24 Januari 2008

"Harga Sebuah Investasi"

Demikian bunyi shoutbox di blog saya pagi ini.

Saya coba jawab dengan berandai-andai saja. Seandainya setelah lulus dari kursus entrepreneur TDA ini, dalam setahun kemudian anda mendapat profit 10 juta, atau 30 juta, atau 50 juta atau 100juta per bulan dari bisnis anda. Berapa harga atau nilai investasi yang akan anda berikan kepada kursus ini?

Sekali lagi, ini adalah investasi, bukan biaya. Kalau biaya, ia habis menguap. Kalau investasi, ia akan kembali di masa mendatang dalam jumlah yang mungkin saja tidak terbatas, unlimited.

Jadi, kalau bicara harga investasi, akan sangat relatif jawabannya. Tergantung "value" apa yang ditawarkan di balik harga itu.Ketika ide ini juga ditawarkan oleh Pak Haji Ali (sesepuh TDA), iamengatakan bahwa ia akan memberikan ilmu dan pengalaman berbisnisnya selama 40 tahun jatuh bangun itu.

Kerugian miliaran rupiah sudah ditelannya selama perjalanan itu.Ia akan memberikan "intisari" dari semua pengalaman itu kepada pesertanantinya.

Pertanyaannya, berapa harga yang layak kita berikan kepada pengalaman 40tahun itu?Tentu juga sulit dijawab.

* * * * *

NB :

Hampir mirip dengan ilustrasi diatas. Ketika anda menginvestasikan/memilih bisa untuk praktis dalam melakukan pengisian pulsa dan lebih gilanya lagi bisa digunakan seumur hidup, dengan benefit harga grosir setiap hari. Apa itu mahal?

Katakan dalam satu keluarga anda terdiri dari 5 orang saja, sedangkan tiap bulan masing2 biasa mengisi pulsa 2 kali saja. sedang selisih harga dengan pasar bisa berkisar sampai Rp2.000 per isi ulang. Katakan saja, seumur hidup itu hanya dihitung 40 tahun.

Itu artinya anda akan menginvestasikan sebesar hampir 10 juta...! Padahal itu, selama masih ada kuota, semua bisa anda lakukan secara gratis...!

Apa itu mahal...? Itulah harga sebuah investasi.... Tidak semua orang bisa melihat harga sebuah investasi. Tapi saya yakin anda bisa..!

* * * * *

Diambil dari email pak roni di milist TDA

Salam,

HATTA-JPP