12 Desember 2012

Rahasia Bisnis Souvenir Pernikahan Ke-03

"BISA DIKAWINKAN DENGAN BISNIS UNDANGAN PERNIKAHAN"

Pada bab sebelumnya sudah saya ceritakan bagaimana awal mulanya saya kecemplung terjun dalam bisnis souvenir pernikahan ini. Semuanya serba dimulai dari ketidaktahuan dan satu lagi : NEKAT..! Berbagai macam problem dan tantangan yang ada didepan mata satu persatu memang mau tidak mau harus ditaklukkan biar bisa jalan terus. Apapun resikonya, meski resiko tersebut adalah dicaci maki dan dimarah-marahin oleh customer.


Dari awalnya hanya berpikir menjual souvenir untuk pernikahan saja, hingga dikemudian hari mulai terbuka pemikiran bahwa souvenir bisa dijual untuk berbagai macam event/acara. Lalu setelah perjalanan bisnis souvenir saya sudah melewati dua tahun, mulai deh banyak yang bertanya : "Mas hanya jual souvenir pernikahan saja ya? Kok tidak sekalian jual untuk undangannya?"

Tidak hanya satu-dua kali pertanyaan sejenis itu dilontarkan ke saya. Sampai pusing saya memberi jawaban. Sebab saat itu memang saya fokusnya masih berjualan souvenir pernikahannya saja dulu. Namun karena terlalu sering mendengar pertanyaan seperti itu akhirnya saya juga menjadi berpikir, "Iya juga yach, mungkin asyik juga kalo juga berbisnis undangan pernikahan"

Dan ternyata masukan yang diberikan oleh para customer saya itu memang benar dan terbukti. Sekaligus ini bisa saya katakan bahwa inilah Rahasia Gurihnya Bisnis Souvenir Pernikahan yang Ke-3 yaitu :
Bisnis Souvenir Itu Bisa Dikawinkan Sekaligus Dengan Bisnis Undangan Pernikahan
Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba menjual souvenir pernikahan sekaligus undangan pernikahan itu dengan pertimbangan sebagai berikut :
  • Pertama, Souvenir dan Undangan itu adalah dua hal yang sama-sama dibutuhkan dan perlu dalam setiap event pernikahan
  • Kedua, Saya bisa membuat paket order souvenir dan undangan sekaligus!
  • Ketiga, Bila bisa terjual order souvenir dan undangan sekaligus itu artinya saya bisa dapat untung dua kali. Untung dari order souvenir dan untung dari order undangan
Dan ternyata apa yang saya prediksikan tersebut memang akhirnya bisa menjadi kenyataan. Banyak customer yang ingin praktis, yaitu order souvenir dan undangan di satu tempat saja biar praktis dan tidak banyak pikiran. Meski ada pula customer yang order secara terpisah (souvenir saja atau undangan saja).

Jadi saya bisa memberi alternatif penawaran kepada customer :
  1. Mau order souvenir saja?
  2. Mau order undangan saja?
  3. Atau mau order souvenir sekaligus undangan?

Ini sama artinya saya membuka celah peluang tambahan. Apabila dulu saya hanya bisa memberi penawaran untuk order souvenir saja, maka sekarang bisa memberi penawaran alternatif yang lain. Kalo dulu memberi penawaran order souvenir dan ternyata batal, otomatis tidak ada income. Namun kalo sekarang, dengan memberi alternatif penawaran yang lain, masih ada kemungkinan pemasukan income. Get the point?

Jadi disinilah letak rahasia gurihnya bisnis souvenir pernikahan yang ke-3 ini, dimana bisnis souvenir ini bisa dikawinkan sekaligus dengan bisnis undangan pernikahan! Sebuah celah peluang rahasia yang tidak pernah diungkap sebelumnya. Tapi biarlah khusus buat Anda rahasia ini saya bongkar, hehehe...

Dengan kawinnya bisnis souvenir dan bisnis undangan sekaligus ini, apabila ada customer yang akan melakukan pemesanan, dan si customer menghendaki untuk memesan souvenir dan undangan sekaligus, apa itu namanya tidak gurih?? Gurihhh benerrrrr bro...!

Gimana tidak gurih, kalo ada order souvenir dan undangan sekaligus itu berarti artinya Anda bisa dapet untung 2 kali. Untung dari order souvenir dan untung dari order undangan. Itulah kenapa saya bisa bilang bahwa Rahasia Bisnis Souvenir Pernikahan yang Ke-3 ini adalah bahwa bisnis souvenir ini bisa dikawinkan dengan bisnis undangan.

Sssssstttt Rahasia ini khusus buat Anda pembaca blog/buku ini saja lho yaaa, jangan dibagi-bagikan kepada yang lain, hehehe... Nah pasti Anda Masih penasaran dengan Rahasia yang lainnya kaaaaaaaaaaaannn??? 

Mari lanjutkan membacanya.... :)


### NEXT : RAHASIA KEEMPAT ###


Klaten,12 Desember 2012


Salam,

Hatta N Adhy PK, ST | @sangproklamator

Rahasia Bisnis Souvenir Pernikahan Ke-02

"BISA MULTI SEGMEN MARKET"

Kadangkala saya ditanyain oleh teman-teman yang ingin memulai bisnis souvenir pernikahan seperti ini : "Mas, kalo bisnis souvenir pernikahan itu berarti bisnis musiman aja ya? Bisa jualan kalo pas musim nikah saja, trus kalo udah gak musim nikah kita gak bisa jualan?"

Beberapa orang memang terbersit dalam pikirannya seperti itu. Kalo bisnis souvenir pernikahan berarti hanya bisa jualan saat musim nikah saja. Kalo udah gak musim nikah berarti tidak bisa jualan. Saya tidak menyalahkan dengan pendapat tersebut. Namun bila berkaca dari pengalaman saya menjalankan bisnis souvenir ini justru saya bisa jualan kapan saja, tidak hanya menunggu musim orang nikah saja.

Hal ini bisa saya buktikan sendiri, musim nikah disetiap daerah mungkin bisa berbeda-beda, makanya itu bisnis souvenir tetap bisa jalan terus. Selain itu kita musti berpikir kreatif sekaligus berpikir diluar kebiasaan (Thinking Out of The Box). Apa itu? Berpikirlah bahwa bisnis souvenir itu bisa melayani event apa saja. Tidak hanya tergantung pada event pernikahan saja.

Itulah kenapa saya bisa membuat rumusan bahwa Rahasia Gurihnya Bisnis Souvenir yang Ke-2 itu adalah :
Bisnis Souvenir Adalah Bisnis Yang Multi Market..! 
Diantara dari Anda pasti akan bertanya-tanya, Apa sih yang dimaksud "Bisnis Souvenir Adalah Bisnis Yang Multi Market"? Kok bisa begitu?

Hehehe, ya memang begitulah faktanya. Bisnis souvenir itu menurut saya adalah bisnis yang sangat lentur. Bisnis yang bisa menembak target market lebih dari satu. Bila sebelumnya Anda berpikir bahwa bisnis souvenir itu khusus menjual souvenir untuk event pernikahan saja, sekarang pola pikir "Out of The Box" nya musti digunakan. Berpikirlah bahwa, "SETIAP ADA EVENT/ACARA BISNIS SOUVENIR BISA DILIBATKAN". Jadi apapun acara/eventnya bisa kok kita sisipkan souvenir sebagai cendera-mata acara/event tersebut.

Oleh karena itu saya bisa membuat sebuah rumusan bahwa bisnis souvenir itu adalah bisnis yang multi market..!

Pengen tahu contohnya apa saja? Dari hasil pengalaman saya menjalankan bisnis souvenir, beberapa acara atau kegiatan berikut ini ternyata bisa melibatkan bisnis souvenir didalamnya. Penasaran kan? Kira-kira acara atau kegiatan apa saja yaaa? Hehehe...

Biar gak penasaran lagi, ini dia beberapa acara atau kegiatan yang bisa melibatkan bisnis souvenir didalamnya :
  • Acara Ulang Tahun Anak
Sekarang sudah menjadi trend merayakan kebahagiaan ulangtahun anak dengan menyelenggarakan pesta kecil-kecilan. Sebagai wujud syukur dan berbagi dengan yang lain. Dan biasanya si orang tua anak tersebut pasti akan berburu souvenir ulang tahun anak nya tersebut. Dimana souvenir tersebut akan dibagikan atau diberikan kepada para tamu yang menghadiri acara ulang tahun tersebut.

  • Acara Farewell Party
Saya pernah mengerjakan order souvenir untuk acara perpisahan pindah tugas (farewell party) yang diadakan sebuah perusahaan di Jakarta. Dan saat itu memang menjadi awal momen saya bahwa bisnis souvenir itu tidak melulu hanya melayani order untuk event pernikahan saja. Dan itu bisa terbuktikan.

  • Acara Syukuran Selapan
Acara syukuran selapanan (35 hari kelahiran bayi) sekarang semakin sering dilakukan. Dan saya pun juga sering menemui orang yang bertanya dan ingin memesan souvenir untuk kepentingan acara syukuran selapanan ini. Bahkan yang melakukan order ini mereka yang berada di luar kota atau luar Pulau Jawa.

  • Acara Syukuran Aqiqah
Anda pasti tahu dong Acara Syukuran Aqiqah itu apa? Sekarang sudah menjadi hal yang biasa untuk acara aqiqah itu tidak sekedar acara syukuran, doa bersama, dan makan bersama saja. Namun juga memberi souvenir sebagai kenang-kenangan acara tersebut. Dan ternyata memang menyenangkan juga. Meski jumlah ordernya tidak sebanyak orang yang order untuk event pernikahan, segmen market untuk event yang satu ini amat sangat terbuka lebar.

  • Souvenir Promosi Kantor/Perusahaan
Kantor-kantor atau perusahaan juga seringkali menanyakan hal ini. "Mas menyediakan souvenir buat promosi perusahaan atau tidak ya?" Woooww, ini juga sebuah segmen market yang tidak bisa dipandang sebelah mata lho. Biasanya order-order dari perusahaan atau corporate ini justru order yang gede-gede. Saya pernah menghandle order souvenir boneka pengantin adat untuk Kantor Pajak di Jakarta. Dan memang wooooww hasilnya, gurih benerrr... :)

  • Souvenir Untuk Seminar/Workshop
Sekarang banyak sekali diselenggarakan seminar-seminar atau workshop dengan berbagai tema. Entah itu mengenai entrepreneurship, property, financial planner, parenting, dan lain sebagainya. Nah, segmen market seperti ini juga merupakan segmen market yang bisa ditembus olek pelaku bisnis souvenir.

Dan masih banyak lagi beberapa event/acara dimana bisnis souvenir bisa ikut masuk didalamnya.

Nah, dari penjelasan diatas serta beberapa contoh event lain selain event pernikahan yang bisa ditembus untuk segmen market bisnis souvenir pasti Anda baru ngeh dan baru percaya. 
"Iya ya, ternyata bisnis souvenir itu menggiurkan dan bisa multi market. Tidak hanya untuk jual souvenir pernikahan saja"

Dan kabar baiknya, tidak semua orang paham dan tahu rahasia yang satu ini. Jadi, sekarang Anda beruntung dan bisa tahu bahwa Rahasia Gurihnya Bisnis Souvenir yang Ke-2 itu adalah : Bisnis Souvenir Adalah Bisnis Yang Multi Market..! 

Masih penasaran dengan Rahasia Gurihnya Bisnis Souvenir yang selanjutnya kaaaaaaannn??? Mari lanjutkan membacanya.... :)


### NEXT : RAHASIA KETIGA ###


Klaten,12 Desember 2012


Salam,

Hatta N Adhy PK, ST | @sangproklamator

Rahasia Bisnis Souvenir Pernikahan Ke-01

"SEMUA ORANG PASTI INGIN MENIKAH"

Apa yang akan Anda lakukan ketika akan membuka usaha atau memulai bisnis? Salah satunya pasti akan menentukan target marketnya bukan? Oleh karena itu bila kita akan memulai usaha/bisnis salah satu yang perlu di-'riset' adalah : "Menentukan target market yang jelas".

Sumber Gambar : DISINI
Sebagai contoh misalnya kita akan membuka bisnis kuliner. Tentu kita akan memiliki pikiran, kira-kira nanti ada yang mau beli produk saya atau nggak ya? Atau, produk saya ini nanti laku dijual atau tidak ya? Semua harus dalam kerangka berpikir yang positif, yaitu karena semua orang itu butuh makan maka saya yakin produk saya PASTI ADA YANG BELI dan juga PRODUK SAYA LAKU DIJUAL..!!

Begitupun juga dengan saya. Saya selalu dalam kerangka berpikir positif yaitu bahwa karena SEMUA ORANG PASTI INGIN MENIKAH, maka bisnis souvenir pernikahan saya di www.tasya-souvenir.com PASTI AKAN ADA YANG BELI dan juga PRODUK SAYA TETAP LAKU DIJUAL..!! Harus selalu berpikir positif seperti itu.

Pada awal berdirinya TASYA Souvenir saat itu memang mengkhususkan diri mengambil segmen market  yang spesifik dan jelas, yaitu para calon pengantin yang akan menikah..! Oleh karena itu saya bisa mengatakan bahwa, Rahasia Gurihnya Bisnis Souvenir Pernikahan Yang Pertama adalah : 
"Selama semua orang masih ingin menikah, maka selama itu pula bisnis souvenir pernikahan masih tetap bisa eksis dan memiliki target market yang jelas".
Ya. Siapa sih yang dalam seumur hidupnya tidak ingin melalui sebuah fase kehidupan yang bernama "PERNIKAHAN"? Saya rasa hampir semua orang pasti akan menginginkan hal tersebut. Bisa mendapatkan jodoh yang terbaik dan dapat melangsungkan pernikahan. Sebab dengan pernikahan adalah menjadi media untuk kita bisa melanjutkan dan meneruskan generasi penerus kita.

Kita tentu tidak mau kan kalo kita nanti meninggal tidak memiliki keturunan? Atau tidak ada generasi penerus dari kita? Itulah kenapa semua orang akan menginginkan dan pasti berharap bisa menemukan pasangannya serta melewati satu fase kehidupan bernama "Pernikahan". Betul atau betuuuull??

Selain itu juga perlu diperhatikan adalah trend penggunaan souvenir pernikahan dalam sebuah acara resepsi pernikahan sampai detik ini sudah bukan menjadi hal yang aneh. Malah seolah-olah malah sudah menjadi suatu kewajiban bahwa dalam satu acara resepsi pernikahan masih dirasa belum lengkap apabila pihak mempelai belum memberikan cendera mata atau souvenir pernikahan kepada para tamunya.

Menyiapkan souvenir pernikahan seakan-akan menjadi hal yang penting dan wajib. Bahkan ada juga yang merasa gengsi atau jaga imej (jaim) kalo tidak memberikan souvenir pernikahan kepada para tamu.

Nah, dari kedua faktor tadi sudah barang tentu bisa menjadi alasan penting bagi saya bahwa menekuni bisnis souvenir pernikahan memang sungguh-sungguh menyenangkan. Sebab saya selalu memiliki calon customer yang akan menjadi target market saya.

Bahkan dalam schedule order yang ada di tasya souvenir pun bisa membuktikan bahwa setiap bulan setiap waktu selalu saja ada orang yang akan melaksanakan acara pernikahan ini. Tidak hanya mengambil event di hari dan tanggal yang cantik (misalnya 12 Desember 2012), namun di hari dan tanggal yang lainpun juga banyak yang melaksanakan acara pernikahan.

Bahkan untuk acara yang masih berlangsung 6 bulan kedepan pun seringkali sudah melakukan pemesanan sejak jauh-jauh hari. Oleh karena itu saya tahu persis, bahwa hampir disetiap waktu setiap saat banyak sekali mereka-mereka yang akan melangsungkan acara pernikahan.

Terlebih lagi karena saya menjalankan bisnis souvenir pernikahan saya secara online (www.tasya-souvenir.com), saya bisa membidik target market yang lebih luas. Hampir seluruh kota di Indonesia mulai dari Ujung Banda Aceh hingga ke Papua saya sudah pernah menghandle ordernya.

Jadi buat Anda yang ingin menekuni dan terjun dalam bisnis souvenir pernikahan, Anda tidak perlu takut atau khawatir tidak memiliki customer atau berpikir tidak bisa menjual produk. Justru sebaliknya, berpikirlah bahwa selama orang masih ingin menikah maka saya masih tetap memiliki target market yang siap membeli produk saya..!

Inilah yang saya bilang bahwa berbisnis souvenir pernikahan itu ternyata sangat gurih, dan Rahasia Pertama Gurihnya Bisnis Souvenir Pernikahan itu adalah selama semua orang masih ingin menikah, selama itu pula bisnis souvenir pernikahan masih tetap ada dan memiliki target market yang spesifik dan jelas..!

Siap terjun di bisnis souvenir pernikahan?? Harus siaaaaaaaaappp..!!!


### NEXT : RAHASIA KEDUA ###


Klaten,12 Desember 2012


Salam,

Hatta N Adhy PK, ST | @sangproklamator