11 Desember 2012

Gurihnya Berbisnis Souvenir Pernikahan

Berbisnis souvenir pernikahan adalah hal yang dulu tidak pernah saya bayangkan sama sekali. Membayangkan saja tidak apalagi bercita-cita, hehehe.. Soalnya dalam garis keturunan saya tidak ada sama sekali yang berbisnis souvenir pernikahan, atau memiliki channel/link untuk berbisnis souvenir pernikahan. Benar-benar blank alias tidak tahu apa-apa sama sekali.

Bahkan saat itu pernah juga berpikiran bahwa bisnis souvenir pernikahan itu cuman bisnis recehan saja, maksudnya disini adalah bisnis yang hanya menghasilkan margin keuntungan yang kecil saja. Saya belum melihat celah-celah lain yang ternyata justru saya temukan setelah terjun langsung menekuni bisnis ini. Jadi tidak sedikitpun saya berpikir untuk melirik dan menekuni bisnis ini.

Hingga akhirnya suatu saat ketika usaha yang saya jalani sebelumnya (jual koran dan majalah) mulai terasa collaps, mau tidak mau saya berpikir mencari alternatif bisnis yang lain. Saat itu memang moment-nya adalah waktu menjelang saya menikah. Setelah berdiskusi dengan mantan pacar (sekarang istri), maka kami putuskan untuk merintis dan memulai bisnis souvenir pernikahan, dan segmen market yang kami bidik adalah penjualan melalui online.

Begitu keputusan bersama untuk memulai bisnis souvenir pernikahan itu dibuat langsung dihadapkan pada beberapa tantangan yang notabene semua tidak tahu sama sekali. Apa saja tantangan itu? Ini dia daftarnya...
  • Pertama, Dengan memulai bisnis souvenir, otomatis saya musti tahu mau jual souvenir apa ya? Tapi saya bingung, mau jualan apa..!
  • Kedua, Kalaupun tahu apa yang akan dijual, saya juga bingung : Dimana belinya barang yang akan saya jual itu?
  • Ketiga, Saya tidak tahu supplier souvenir mana yang harus saya hubungi untuk bisa bekerjasama?
  • Keempat, Kalo saya jualannya via online otomatis saya butuh foto-foto produk yang harus saya pajang di website saya. Lhah, saya tidak punya foto-foto itu..!
  • Kelima, produk gak punya dan foto juga tidak punya. Apalagi pricelist/daftar harga. Ini saya juga tidak punya..!
  • Keenam, prosedur cara pemesanan, pembayaran, ataupun pengiriman barang kalo bisnis online itu seperti apa, Saya juga tidak tahu..!
  • Ketujuh, Pengetahuan tentang tata cara serta seluk beluk pengiriman paket/barang melalui ekspedisipun saya juga buta sama sekali..!
  • Kedelapan, bahasa-bahasa dan ilmu dewa yang berhubungan dengan internet marketing seperti riset keyword, niche market, SEO, meta description, SEO On Page, SEO Off Page, Traffic, dll semua bagaikan ilmu diawang-awang. Saya tidak paham sama sekali.
Dan masih banyak lagi yang lain yang kalau didaftar satu persatu malah nanti bisa bikin minder teman-teman yang ingin merintis dan memulai berbisnis souvenir pernikahan. 

Singkat cerita dan mau tidak mau, satu demi satu tantangan yang menghadang didepan mata itu harus saya lewati satu persatu. Harus dilewati. Ibarat itu sebuah tembok penghalang, karena dibalik tembok penghalang itu adalah satu-satunya jalan untuk kita bisa melanjutkan perjalanan makanya musti dicari cara bagaimana kita bisa melewati tembok itu. Entah dengan melompatinya, membuat terowongan dibawahnya, melewatinya dari samping, atau mendobraknya..!

Ternyata memang semuanya sedikit demi sedikit terbuka lebar. Apa yang tadinya tidak saya lihat, pelan-pelan kelihatan. Apa yang sebelumnya tidak saya pedulikan ternyata ada suatu celah peluang yang luar biasa. Hingga akhirnya saya memutuskan untuk benar-benar bertotalitas untuk terjun dalam bisnis souvenir pernikahan ini.

Nah dalam catatan ini (semoga nanti bisa menjadi buku - Amieeennn...) saya akan berbagi beberapa rahasia tersembunyi gurihnya bisnis souvenir pernikahan yang selama ini belum pernah diungkap secara vulgar! Akan saya tuliskan satu demi satu alasan yang membuat saya harus mengakui bahwa bisnis souvenir pernikahan ini sangat menggiurkan dan layak menjadi salah satu alternatif bisnis yang bisa Anda jalankan.

Sembilan rahasia tersembunyi tentang gurihnya bisnis souvenir pernikahan ini saya rangkum semuanya berdasarkan dari pengalaman. Pengalaman dari 4 tahun perjalanan saya menjalankan bisnis souvenir di www.tasya-souvenir.com sejak tahun 2008. Semua saya rangkum dan tuliskan berdasarkan dari pengalaman nyata. Jaddi, bukan hanya sekedar berteori saja.

Nah, apakah Anda penasaran dengan 9 Rahasia Tersembunyi Gurihnya Berbisnis Souvenir Pernikahan ini? Bila iya, silakan lanjutkan untuk membaca segmen berikutnya setelah yang satu ini. 

Arrrrrreeeee yyyyuuuuu rrreeeaaaadddyyyyyyyy??? 


### NEXT : RAHASIA PERTAMA ###


Klaten,11 Desember 2012


Salam,

Hatta N Adhy PK, ST | @sangproklamator