20 Desember 2012

Logika Mancing Ikan dan Riset Keyword

Logika Mancing Ikan dan Riset Keyword

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki hobby memancing ikan? Semoga saja iya. Namun meski tidak memiliki hobby memancing ikan, setidaknya Anda pernah tahu mengenai aktivitas memancing ikan tersebut. 

Sumber Gambar : Dari SINI
Kalo saya, jujur saja memang kebetulan bukan penghobby memancing ikan. Namun saya memiliki teman atau sahabat yang kebetulan seneng sekali dengan aktivitas memancing ikan. Bahkan sering juga ikut lomba-lomba memancing di kampung-kampung. Meski hadiahnya tidak begitu besar, namun karena sudah cinta dengan aktivitas memancing ini semua bisa dilakukan dengan senang dan tanpa paksaan.

Suatu ketika ketika ngobrol bareng saya menanyakan seputar dunia hobby memancing yang dicintainya. Dari hasil ngobrol bareng tersebut ada banyak hal baru yang akhirnya saya jadi tahu tentang dunia memancing. Misalnya saja, lomba memancing itu diikutinya tidak semata-mata untuk mengejar hadiahnya saja, namun bisa juga untuk keperluan yang lain, semisal : untuk have fun saja, untuk sekedar bertemu dengan sesama penghobby mancing, hingga untuk mengetest kualitas alat pancingan yang baru digunakan.

Namun ada pelajaran lain yang saya cukup takjub. Kira2 tentang apa hayoooo??

Hehehe, ternyata tentang hal yang sepele, yaitu tentang MAKANAN IKAN. Sepele kan? Meski cuma hal sepele, namun buat saya justru itu menjadi hal yang menarik. Menariknya dimana coba? Menariknya adalah, ternyata kalau kita akan memancing ikan, usahakan kita tahu lebih dulu dua hal ini :
  • Ikan apa yang akan dipancing?
  • Makanan apa yang menjadi kesukaan ikan yang akan dipancing tersebut?
Contoh riilnya adalah : misalkan kita akan memancing IKAN LELE, maka kita juga harus menyiapkan makanan (baca : umpan) yang disukai dan senang dimakan oleh si ikan lele tadi. Masuk akal ya?

Jangan sampai Anda pengennya memancing IKAN LELE, namun umpan yang Anda siapkan justru umpan yang tidak disukai oleh ikan lele tadi. Bila hal ini terjadi, sudah bisa ditebak. Apa yang Anda inginkan untuk mendapat hasil pancingan ikan lele yang banyak pasti tidak bisa tercapai.

LALU APA HUBUNGANNYA MANCING IKAN DENGAN RISET KEYWORD???

Sumber Gambar : Dari SINI
Dalam bisnis online tentu saja ada satu produk yang akan Anda jual kan? Saya Ambil contoh saja riil pada salah satu dagangan saya di TASYA Souvenir, yaitu UNDANGAN PERNIKAHAN.

Karena saya menjual dagangan yang bernama UNDANGAN PERNIKAHAN, tentu saja saya harus mencari CUSTOMER YANG BUTUH UNDANGAN PERNIKAHAN kan?

Nah, dalam menjual undangan pernikahan ini saya ibaratkan sebagai IKAN LELE nya, sedangkan keyword-keyword yang berhubungan dengan undangan pernikahan (yang sudah diriset) itu adalah sebagai umpan makanannya.

Lalu bagaimana dengan Riset Keyword itu sendiri? Biasanya saya menggunakan alat riset miliknya google (google keyword tool). Namun sebelumnya biasanya saya akan memposisikan terlebih dahulu sebagai customer.

Maksudnya gimana? Maksudnya, misalkan saya menjadi customer yang sedang membutuhkan "UNDANGAN PERNIKAHAN", ketika saya didepan laptop dan mencari di google kira-kira akan mengetikkan apa yaa? Ini biasanya hal yang akan saya lakukan lebih dulu.

Dari satu produk "UNDANGAN PERNIKAHAN" itu akan muncul beberapa opsi kemungkinan saya akan melakukan pencarian, misalnya :
  1. Undangan Pernikahan
  2. Undangan Pernikahan Murah
  3. Kartu Undangan Pernikahan
  4. Tempat Percetakan Undangan Pernikahan
  5. Percetakan Undangan Pernikahan Murah
  6. Dan lain-lain...

Dari beberapa opsi ini tadi, tinggal kita masukkan ke google keyword tool. Maka akan di-suggest beberapa keyword lainnya yang juga sering dipakai untuk kata kunci pencarian. Beberapa opsi tersebut kita test satu per satu. Hingga akhirnya kita bisa merumuskan dan menentukan keyword (dan long tail keyword) mana saja yang sangat berpotensi untuk menjadi "makanan ikan lele" saya itu.


Disamping itu kita juga bisa melihat lokasi pencarian yang paling banyak dengan keyword-keyword tersebut di daerah mana saja. Mengasyikkan sekali memang...

Hingga akhirnya bisa saya dapatkan hasil begini :
  • Ini Si A, yang ingin mencari ikan lele (undangan pernikahan) dengan menggunakan umpan makanan (keyword) = UNDANGAN PERNIKAHAN MURAH, saya sediakan..... --->> HAPPP...!! Order masuk ke TASYA.
  • Ini Si B, yang ingin mencari ikan lele (undangan pernikahan) dengan menggunakan umpan makanan (keyword) = TEMPAT PERCETAKAN UNDANGAN, saya sediakan..... --->> HAPPP...!! Order masuk ke TASYA.
  • Ini Si C, yang ingin mencari ikan lele (undangan pernikahan) dengan menggunakan umpan makanan (keyword) = PERCETAKAN UNDANGAN PERNIKAHAN, saya sediakan..... --->> HAPPP...!! Order masuk ke TASYA.
Begitu seterusnya....

Jadi buat Anda yang berbisnis online dan menjual suatu produk tertentu, wajib mengetahui kira-kira UMPAN (KEYWORD) yang pas untuk "dimakan" oleh si customer Anda itu Apa saja. Dengan menentukan keyword yang tepat dan pas, Anda bisa selangkah lebih maju dari para kompetitor Anda.

Cara ini mungkin terbilang kuno atau ndeso bagi para mastah-mastah Ahli SEO, namun menurut saya justru cara ini sangat dahsyat! Saya sendiri telah melakukan dengan teknik seperti ini, dan kebetulan yang saya test adalah untuk keyword UNDANGAN PERNIKAHAN. Dan terbukti, akhir-akhir ini bom order UNDANGAN PERNIKAHAN yang masuk di TASYA Souvenir sungguh mengagetkan diluar estimasi saya sebelumnya.

Semoga bisa ditiru, dan bermanfaat..!


Klaten 20-12-2012
Salam Tasya Souvenir,


Hatta N Adhy PK,ST