09 Desember 2012

Meledakkan Omzet UKM Dan Sekaligus Mencetak Ribuan Internet Marketer Asli Indonesia

Ini adalah Isi Detil Berbagi Ide dalam #SIC DISINI

Pendahuluan

Selama saya menjalankan bisnis online di Tasya Souvenir (www.tasya-souvenir.com), Saya sering sekali menemukan beberapa pertanyaan dari rekan-rekan saya. Beberapa pertanyaan itu terbagi dari dua sisi yaitu :

*      Pemilik Bisnis UKM
Pada kategori ini pertanyaan yang sering dilontarkan adalah : “Mas, Saya bisa bikin suatu produk, tapi saya gak bisa memasarkannya dengan bagus. Masih dengan pemasaran yang konvensional saja”. Intinya disini adalah :  mereka bisa memproduksi suatu produk, namun kesulitan di bagian pemasaran/marketingnya.

*      Para “Pencari Kerja Online”
Sedangkan pada kategori ini justru sebaliknya. Mereka sering bertanya begini : “Mas, Aku ingin memulai bisnis online seperti sampeyan. Tapi saya gak tau yang saya jual nanti apa ya?”. Disini intinya justru mereka memiliki niat kuat untuk memulai bisnis online namun terkendala akan produk yang dijual. Mereka masih bingung dan tidak memiliki produk yang akan dijual.

Bila dicermati pada dua sisi yang berbeda itu sebenarnya sudah bisa ditarik benang merahnya sekaligus sebagai solusinya. Dengan sedikit sentuhan dan edukasi diantara keduanya, kedua persoalan itu bisa akan saling mengisi dan melengkapi.

Pada sisi pemilik Bisnis UKM mereka bisa mendapatkan ‘tenaga marketing’ dari si “Pencari Kerja Online”, yang ujung-ujungnya bila bisa dioptimalkan sudah barang tentu akan bisa meningkatkan Omzet si pemilik Bisnis UKM tersebut.

Sedangkan pada sisi “Pencari Kerja Online”, mereka bisa mendapatkan produk-produk yang akan digunakan atau dijual secara online. Kalo ada produk yang terjual, sudah barang tentu si “Pencari Kerja Online” bisa terisi dompetnya.

Disini tinggal dicarikan solusi formula yang win-win solution kan?

Skema Diagram Problem


Oleh karena itu dari dua problem yang berbeda dicarikan solusi bersama yang bisa sama-sama dijalankan dan bisa saling menguntungkan diantara keduanya.

Solusi Problem :

Solusi dari problem diatas tersebut masing-masing bisa disarikan sebagai berikut :

*      Solusi Untuk Pemilik Bisnis UKM :
1.   Mengedukasi Quality Product yang dihasilkan agar bisa dipasarkan lebih luas lagi (bila perlu diekspor ke luar negeri).
2.   Dipertemukan dengan Pihak Kedua (Pencari Kerja Online) mengenai konsep kerjasama antarkeduanya.
3.   Berbagi kerja dan fokus pekerjaan diantara keduanya.
4.   Diberikan pembekalan dasar-dasar mengenai pengenalan internet dan pemasaran online.
5.   Membuat Katalog, Foto-Foto Koleksi Produk dan Pricelist yang diperlukan untuk proses kerjasama pemasaran dengan Pihak Kedua (Pencari Kerja Online).
6.   Saling jujur dan transparan berkaitan dengan keuangan dalam transaksi perdagangan.

*      Solusi Untuk Pencari Kerja Online :
1.   Dipertemukan dengan Pihak Pertama (Pemilik Bisnis UKM) untuk memahami konsep kerjasama antarkeduanya.
2.   Berbagi kerja dan fokus pekerjaan diantara keduanya agar tidak terjadi overlapping tugas/pekerjaan.
3.   Dibekali dengan ilmu internet marketing yang memadai (cara membuat blog/website, Teknik-Teknik Ilmu SEO, Cara meriset keyword produk, Membuat sistem transaksional online, Pengenalan SMS dan Internet Banking, dan lain-lain).
4.   Saling jujur dan transparan berkaitan dengan keuangan dalam transaksi perdagangan.
5.   Menggunakan Katalog, Foto-Foto Koleksi Produk dan Pricelist yang diberikan oleh Pihak Pertama (Pemilik Bisnis UKM) dengan semestinya dan saling menguntungkan bagi keduanya.



Penjelasan Lebih Lanjut Solusi Problem :

  • *      Dari solusi diatas berarti pihak pertama akan dibantu oleh pihak kedua dalam memasarkan produknya.
  • *      Pihak Pertama akan lebih fokus pembagian kerjanya dalam mengerjakan proses produksinya, sedangkan Pihak Kedua akan lebih fokus pekerjaannya untuk memasarkan / memarketingkan produknya secara online.
  • *      Untuk masalah pembagian fee atau pembagian keuntungan antara Pihak Pertama dan Pihak Kedua akan dibicarakan secara kekeluargaan dan memahami prinsip win-win solution.
  • *      Pihak kedua diberikan pembekalan mengenai internet marketing yang memadai oleh fasilitator, sehingga benar-benar bisa mengoptimasi dan membantu peningkatan omzet usaha dari pihak pertama.
  • *      Pihak pertama akan memberikan pelatihan sederhana kepada pihak kedua mengenai product knowledge produk yang diproduksi oleh pihak pertama. Ini diperlukan agar ketika pihak kedua dalam memasarkan online bisa menjawab segala sesuatu mengenai produk yang dijual tersebut kepada calon customer.
  • *  Pihak kedua, menggunakan Katalog, Foto-Foto Koleksi Produk dan Pricelist dengan semestinya dan digunakan dengan benar (tidak disalahgunakan).
  • *      Setiap ada order yang masuk wajib diketahui kedua belah pihak. Semua wajib jujur dan transparan terutama mengenai keuangan.
  • *      Setelah order diketahui bersama, maka order akan dikerjakan oleh pihak pertama hingga selesai. Untuk masalah biaya produksi atau pembuatan order wajib dikumunikasikan bersama.
  • *      Bila order sudah selesai dan siap dikirim maka keduanya sama-sama bertanggungjawab untuk masalah ekspedisi barang kepada customer.

 Bila Ditampilkan Dalam Diagram :


PENJELASAN DIAGRAM ALUR :
  1.   Customer melakukan order melalui online ke Pihak Kedua
  2. Pihak Kedua melakukan negosiasi, transaksi hingga verifikasi mengenai transfer/keuangan terhadap order yang dilakukan oleh Customer.
  3. Pihak Kedua mengkomunikasikan perihal order dari Customer tersebut secara detil dan lengkap kepada Pihak Pertama.
  4. Pihak Pertama menyiapkan serta mengerjakan order yang telah disepakati tersebut.
  5. Pengerjaan order telah selesai.
  6. Setelah pengerjaan selesai, Pihak Pertama mengkomunikasikan kembali kepada Pihak Kedua bahwa order telah selesai dikerjakan, dan siap untuk di ekspedisi/dikirim. Pihak Kedua lalu mengkomunikasikan kembali kepada Customer bahwa ordernya sudah siap untuk dikirimkan.
  7. Pihak Pertama dan Pihak Kedua Mengawal dan Bertanggungjawab terhadap kiriman barang yang dikirimkan kepada Customer.


Nah, dari pola kerjasama diatas maka akan tercapai solusi dari masalah keduanya. Pihak Pertama terbantu dicarikan order oleh Pihak Kedua, sedangkan Pihak Kedua sudah tidak menjadi pengangguran lagi, sebab sudah bisa berjualan dan memiliki produk yang dijual secara online, yaitu dengan menjual produk yang diproduksi oleh Pihak Pertama.

IMPIAN MULTIPLIER EFFECT YANG DIHARAPKAN :
Dari pola kerjasama ini, saya memiliki sebuah impian yang besar yang bisa diharapkan yaitu :
  • *      Pertama, para pelaku Bisnis UKM bisa terbantu pemasarannya sekaligus meningkatkan omzetnya.
  • *      Kedua, apabila omzet dan order dari UKM tersebut meningkat, otomatis akan bisa mempekerjakan lebih banyak orang untuk bisa menghandle order yang masuk.
  • *      Ketiga, menciptakan lebih banyak lagi Online Entrepreneur yang awalnya mungkin hanya seorang pengangguran atau pengangguran terselubung.
  • *   Keempat, dikombinasikan dengan “Program Satu Untuk Dua” maka akan menjadi lebih dahsyat lagi efeknya untuk pengembangan Bisnis Online dan Bisnis UKM di Indonesia.


PROGRAM SATU UNTUK DUA :


“Program Satu Untuk Dua” ini maksudnya adalah setiap pihak yang sudah berhasil dan sukses menjalankan untuk bisnis online-nya (PIHAK KEDUA-Red) maka dia berkewajiban untuk menduplikasi apa yang sudah dia lakukan tersebut kepada dua orang lainnya.
Berhasil dan sukses disini bisa diartikan dalam konteks sebagai berikut :
  • *      Sudah paham dan mengerti mengenai dunia internet marketing
  • *      Sudah berpengalaman menghandle order yang masuk
  • *   Sudah berpengalaman menghandle komplain dan menjadi customer service yang baik
  • *  Sudah benar-benar bisa menghasilkan rupiah dan tidak lagi menjadi pengangguran

Menduplikasi disini artinya adalah membimbing kembali serta mengajarkan kembali apa yang sudah pernah diterima sehingga dia bisa menjadi seperti yang diinginkan. Secara singkatnya adalah dia menjadi mentor bagi dua orang yang lainnya. Sehingga diharapkan dua orang yang lain tersebut juga bisa dibantu lepas dari pengangguran atau pengangguran terselubung, serta bisa lebih banyak lagi UKM-UKM yang dibantu pemasarannya dengan online marketing.
Jujur saja memang ini sedikit mengadopsi sistem MLM, namun bila ini bisa diaplikasikan juga betapa multiplier effect-nya sungguh luar biasa, dan para pelaku Bisnis UKM di Indonesia bisa benar-benar menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Semoga.

Bila membutuhkan penjelasan lebih lanjut
Silakan hubungi saya di :
HATTA NOOR ADHY PK, ST
No.HP : 0853 275 90000 atau 0856 2827 893
Twitter : @sangproklamator
FB : Hatta Tasya Souvenir

Ini adalah Isi Detil Berbagi Ide dalam #SIC DISINI