16 Februari 2012

Cara Marketing Ala Tukang Galon

Anda tentu pernah melihat profesi yang satu ini. Profesi sederhana yang kadang tidak pernah kita perhatikan atau terlewatkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Ya, mereka itu adalah tukang galon keliling.

Sumber : agusdoanktapampank.blogspot.com
Namun justru dari tukang galon keliling ini saya bisa belajar hal-hal sederhana yang sebelumnya tidak pernah saya pikirkan.

Di rumah saya memang memiliki tukang galon langganan yang saya ceritakan dalam artikel ini, dia adalah tukang galon yang sering mengantar galon pesanan saya ke rumah. Sebut saja nama dia ini Mas Arie.

Awal saya berlangganan galon dengan Mas Arie inipun juga sepele banget. Dulu waktu galon lagi langka dipasaran (nyari di toko-toko pada kosong semua), tiba-tiba saat saya lagi di jalan bertemulah dengan Mas Arie ini yang kebetulan memang dia berkeliling mengantar galon ke rumah-rumah pelanggannya. Nah, saat itu saya langsung saja minta untuk diantar satu galon ke rumah, tentu saja saya memberikan alamat untuk pengantarannya. Tinggal saya tunggu dirumah nanti galon pasti diantar.

Benar juga, tidak sampai satu jam, saya dapat "jatah" galon yang diinginkan (padahal keliling di toko-toko barang sedang langka). Saya berterimakasih sekali ke Mas Arie yang udah mengusahakan galon untuk saya.

Bahkan Mas Arie ini dengan senang hati mengangkut galon tersebut hingga kedalam rumah. Bahkan tidak jarang bila galon kosong, Mas Arie ini akan dengan senang hati menggantikannya sendiri..! *ngangkat galon lumayan berat juga kaaaan?* Hehehe...

Setelah selesai, ketika akan pulang, Mas Arie ini menulis sesuatu pada secarik kertas yang dia ambil dari tas selempangnya. Lalu secarik kertas itu dia sodorkan ke saya sambil ngomong, "Pak, ini Nomer HP saya. Kalo mau pesen galon atau gas nanti tinggal SMS aja, nanti tinggal saya Antar".

Ckckckckkkkk.... Banyak Pelajaran Marketing yang luar biasa dari kisah sederhana ini.

Pertama, Selalu Siapkan KARTU NAMA yang bisa berfungsi untuk mendapatkan customer setiap saat! Dimana di Kartu Nama itu memuat Deskripsi bisnis Anda serta kontak person pribadi langsung dengan Anda. Dalam contoh ini secarik kertas yang ditulis Mas Arie itulah yang saya maksudkan dengan pentingnya 'KARTU NAMA'.

Kedua, Berilah Nilai Plus Layanan dibandingkan dengan lainnya. Walah hanya sekedar membawakan galon ke dalam rumah, serta menggantikan galon ke dispenser di mata saya ini sebuah layanan plus dibandingkan dengan yang lain. Meskipun mungkin harganya lebih mahal 1000-1500 daripada bila saya beli sendiri ke toko, namun seringkali customer tidak peduli. Justru itulah yang dicarinya..!

Ketiga, Permudah Cara Order. Dari contoh diatas simple sekali. Seringkali saya order galon ke Mas Arie ini cukup dengan SMS saja. Bahkan malam haripun saya bisa booking dulu yang keesokan harinya pasti akan diantar pagi-pagi sekali :)

Keempat, Customer yang Puas bisa menghasilkan repeat order terus menerus. Inilah yang dibutuhkan dalam bisnis.

Nah, sebuah pelajaran yang hebat bukan. Dan justru dari hal-hal sederhana seperti inilah kadangkala kita bisa mengambil pelajaran terbaik, serta bisa kita tiru dan aplikasikan dalam bisnis kita masing-masing. Semoga Anda bisa mengambil nilai positifnya dan bisa mengaplikasikan dalam bisnis Anda.

Semoga Bermanfaat.

Salam Souvenir,

Klaten 16 Februari 2012

Hatta N Adhy PK,ST
Owner dan Founder 
www.tasya-souvenir.com | Souvenir Specialist..! 
www.boneka-souvenir.com | Spesialis Souvenir Boneka Adat
www.sandalklumut.com | Aneka Sandal Karakter Lucu Unik
www.hiasan-natal.com | Bisnis Hiasan Pohon Natal
www.souvenirpernikahanmurahku.com | Referensi Blog Dunia Souvenir
The HATTA Institute | Belajar Bisnis Online-Entrepreneurship-Motivasi
HP. 0856 2827 893 | 0852 2803 8000

Terkenal LENGKAP dan MURAH

Cara Memulai Bisnis Online

Pertanyaan yang paling sering muncul ditujukan ke saya, baik saat bertemu langsung atau melalui chatting di internet adalah : "Saya ingin memulai Bisnis Online, tapi Saya bingung mau mulainya dari mana dulu?"

"Lha kalo Anda sendiri aja bingung, apalagi saya yang gak ngerti apa-apa tentang Anda?" Hehehe..

Maksud Saya disini adalah, yang ngerti karakter serta kesukaan dunia bisnis setiap orang itu ya setidaknya orang itu sendiri. Setiap orang bisa berbeda-beda kesukaan/hobby-nya. Termasuk juga (tentu saja) hobby yang bisa ditindaklanjuti menjadi obyek bisnis.

Ada beberapa kriteria pilihan yang bisa Anda lakukan dan Anda pilih dimana kesemuanya ini sama-sama bisa menghasilkan duit secara Online atau melalui internet, diantaranya yaitu :

A. Anda Bisa Memproduksi Suatu Produk Fisik
Pada poin ini jelas sekali. Disini Anda memiliki kemampuan untuk memproduksi sebuah produk. Lebih spesifik lagi adalah berupa produk fisik (bukan produk yang download-able). Misalkan saja Anda bisa membuat souvenir pernikahan dari bahan fiberglass yang berupa patung miniatur. Atau mungkin Anda selama ini berjualan undangan pernikahan, yang hanya melayani segmen market lokal didaerah Anda saja.

Nah, untuk Anda yang bertipe seperti ini sudah selangkah lebih baik. Intinya, tinggal menambah kemampuan dari jualan offline, kini ditambah merketingnya melalui bisnis online. Jadi gak peduli apapun Ijazah Anda, Anda bisa terjun bisnis online melalui jalur ini.

B. Anda Memiliki Ketrampilan Tertentu
Anda hobby otak-atik blog? Seneng bikin desain-desain lucu dan unik? Atau mungkin memiliki ketrampilan khusus yang berhubungan dengan dunia online? Ini tentu bisa menjadi poin plus tersendiri buat Anda untuk bisa terjerumus dalam dunia entrepreneur. Hehehe....

Saya memiliki teman yang dia punya ketrampilan buat otak-atik blog, bikin desain-desain banner, otak-atik widget, dll. Akhirnya dari situ dia mencoba menawarkan ketrampilan yang dimilikinya tersebut, yaitu : MEMBUKA JASA PEMBUATAN BLOG..!

Ya..! Itu bener-bener ada. Bahkan untuk menggunakan jasanya, sekarang sudah ada tarifnya, dan tarifnya hampir 7 digit. Per bulan, temen saya ini bisa mendapatkan job untuk pembuatan blog ini bisa lebih dari 5 order. Silakan kunjungi blognya di SINI.


C. Anda Menjual Jasa Spesifik
Menjual jasa spesifik ini sudah membidik target market khusus. Anda bisa membuka Jasa yang bener-bener spesifik. Sebagai contoh misalnya, para mahasiswa yang mengerjakan tugas akhir (skripsi), terutama yang jurusan teknik, biasanya akan membutuhkan jasa olah data statistik. Kalo Anda pinter otak-atik rumus-rumus statistik, atau familiar dengan program SPSS, Anda bisa membuka JASA OLAH DATA STATISTIK ini.

Atau mungkin Anda pinter bikin laporan keuangan, bisa juga bikin JASA PEMBUATAN LAPORAN SPT.

Yang terakhir saya terkagum-kagum adalah maraknya twitter. Semakin banyak di-follow biasanya orang akan semakin senang. Hal itu ternyata ada yang mengendus menjadi sebuah peluang bisnis yang hebat, dan jadilah bisnis JASA FOLLOWER..!

D. Menjadi Affiliate
Bila 3 pilihan diatas juga masih belum masuk kriterianya, Anda bisa juga menghasilkan uang dengan menjadi Affiliates. Istilah Affiliates ini sama saja artinya dengan menjadi makelar apabila kita bisnis offline.

Intinya adalah kita ikut menjualkan produk milik orang lain, lalu kita mendapatkan kode affiliasi tertentu. Nah bila kita promosi dan akhirnya ada pembeli produk tersebut melalui link affiliate kita, maka kita berhak mendapatkan komisi affiliate.

Besarnya komisi affiliate ini bisa bermacam-macam. Ada yang 30% hingga 70% dari harga produknya. Tentu saja tergantung kebijakan dari pemilik produk yang kita jual tersebut.

Untuk contoh Affiliate Anda bisa kunjungi website berikut ini :



Semoga Bermanfaat.

Salam Souvenir,

Klaten 15 Februari 2012

Hatta N Adhy PK,ST
Owner dan Founder 
www.tasya-souvenir.com | Souvenir Specialist..! 
www.boneka-souvenir.com | Spesialis Souvenir Boneka Adat
www.sandalklumut.com | Aneka Sandal Karakter Lucu Unik
www.hiasan-natal.com | Bisnis Hiasan Pohon Natal
www.souvenirpernikahanmurahku.com | Referensi Blog Dunia Souvenir
The HATTA Institute | Belajar Bisnis Online-Entrepreneurship-Motivasi
HP. 0856 2827 893 | 0852 2803 8000

Terkenal LENGKAP dan MURAH