05 Juni 2012

Undangan Pernikahan Itu Unik

Selain Souvenir Pernikahan, Undangan Pernikahan adalah salah satu bagian yang tak terpisahkan dari sebuah event yang bernama pernikahan. Anda tentu saja setuju dengan pernyataan saya ini. Hehehe, sedikit maksa..!

Selama saya menjalankan toko souvenir online, yang namanya bisnis undangan pernikahan itu sebelumnya sama sekali belum pernah saya sentuh. Alasannya waktu itu adalah sama : BINGUNG..!

Bingung sekali, sebab saya tidak tahu dunia undangan itu seperti apa. Istilah-istilah cetak, bikin film, jenis-jenis kertas, jenis cetakan, macam-macam emboss, atau bahasa-bahasa lainnya saya juga tidak begitu paham.

Namun, karena perkembangan bisnis souvenir yang saya tangani juga semakin berkembang. Lama kelamaan ada juga calon customer yang nanyain: "Kok gak sekalian jual undangan pernikahan mas? Kan nanti bisa pesan sekalian?"

Lhahhhh.... Baru dari situ langsung terbelalak.

"Betul juga tuh.. Ini namanya bener-bener peluang yang tidak boleh dilewatkan..!" 
Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Maksudnya, selain order souvenir pernikahan bisa juga sekalian dilayani order undangan pernikahannya itu. Hehehehe...

Seperti biasa, jurus nekat harus diterapkan dulu. Yang penting Action dulu, masalah bingung baru belakangan..

Singkat kata akhirnya cari-cari undangan yang pernah didapet dulu. Difoto, lalu dipajang. Kalo bingung, baru saya tanya sama teman yang pinter dan lebih dulu nyemplung bisnis undangan.

Padahal saya waktu itu tidak tahu apa-apa....

- Apa itu film..
- Apa itu plat..
- Emboss itu apa?
- Hotprint itu apa?
- Macem-macem kertas apa saja..
- Dan lain-lain...

Bagaimana nego harga, nentuin harga pun juga masih 'diawang-awang'. Hahahaha...

Akhirnya mau nggak mau ya harus belajar sedikit-sedikit. Dan ternyata dunia undangan pernikahan itu unik sekali. Uniknya dimana hayo?

Karena uniknya itu, semuanya serba bisa diaturrrr...!! Persis iklan rokok : "Bisa diaturrrr.. Wani pirooo?" 

Artinya, kualitas undangan pernikahan bisa disesuaikan dengan 2R. R yang pertama adalah Request, artinya bagaimana permintaan si customer. Dan R yang kedua adalah Rupiah, artinya adalah budget yang ditentukan oleh si customer.

Misalkan ada customer Si A: "Aku pengen pesen undangan hardcover murah. Budgetku cuman 4 ribu/pcs, tapi pengennya bisa full colour"

Ohohohoho... Tenang saja itu juga bisa. Tinggal dimainkan jenis kertas, jenis cetakan, ukuran undangan, dan aksesoris undangannya...

Ada juga yang pernah minta undangan seharga seribu. Sebenarnya sih juga bisa saja, hanya saja segmen market yang saya bidik bukan disitu.

Yaaaaa, memang bisnis undangan pernikahan itu unik sekaligus mengasyikkan...


Salam Undangan..!

Klaten 5 Juni 2012

Hatta N Adhy PK,ST
Owner dan Founder 
www.tasya-souvenir.com | Souvenir Specialist..! 
www.boneka-souvenir.com | Spesialis Souvenir Boneka Adat
www.sandalklumut.com | Aneka Sandal Karakter Lucu Unik
www.hiasan-natal.com | Bisnis Hiasan Pohon Natal
www.souvenirpernikahanmurahku.com | Referensi Blog Dunia Souvenir
The HATTA Institute | Belajar Bisnis Online-Entrepreneurship-Motivasi
HP. 0856 2827 893 | 0852 2803 8000
Terkenal LENGKAP dan MURAH