23 Juni 2008

Belajar dari Rusia

Bagi Anda yang senang mengikuti pertunjukan Piala Eropa 2008 tentu akan sedikit banyak tahu kiprah tim Rusia pada event akber 4 tahunan di benua eropa ini.

Tim Rusia, siapa sih yang sebelumnya akan menjagokannya untuk bisa melaju ke babak semifinal? Tidak banyak orang yang akan mau untuk mendukung tim Rusia ini menjadi 'botohan'-nya...

banner property revolution

Bahkan di awal penyelenggaraan turnamen Euro 2008 ini, sahabat2 saya yang bermain arisan bola ini pada awalnya cukup ragu juga ketika membuka lintingan kertas hasil arisannya ternyata mengharuskan dia untuk memegang tim Rusia..!!

Yup...!! Memang tim rusia tidak pernah diunggulkan sama sekali, tenggelam diantara tim-tim unggulan seperti Portugal, Belanda, Kroasia, Spanyol, Jerman, Prancis, dan Italia.

banner tasya souvenir

Dari kacamata saya saat itu, hanya satu yang bisa menjadi poin plus bagi tim Rusia. Poin plusnya yaitu, memiliki seorang pelatih yang hebat, spesialis turnamen besar sekelas Piala Dunia atau Piala Eropa.

Masih terngiang jelas ramuan Guss Hiddink, pelatih Rusia saat ini saat menangani tim Korea Selatan dan Australia. Dimana sebuah tim yang 'biasa2 saja' namun bisa disulap menjadi tim yang luar biasa....!!!

vnet itu mudah

Feeling saya saat itu hanya berkata : satu tempat di semifinal biasanya menjadi hak tim yang dilatih oleh meneer yang satu ini.

Nah, anda bisa melihat sendiri bagaimana performa tim Rusia ini dari hari ke hari selama berlangsungnya Euro 2008 kali ini. Meskipun pada partai perdana tim besutan Meneer Hiddink ini menelan kekalahan yang cukup telak dari tim matador Spanyol, namun tidak ada kata menyerah untuk tetap berjuang.

"Terus bertarung atau Pulang..!" Begitulah di salah satu media menyebut filosofinya, yang akhirnya semangat itu menjadi pemain ke-12 di setiap permainannya...

bannerhatta2

Saat memastikan satu tempat di babak perempat final, dan bertemu dengan tim orange Belanda, Guss Hiddink dihadapkan pada sebuah nilai profesionalitas sejati ataukah nasionalisme 'buta'?

Menghadapi tim dari asal negaranya sendiri serta yang jauh di favoritkan di turnamen kali ini ternyata sama sekali tidak mempengaruhi mental sang meneer dan anak2 asuhannya. Gaya bermain tim Belanda yang sangat sempurna di babak penyisihan grup tidak membuatnya keder..!!!

Meskipun banyak yang lebih banyak memfavoritkan tim Belanda untuk melaju ke babak selanjutnya, karena track record nilai yang sempurna, Guss Hiddink tetap percaya diri.

banner property revolution

Ada sebuah resep percaya diri yang bisa kita jadikan pelajaran bersama dari tim Rusia dan Guss Hiddink ini, yang akhirnya sedikit banyak bisa menambah rasa percaya diri saya saat ini.

Apakah ituuu?

"Tidak ada sesuatupun yang paling hebat. Semuanya bisa ditaklukkan/dikalahkan! Meskipun banyak orang meragukan apa yg menjadi impian Anda, serta meremehkan kemampuan Anda. Cukuplah tegas : fokus, lakukan, dan taklukkan...!! Setelah itu percayalah, orang baru percaya pada Impian Anda setelah Anda mendapatkannya...!!!"

Begitu juga dalam kehidupan kita sehari-hari. Ataupun di dunia usaha kita sekarang. Seringkali orang mencibir dengan apa yang kita lakukan saat ini. Kadang juga orang bahkan menghina serta menganggap kita bagai mimpi di siang bolong.

banner property revolution

Namun ternyata dari tim Rusia kita bisa belajar. Selama kita masih bisa membayangkan, maka kita pasti akan tetap bisa untuk mewujudkannya..!!

Bagaimana dengan Anda??

Salam,
HATTA N ADHY PK,ST