Disisi lain, Anda juga siap menyanding daftar harga (pricelist) dari produk yang dimaksud. Jadi begitu ada customer yang menanyakan model souvenir/undangan dengan kode tertentu, kita juga bisa langsung menjawab harga yang dimaksud.

Dengan cukup menggunakan katalog produk saja ini semuanya bisa menjadi mudah dan praktis. Anda bisa membawanya kapan daja dan kemana saja, sebab katalognya bisa dibuat dengan ukuran yang kecil dan praktis. Kendala mengenai keterbatasan modal membuka toko serta membeli stok produk bisa diatasi dengan jitu.

Belum lagi bila Anda kombinasikan dengan marketing online. Buatlah website sederhana tapi menjual yang memajang koleksi foto-foto produk Anda, maka Anda bisa memiliki peluang mendapatkan order lebih banyak dengan modal yang relatif terjangkau.

Sekali lagi, bisnis itu yang penting adalah cashflow dan perputaran barang selalu berputar dengan baik. Meskipun cuman jualan lewat katalog saja, tapi selama itu tetap bisa menghasilkan cashflow dan perputaran barang ya tidak perlu dimasalahkan kan? Dan itu sudah saya buktikan sendiri, dan itu Bisa..!

Sekarang buat Anda yang juga ingin menekuni bisnis souvenir pernikahan tinggal mencontek serta melakukan proses copy paste strategi atau cara-cara yang sudah terbukti bisa dijalankan untuk menghasilkan order dan perputaran cashflow yang bagus.

Masih ingin tahu rahasia yang selanjutnya? Ikuti terus serial tulisan ini...


### NEXT : RAHASIA KE DELAPAN ###


Klaten,14 Januari 2013


Salam,

Hatta N Adhy PK, ST | @sangproklamator

Rahasia Bisnis Souvenir Pernikahan Ke-06

"BISA DIMULAI DENGAN MODAL KECIL"

Berbicara masalah memulai bisnis biasanya tidak akan jauh-jauh dari kata yang satu ini, yaitu : "MODAL". Berbagai variasi pertanyaan yang dilontarkan berkaitan dengan hal ini, misalnya sbb :
  • Modalnya untuk memulai bisnis souvenir pernikahan berapa ya mas?
  • Butuh modal yang besar gak ya mas?
  • Bisa balik modal berapa lama ya?
  • Dan beberapa varian pertanyaan yang lain.
Bila berpikir bahwa memulai bisnis itu harus dalam kondisi ideal, misalnya : sudah punya modal uang yang besar, sudah punya ruko untuk buka toko, perlengkapan dalam toko yang memadai, ada stok barang yang lengkap, tools marketing/promosi yang lengkap ya sudah bisa dipastikan bahwa bisnis souvenir pernikahan ini akan menyedot modal yang luar biasa banyaknya.

Namun saya akan berpikirnya justru tidak seperti itu. Saya selalu berpikir bagaimana memulai bisnis souvenir ini dengan modal sekecil-kecilnya dengan memaksimalkan potensi yang ada terlebih dulu, lalu baru mengembangkannya seiring dengan perjalanan bisnis yang dilalui. Jadi tidak melulu memulai bisnis souvenir pernikahan ini dengan modal yang besar.

Dan disini saya malah akan berbagi rahasia :
Rahasia Bisnis Souvenir Pernikahan yang Ke-6 adalah : "Bisnis Ini Bisa Dimulai Dengan Modal Kecil".

Ya. Pada topik yang sebelumnya sudah sempat dibahas, bahwa bisnis ini bisa dikombinasikan antara marketing offline dan juga dengan marketing online. Kalo memulainya dengan marketing offline lebih dulu tentu akan menyedot modal leb ih banyak. Oleh karena itu saran saya adalah mulailah dengan marketing online terlebih dahulu. Ini amat sangat bisa menghemat modal Anda.

Boleh percaya, boleh tidak. Saya dulu memulai bisnis souvenir pernikahan ini dimulai dengan modal yang relatif sangat kecil. Kalau menyebut nominal angka, dibawah satu juta..! Ya, Anda tidak salah baca. Dibawah satu juta.

Modal itupun saya gunakan untuk beli domain dan hosting untuk membuat toko online. Nama www.tasya-souvenir.com akhirnya saya ambil untuk menjalankan bisnis itu. Selain itu modal itu saya gunakan untuk mencari sample-sample produk souvenir, supaya bisa dipajang/didisplay dirumah.

Langkah tersebut saya lakukan sebab saya benar-benar menyadari kekurangan saya mengenai modal uang. Namun tekad dan passion saya mengalahkan segalanya. Akhirnya keputusan saya untuk memulai bisnis souvenir pernikahan menggunakan media online tersebut terbukti tepat dan bikin saya ketagihan untuk menekuninya.

Nah, dari sini bisa ditarik benang merahnya yaitu memulai bisnis souvenir pernikahan itu bisa dengan modal yang kecil dengan memanfaatkan media online untuk melakukan marketing.

Terlebih lagi sekarang sudah jauh lebih mudah. Sudah eranya social media yang membooming, alias jaman FB, BB dan Twitter. Semuanya menjadi jauh lebih mudah dan murah kan? Tinggal buat website (atau blog), lalu lakukan marketing via FB, BB dan Twitter dengan menggunakan BB semua menjadi praktis..! Dan itu sudah pasti bisa dilakukan dan benar-benar bisa diaplikasikan.

Jadi segala kendala, problem, atau keluhan mengenai pendapat bahwa memulai bisnis souvenir pernikahan itu harus menggunakan modal yang besar sudah terbukti itu hanya omong kosong. Anda bisa memulai bisnis souvenir pernikahan ini dengan modal kecil. Tinggal bikin website (atau blog), pajang foto-foto produknya (tentu minta ijin dulu sama si empunya foto), lalu dimarketingin pake BB biar bisa sinergi sekaligus menggunakan FB Marketing, BB Marketing, dan Twitter Marketing.

Nah sekarang Anda jadi tahu kan rahasianya? Memulai bisnis souvenir pernikahan ini bisa dari hal kecil dan sederhana dulu, serta tidak harus dengan memulai dengan langsung membuka toko yang besar dan stok yang banyak kok. Perputaran barang dan cashflow yang besar jauh lebih penting daripada punya toko besar tapi cashflow dan perputaran barangnya kecil.


Ingin tahu Rahasia Bisnis Souvenir Pernikahan berikutnya??? Hehehe... Ayo lanjut ke halaman selanjutnya..


### NEXT : RAHASIA KE TUJUH ###


Klaten,13 Januari 2013


Salam,

Hatta N Adhy PK, ST | @sangproklamator