05 Februari 2012

Ditantang Merobek Ijazah

Perjalanan Bisnis Tasya Souvenir (Bagian Ke-1)

Perjalanan bisnis seseorang tentu akan berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Proses berdarah-darah yang dilaluipun juga pasti berbeda-beda. Demikian pula dengan perjalanaan saya dalam menjalankan Bisnis Souvenir ini. Dan kabar baiknya memang saya ingin sekali membuat semacam kisah perjalanan saya dalam menjalankan bisnis souvenir ini dalam bentuk tulisan berseri. Yang Insya Alloh semoga nantinya bisa dibukukan. Amiennnn...

Perjalanan itu dimulai dari sini.. Tentang sebuah mimpi..

Ya..! Awalnya memang berawal dari sebuah mimpi. Saat saya masih kuliah, saya pernah mengikuti sesi 'seminar' kecil di Surabaya yang diadakan oleh Soerabaia Consulting Group (SCG)-nya Pak Arief Kusumanegara. Waktu itu pembicaranya adalah Bpk. Khoerussalim (Owner Country Donuts).

Nah diwaktu seminar itu yang dihadiri sebagian besar adalah adik-adik mahasiswa, Pak Khoerussalim memberikan tantangan kepada peserta kurang lebih seperti ini : "Siapa diantara kalian yang nanti lulus kuliah berani merobek ijazah-nya?"

Ya..! Sebuah pertanyaan gendeng. Setidaknya itu gendeng menurut saya. Saya tidak salah ketik, dan memang pertanyaannya seperti itu.

Pertanyaan itu diulanginya kembali dengan penekanan : "Siapa diantara kalian yang nanti lulus kuliah berani merobek ijazah-nya?"

Ternyata tidak ada satupun yang angkat tangan, termasuk juga saya. "Edan, lha kuliah lama-lama pengennya bisa lulus trus dapat ijazah. Lha ini orang gendeng, lulus kuliah ijazahnya disuruh merobek.." Begitulah yang ada dalam otak saya saat itu.

Singkat kata, tidak ada satupun yang berani angkat tangan.

Akhirnya Pak Khoerussalim ini "menurunkan level" tantangannya, "Siapa diantara kalian yang nanti ketika sudah lulus kuliah berani untuk tidak memfotocopy ijazah kalian sama sekali..?"

Maksudnya disini adalah, Pak Khoerussalim menantang adik-adik bila nanti sudah lulus dari bangku perkuliahan, maka ijazah yang telah didapatkan tidak akan pernah difotocopy sama sekali..!

Tantangan yang sederhana namun ternyata membuat ciut nyali para adik-adik mahasiswa ini yang ternyata tetep saja tidak ada yang berani untuk angkat tangan menerima tantangannya.

Lalu Pak Khoerussalim ini mengatakan, "Bila dengan tantangan untuk tidak memfotokopi ijazah anda saja tidak berani, itu sama artinya Anda nanti masih akan menggantungkan nasib pada selembar ijazah ini, yaitu dengan melamar pekerjaan (bukan menjadi entrepreneur)..!!"

"Duarrrrrrr...!!!! Kata-kata sedikit tapi sungguh 'nylekit' dan menohok telak..!

Maksudnya Pak Khoerussalim ini sebenarnya bagus sekali. Kita jangan sampai menggantungkan nasib hanya pada selembar ijazah saja.

Jangan sampai berpikir kalo tidak punya ijazah saya nanti makan apa....
Jangan sampai berpikir kalo tidak punya ijazah saya nanti kerjanya apa....
Jangan sampai berpikir kalo tidak punya ijazah saya nanti dapat penghasilan/gaji dari mana....
Jangan sampai berpikir kalo tidak punya ijazah saya nanti ngelamar kerjanya gimana....
Jangan sampai berpikir kalo tidak punya ijazah saya nanti masa depan saya gimana....
dan seterusnya

Jadi seolah-olah nasib kita hanya tergantung pada selembar ijazah tersebut.

Jadi maksud lainnya itu adalah, apabila adik-adik mahasiswa itu berani untuk tidak memfotocopy ijazah-nya, itu sama artinya kita tidak bisa melamar pekerjaan (karena syarat mutlak melamar pekerjaan biasanya disyaratkan dengan melampirkan fotocopy ijazah, bukan?). Kalo sudah tidak bisa melamar pekerjaan, maka otomatis otak kita akan dipaksakan untuk berpikir BAGAIMANA CARA MEMPEROLEH PENGHASILAN (baca : uang) alias Bagaimana bisa memulai usaha. Iya, kan??

Sepulang dari acara tersebut kata-kata tadi masih terus terngiang-ngiang dalam telinga saya. Dan singkat kata saya punya tekad dan mimpi "Tantangan itu akan saya jawab di waktu mendatang pak..!"

"Saya ingin jadi entrepreneur...."

Semoga bermanfaat...


Salam Souvenir,
Klaten 5 Februari 2012



Hatta N Adhy PK,ST
Owner dan Founder 
www.tasya-souvenir.com | Souvenir Specialist..!
www.boneka-souvenir.com | Spesialis Souvenir Boneka Adat
www.sandalklumut.com | Aneka Sandal Karakter Lucu Unik
www.hiasan-natal.com | Bisnis Hiasan Pohon Natal
www.souvenirpernikahanmurahku.com | Referensi Blog Dunia Souvenir
The HATTA Institute | Belajar Bisnis Online - Entrepreneurship | Motivasi
HP. 0856 2827 893 | 0852 2803 8000

Terkenal LENGKAP dan MURAH
Souvenir Pernikahan | Undangan Pernikahan | 
Souvenir Promosi | Souvenir Ulang Tahun