05 Januari 2008

Langkah-Langkah Kecil Menuju Hidup Positif

Langkah-Langkah Kecil Menuju Hidup Positif
Mungkin sudah seringkali kita mendengar ungkapan tentang keuntungan berpikiran positif. Memang menurut beberapa penelitian ditemukan bahwa orang-orang postif cenderung menjalani kehidupan lebih bahagia dan sehat. Namun, dengan lingkungan pergaulan dan pikiran-pikiran yang berkecamuk di kepala kita, rasanya tak mudah untuk terus-menerus mempertahankan sikap positif. Akan tetapi, untuk sebuah tujuan yang bagus tak ada salahnya jika kita mengusahakan yang terbaik. Berikut beberapa panduan melakukan lagkah-langkah kecil untuk mempertahankan sikap positif.

1. Mulailah Selangkah Demi Selangkah - Adakalanya saat menginginkan perubahan, kita ingin mengubah segalanya secara menyeluruh. Daripada mengubah secara keseluruhan, lebih baik perbaiki setahap demi setahap. Buat catatan tentang hal yang membuat Anda merasa tak puas, cari sisi yang membuat Anda merasa tak senang, lalu mulailah melakukan tindakan untuk mengubahnya. Melakukan perubahan selangkah demi selangkah justru memiliki peluang besar untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Berbincang Dengan Diri Sendiri - Diantara seminggu penuh waktu kita untuk beraktifitas, luangkan sehari saja untuk merasakan kedekatan dengan diri Anda sendiri. Dengarkan secara seksama kata hati Anda. Pecayalah, Anda akan merasa kaget saat mengetahui betapa kerasnya Anda terhadap diri sendiri. Cerna setiap ungkapan kata hati dan gantikan pikiran-pikiran negatif dengan pemikiran yang positif.

3. Berhenti Membandingkan - Sudah sewajarnya jika kita melihat orang lain sebagai tolok ukur, tapi jangan lantas membuat Anda membandingkan kehidupannya dengan kehidupan Anda sendiri. Membandingkan hubungan dengan pasangan, pekerjaan yang Anda miliki dengan apa yang dimiliki orang lain hanya akan memukul keras harga diri Anda. Memandang kelebihan orang lain hanya akan mengembangkan fantasi, yang justru akan mendorong Anda jatuh ke dalam rasa tak peraya diri.

4. Nasehati Diri Sendiri - Kebanyakan orang cenderung lebih mahir menyelesaikan permasalahan orang lain dari pada mengatasi masalahnya sendiri. Jika Anda berhasil menghibur seorang teman yang ditimpa masalah, tanyakan padanya apa yang telah membuatnya merasa terhibur. Lain kali jika Anda mendapatkan masalah, mungkin penghiburan Anda tersebut dapat berguna untuk diri sendiri.

5. Utamakan Diri Sendiri - Jika Anda lebih sering menempatkan kepentingan diri sendiri diurutan terakhir, sebaiknya sekali-kali lakukan sesuatu untuk diri sendiri. Mempreoritaskan kepentingan sendiri diurutan akhir biasanya akan mendorong Anda mengasihani diri sendiri, dimana justru mendorong timbulnya rasa frustasi. Jika kemarahan-kemarahan tersebut bertumpuk, justru orang-orang yang Anda cintai yang akan jadi tempat pelampiasan kekesalan. Adakalanya Anda boleh tidak ikut bepergian dengan keluarga hanya untuk menyaksikan serial kesayangan Anda. Sesekali mementingkan diri sendiri justru akan mempertahankan keseimbangan dan membawa hasil yang lebih baik untuk Anda serta orang-orang yang Anda sayangi.

6. Berfokus Pada Diri Sendiri - Tumbuhkan kesadaran kalau Anda tak dapat mengubah orang lain, tapi Anda bisa mengubah diri sendiri. Cara ini membantu Anda melepaskan banyak bagasi emosional. Mungkin ucapan kekasih yang sedang marah terasa menyakitkan hati, tapi saat Anda menerima bahwa itu hanyalah masalah dia bukan masalah Anda, maka perasaan buruk yang diakibatkan kata-kata pedasnya tak akan membawa dampak buruk bagi perasaan Anda.

7. Luangkan Waktu Untuk Bermain - Setiap orang pasti memiliki sisi anak kecil di dalam dirinya. Rangkulah sisi itu sekali-kali. Bermain memiliki efek memperbaiki emosi. Rasa ingin tahu lebih membangun dari pada kritikan. Kembangkan prilaku seperti anak-anak saat berbeturan dengan masalah, lebih baik bertanya bagaimana cara kerja komputer Anda dari pada marah-marah karena orang lain lebih baik dari Anda.

8. Minta Dukungan Dari Teman - Kita memang tak selalu berhasil mempertahankan semangat. Alangkah baiknya jika Anda meminta bantuan teman untuk mememberi dukungan. Ceritakan pada teman terpercaya Anda kalau Anda sendang memperbaiki sikap, biarkan teman dia memberikan dukungan sekaligus pelatihan. Minta pendapatnya tentang bagaimana Anda berekasi terhasap suatu permasalahan secara emosional.

9. Nikmati Proses - Tujuan dalam hidup memang sebuah titik penting untuk dicapai. Tapi terpancang pada hasil justru membuat kita mengabaikan proses. Mengimpikan apa yang jadi tujuan Anda hanya akan membuat impian itu ada diawang-awang. Tapi hanya bertindak selangkah demi selangkah yang akan membawa Anda mendekati apa yang ingin Anda capai.

10. Jangan Lupa Bersyukur - Kadang kita lupa betapa banyak yang telah kita dapat dalam hidup ini. Sebenarnya, menyadari rahmat yang kita terima justru akan membawa warna cerah dalam kehidupan itu sendiri. Mulailah membuat catatan bahagia setiap hari. Ingat tiga hal yang patut Anda syukuri selama sepanjang hari yang Anda lalui, niscaya itu akan membuat Anda lebih menghargai hidup.

Kalau hidup positif dapat membuat kita lebih bahagia dan sehat, rasanya kita semua patut untuk mengusahakannya. Dan semoga sepuluh panduan diatas dapat membantu Anda melakukannya. (erl)

[kapanlagi]

7 Langkah Membangun Percaya Diri Yang Tak Tergoyahkan

7 Langkah Membangun Percaya Diri Yang Tak Tergoyahkan

Tak dapat dipungkiri kita semua pasti pernah mengalami rasa tak percaya diri sesekali waktu. Adakalanya agak sulit untuk membangkitkan kembali rasa percaya diri itu sewaktu kita sedang membutuhkan. Sebenarnya ada latihan sederhana yang dapat dipraktekkan untuk mendapatkan rasa percaya diri Anda agar kembali ke jalurnya secepat mungkin saat dibutuhkan. Berikut kami sampaikan tujuh langkah membangun rasa percaya diri yang tak tergoyahkan.

1. Perhatikan Postur Tubuh - Mungkin kedengarannya ini tak memiliki hubungan dengan rasa percaya diri yang kita bicarakan ini, tetapi sebenarnya bagaimana sikap duduk atau berdiri Anda, mengirimkan pesan tertentu pada orang-orang yang ada di sekekliling Anda. Jika pesan tersebut memancarkan rasa percaya diri, Anda akan mendapatkan tanggapan positif dari orang lain dan tentu saja ini akan memperbesar rasa percaya diri Anda sendiri. Jadi mulai perhatikan sikap duduk dan berdiri untuk menunjukan Anda memiliki rasa percaya diri.

2. Bergaulah Dengan Orang-Orang Yang Memiliki Rasa Percaya Diri Dan Berpikiran Positif - Lingkungan membawa pengaruh besar pada seseorang. Jika Anda terus menerus berbaur dengan orang yang memiliki rasa rendah diri, pengeluh dan pesimis, seberapa besarpun percaya diri yang Anda miliki, perlahan tapi pasti akan pudar dan terseret mengikuti lingkungan Anda. Sebaliknya, jika Anda dikelilingi orang-orang yang penuh kebahagiaan dan percaya diri, makan akan tercipta pula atmosfir positif yang membawa keuntungan bagi diri Anda.

3. Ingat Kembali Saat Anda Merasa Percaya Diri - Percaya diri adalah sebuah perasaan, dan jika Anda pernah merasakannya sekali, tak mustahil untuk merasakannya lagi. Mengingat kembali pada saat dimana Anda merasa percaya diri dan terkontrol akan membuat Anda mengalami lagi perasaan itu dan membantu meletakan kerangka rasa percaya diri itu dalam pikiran.

4. Latihan - Kapanpun Anda ingin merasakan rasa percaya diri, kuncinya adalah latihan sesering mungkin. Bahkan Anda dapat membawanya dalam tidur. Dengan kemampuan yang terlatih, Anda tak akan kesulitan menampilkan rasa percaya diri kapanpun itu dibutuhkan.

5. Kenali Diri Sendiri - Pikirkan segala hal tentang apa yang Anda sukai berkenaan dengan diri sendiri dan segala yang Anda tahu dapat Anda lakukan dengan baik. Jika Anda kesulitan melakukan ini, ingat tentang pujian yang Anda peroleh dari orang-orang - Apa yang mereka katakan - Anda melakukannya dengan baik? Sebuah gagasan bagus untuk menuliskan semua ini, hingga Anda bisa melihatnya lagi untuk mengibarkan rasa percaya diri kapanpun Anda membutuhkan inspirasi.

6. Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri - Jangan terlalu mengkritik diri sendiri, jadilah sahabat terbaik bagi diri Anda. Namun, saat seorang teman sedang melalui masa sulit, Anda tak akan mau terlibat dalam masalahnya hingga menguras emosi Anda sendiri kan? Tentu saja Anda tak mau. Pebicaraan yang positif dapat berubah jadi senjata terbaik untuk menaikan rasa percaya diri, jadi pastikan Anda menanam kebiasaan ini, jangan biarkan permasalahan orang lain membuat Anda jadi terpuruk.

7. Jangan Takut Mengambil Resiko - Jika Anda seorang pengambil resiko, Anda pasti akan temukan kalau tindakan ini mampu membuahkan rasa percaya diri. Tak ada yang lebih bermanfaat dalam menumbuhkan rasa percaya diri layaknya mendorong diri sendiri keluar dari zona nyaman. Selain itu, tindakan ini juga berfungsi bagus untuk mengurangi rasa takut Anda akan ha-hal yang tak Anda ketahui, plus bisa dari pembangkit rasa percaya diri yang luar biasa.

Lebih dari segalanya, selalu ingatlah bahwa Anda memiliki bakat dan kemampuan. Pastikan Anda selalu melakukan yang terbaik untuk semua itu dan inilah yang akan jadi batu loncatan terbaik untuk membangun rasa percaya diri yang tak tergoyahkan. (erl)

[kapanlagi]

GOAL

Semua orang ingin sukses, tapi tak semua orang layak sukses. Jalan sukses itu berliku, terjal, naik, berbelok-belok, memutar, tapi jalan itu ada! Jalan itu terbuka untuk semua orang, termasuk Anda, tapi tak semua orang akan sampai ke finish. Banyak godaan untuk berhenti, baik faktor langit ataupun bumi dikambing hitamkan. Jarang ada orang yang 'mengepel' (baca:introspeksi) saat terpeleset. Banyak juga yang mengulangi kesalahan yang sama dengan dalih 'konsistensi'.

You can not live with yesterday standard and expect extra ordinary income today!

Dibutuhkan extra kreativitas, pertambahan knowledge untuk menghadapi perubahan dan persaingan. Jika tahun lalu anda membuka toko dan laris, tahun ini pasti banyak toko serupa di sekitar Anda. Hargapun akan banting-bantingan. Itu sudah hukum alam, jangan salahkan kompetitor. Salahkan diri Anda yang tak mau berubah.

Dimana Anda tahun lalu? Kemajuan apa yang Anda capai? Mungkin tahun lalu Anda belum mulai usaha, tapi sekarang Anda sudah menjadi pengusaha. Bisa jadi usaha Anda maju pesat dalam setahun, tapi bisa jadi Anda bangkrut sekarang ini. Bukan hanya hasilnya yang patut dipuji, tapi spirit Anda untuk tetap bergerak, bangkit dari kegagalan yang patut diacungi double jempol! Itulah Entrepreneur Sejati! Hidup tak selamanya adil. Mungkin Anda sekarang barusan tertipu, difitnah, jangan kurangi spirit Anda. Meskipun Anda sedang dibawah, yang penting Anda terus bergerak.

Sekarang waktunya my friend, untuk EVALUASI. Menghitung pencapaian dan kerugian. Re-strategy untuk kemajuan. Menengok kebelakang, mengecek perbekalan, menetapkan tujuan di tahun yang baru. Jangan katakan Anda tak punya waktu untuk mengasah gergaji Anda, karena itu bukan pilihan, tapi keharusan.
Cukup 30menit+10menit! Cari tempat yang tenang, jika perlu pergi ke resort. No hp, No children, No Voice, Just between You and God! Sediakan selembar kertas putih dan pena.

10 menit pertama
Rileks dan ingat-ingat kembali, apa target-target Anda tahun ini? Mana yang tercapai, mana yang tidak. Kenapa tidak tercapai? Bagaimana cara memperbaikinya? Jika tahun ini tidak ada target, sesalilah kondisi Anda saat ini yang tidak banyak perubahan. Menangislah jika perlu, seolah-olah hari ini adalah hari terakhir Anda didunia. Seolah-olah malaikat sedang meng-audit hasil kerja Anda tahun ini. Berjanjilah untuk tidak mensia-siakan waktu.

10 menit kedua
Buat target baru tahun depan. Berapa target penghasilan Anda perbulan? Prestasi apa yang akan Anda capai! Tentukan tanggalnya! Apa komitmen sosial Anda? Berapa target zakat yang akan Anda bayar tahun depan? Berapa banyak anak yatim yang akan Anda santuni? Perbaikan hidup seperti apa yang Anda targetkan untuk keluarga Anda? Targetkan berdasarkan kebutuhan bukan keinginan. Visualisasikan dalam bentuk gambar. Tulis tanggal pencapaian Anda. Jangan membuat target sesuai dengan kemampuan anda sekarang, tapi sedikit lebih dari apa yang anda pikirkan. Sesungguhnya kemampuan kita melebihi apa yang kita pikirkan.

"Only those who can see the invisible, they can do the impossible"

10 menit ketiga
Bagaimana cara mencapai target-target Anda diatas? Gajahpun bisa dimakan kalau dipotong-potong, dibuat dendeng, abon dan di sup dagingnya. Potong-potong target tahunan Anda menjadi target 6 bulan, 3 bulan, bulanan, mingguan dan harian. Pikirkan strategi untuk mencapai target-target Anda, kemudian tuliskan. Jangan lupa ACTION, bukan hanya rencana saja!!!

+10 menit
"Mohon AmpunanMu ya Tuhan atas waktu yang terbuang percuma, bahkan ternoda oleh banyak dosa. Semoga Engkau masih memberikan hamba nafas untuk mejadi lebih baik dan mensyukuri segala rahmatMu". Jangan puas terhadap apa yang kita capai, tapi syukuri apa yang telah kita dapatkan. Kita telah diberikan waktu puluhan tahun untuk bernafas. Apa balasan kita kepadaNya? Bahkan selalu kita meminta karena kekurangan. Pernahkah kita bersyukur anak kita terlahir utuh. Pernahkah kita bersyukur terhadap segala nikmat yang tak terhitung? Yang terakhir, barulah kita memohon kemudahan atas upaya kita. Bukan menjadi pengusaha yang kita cari, tapi nilai-nilai entrepreneurshipnya. Sukses bukanlah masalah pencapaian saja, tapi bertumbuh ke potensi maksimal yang diberikan Sang Pencipta kepada kita.


HIDUP INI SINGKAT!

Jika hari ini adalah hari terakhir Anda di dunia, BAGAIMANA Anda ingin dikenang?
Jika hari ini adalah hari terakhir Anda di dunia, APA kata-kata terakhir yang ingin Anda dengar, dari orang-orang yang mencintai Anda?
Jika hari ini adalah hari terakhir Anda di dunia, APAKAH Anda sudah memberikan yang TERBAIK?
Jika Hari ini adalah hari terakhir Anda di dunia, APA yang Anda tinggalkan?
Apakah Anda layak sukses?
Apakah Anda sudah berusaha yang terbaik?
Apakah Anda membuat orang lain bangga ?
Apakah Anda meninggal seperti seorang PEJUANG? …atau PECUNDANG?
Berapa jam sehari Anda mengabdikan waktu Anda untuk bertumbuh?
Berapa jam sehari waktu terbuang percuma?
Semoga masih ada hari esok!
Hidup itu pilihan! Mana yang Anda pilih?
Hidup itu singkat, jadi ……

HAPPY NEW YEAR! Keep Moving!

Membangun Kepercayaan Diri

Bagi sebagian kita yang punya masalah seputar rendahnya kepercayaan- diri atau merasa telah kehilangan kepercayaan diri, mungkin Anda bisa menjadikan langkah-langkah berikut ini sebagai proses latihan:

1.Menciptakan definisi diri positif.

Steve Chandler mengatakan, "Cara terbaik untuk mengubah sistem keyakinanmu adalah mengubah definisi dirimu." Bagaimana menciptkan definisi diri positif. Di antara cara yang bisa kita lakukan adalah:

o Membuat kesimpulan yang positif tentang diri sendiri / membuat opini yang positif tentang diri sendiri. Positif di sini artinya yang bisa mendorong atau yang bisa membangun, bukan yang merusak atau yang menghancurkan.

o Belajar melihat bagian-bagian positif / kelebihan / kekuatan yang kita miliki

o Membuka dialog dengan diri sendiri tentang hal-hal positif yang bisa kita lakukan, dari mulai yang paling kecil dan dari mulai yang bisa kita lakukan hari ini.

Selain itu, yang perlu dilakukan adalah menghentikan opini diri negatif yang muncul, seperti misalnya saya tidak punya kelebihan apa-apa, hidup saya tidak berharga, saya hanya beban masyarakat, dan seterusnya.

Setelah kita menghentikan, tugas kita adalah menggantinya dengan yang positif, konstruktif dan motivatif. Ini hanya syarat awal dan tidak cukup untuk membangun kepercayaan diri.

2. Memperjuangkan keinginan yang positifSelanjutnya adalah merumuskan program / agenda perbaikan diri.

Ini bisa berbentuk misalnya memiliki target baru yang hendak kita wujudkan atau merumuskan langkah-langkah positif yang hendak kita lakukan. Entah itu besar atau kecil, intinya harus ada perubahan atau peningkatan ke arah yang lebih positif. Semakin banyak hal-hal positif (target, tujuan atau keinginan) yang sanggup kita wujudkan, semakin kuatlah pede kita.

Kita perlu ingat bahwa pada akhirnya kita hanya akan menjadi lebih baik dengan cara melakukan sesuatu yang baik buat kita. Titik. Tidak ada yang bisa mengganti prinsip ini.

3. Mengatasi masalah secara positif Pede juga bisa diperkuat dengan cara memberikan bukti kepada diri sendiri bahwa kita ternyata berhasil mengatasi masalah yang menimpa kita. Semakin banyak masalah yang sanggup kita selesaikan, semakin kuatlah pede. Lama kelamaan kita menjadi orang yang tidak mudah minder ketika menghadapi masalah. Karena itu ada yang mengingatkan, begitu kita sudah terbiasa menggunakan jurus pasrah atau kalah, ini nanti akan menjadi kebiasaan yang membuat kita seringkali bermasalah.

4. Memiliki dasar keputusan yang positif.Kalau dibaca dari praktek hidup secara keseluruhan, memang tidak ada orang yang selalu yakin atas kemampuannya dalam menghadapi masalah atau dalam mewujudkan keinginan. Orang yang sekelas Mahatma Gandhi saja sempat goyah ketika tiba-tiba realitas berubah secara tak terduga-duga. Tapi, Gandhi punya cara yang bisa kita tiru: "Ketika saya putus asa maka saya selalu ingat bahwa sepanjang sejarah, jalan yang ditempuh dengan kebenaran dan cinta selalu menang. Ada beberapa tirani dan pembunuhan yang sepintas sepertinya menang tetapi akhirnya kalah. Pikirkan ucapan saya ini, SELALU". Artinya, kepercayaan Gandhi tumbuh lagi setelah mengingat bahwa langkahnya sudah dilandasi oleh prinsip-prinsip yang benar.

5. Memiliki model / teladan yang positifYang penting lagi adalah menemukan orang lain yang bisa kita contoh dari sisi kepercayaan dirinya. Ini memang menuntut kita untuk sering-sering membuka mata melihat orang lain yang lebih bagus dari kita lalu menjadikannya sebagai pelajaran. Saking pentingnya peranan orang lain ini, ada yang mengatakan bahwa kita bisa memperbaiki diri dari dua hal:

a) pengalaman pribadi (life experiencing) dan

b) duplicating (mencontoh dan mempelajari orang lain). --

Best Regard

Erwin Arianto,SE

Sistem Gaji dan Insentif Honda

Rahasia Bisnis Orang Jepang
Oleh : Ann Wan Seng
Belajar dari :
Langkah Raksasa Sang Nippon Mengusai Dunia

26. Sistem Gaji dan Insentif Honda

Nilai gaji pekerja di Jepang termasuk salah
satu yang tertinggi di dunia.

GAJI ATAU PENDAPATAN pekerja di Jepang sangat tinggi. Akan tetapi, jika dibandingkan gaji pekerja Barat, nilai dasar gaji mereka termasuk lebih rendah. Sebagai contoh, nilai gaji yang diberikan perusahaan Honda merupakan nilai terendah yang diberikan perusahaan otomotif di AS. Namun, kebanyakan organisasi ataupun perusahaan di Jepang, pembayaran gaji selalu didasarkan pada prestasi kerja seorang pekerja. Jika seseorang menunjukkan prestasi yang baik, maka ia akan mendapatkan bonus atau imbalan yang sesuai.

Sistem pembayaran gaji seperti itu ternyata berhasil meningkatkan prestasi dan mutu kerja di kalangan pekerja Jepang. Sistem itu juga memberikan motivasi kepada pekerja untuk melakukan pekerjaan sebaik-baiknya. Untuk mempertahankan prestasi tinggi itu, setiap tahun, organisasi di Jepang memberikan anugerah inovasi kepada pekerja golongan bawah yang berprestasi. Anugerah itu merupakan dorongan kepada para pekerja untuk mengemukakan lebih banyak ide baru dan mendorong mereka ikut terlibat dalam proses pengelolaan. Selain itu, ini juga salah satu penghargaan dan pengakuan kepada para pekerja yang memberi sumbangan pemikiran pada perusahaan.

Perhatian organisasi Jepang kepada pekerja golongan bawah berhasil menumbuhkan kesetiaan mereka untuk membangun dan memajukan perusahaan secara bersama-sama. Para pekerja dianggap sebagai bagian dari keluarga dan oleh karena itu, mereka harus diberi pelayanan yang sesuai dengan hasil usaha, tenaga, dan keringat mereka. Bagi perusahaan Jepang, pekerja merupakan aset berharga dan tenaga penggerak utama yang menentukan berhasil tidaknya organisasi.

Berbeda dengan sistem di perusahaan Barat. Di Barat, pengebola lebih banyak memperhatikan pekerja golongan atas daripada sistem pembayaran gaji, pemberian insentif, dan kemudahan. Keutamaan yang diterima pekerja golongan atas seringkali menyebabkan para pekerja tidak puas. Akibatnya, terjadi berbagai tindakan yang merugikan perusahaan, misalnya mogok kerja, bekerja dengan lambat, protes, dan sebagainya, sehingga mengurangi pendapatan perusahaan.

Sikap bekerja lebih dahulu dengan tidak terlalu memikirkan gaji perlu diterapkan oleh pekerja di Indonesia. Bekerja karena gaji tidak memberikan hasil yang sama dengan bekerja semata-mata demi perusahaan. Yang selalu terjadi adalah para pekerja hanya bekerja sungguh-sungguh setelah dibayar dengan sejumlah uang dan diberikan berbagai insentif, seperti uang lembur, cuti, waktu istirahat yang panjang, kemudahan transportasi, dan tempat tinggal. Sistem kerja seperti itu bukan bentuk motivasi yang baik karena biasanya tidak akan bertahan lama. Lebih buruk lagi, di kalangan pekerja timbul kebiasaan menuntut berbagai fasilitas yang tidak masuk akal.

Meskipun standar gaji penting, tetapi hal itu tidak menjadi gambaran pendapatan yang sebenarnya bagi seorang pekerja. Malah, dapat dikatakan, penetapan standar gaji seorang pekerja dalam jumlah tertentu dapat mematikan motivasi, inovasi, dan kreativitas dalam bekerja. Jadi, sebaiknya perusahaan di Indonesia mencontoh sistem perusahaan di Jepang. Sistem yang di gunakan perusahaan Honda dapat dijadikan acuan untuk menciptakan suatu rancangan sistem insentif yang dapat memperbaiki kualitas dan prestasi di kalangan pekerja.

Selain bonus tahunan, perusahaan Honda juga memberikan bonus kehadiran kepada para pekerjanya. Pekerja yang masuk bekerja tiga puluh hari berturut-turut tanpa absen akan diberi bonus harian. Jika seorang pekerja tidak masuk bekerja, maka ia akan dikenakan potongan dua persen dari gajinya. Imbalan menarik dan pemberian bonus harian dapat menjadi pemacu semangat para pekerja. Di samping itu, sistem tersebut dapat meningkatkan kinerja para pekerja. Pembayaran bonus tahunan diberikan berdasarkan keuntungan yang diperoleh perusahaan.

Dengan demikian, setiap pekerja perlu bekerja dan berusaha meningkatkan keuntungan perusahaan. Makin besar keuntungan yang diperoleh perusahaan semakin banyak bonus yang mereka terima. Jumlah bonus tidak perlu ditetapkan dalam bentuk satu atau dua bulan gaji, tetapi dibayar berdasarkan prestasi perusahaan dan produktivitas yang ditunjukkan para pekerja. Pemberian bonus merupakan cara perusahaan Jepang berbagi keuntungan dengan para pekerjanya. Jika mengalami kerugian, maka para pekerja dan perusahaan menanggungnya secara bersama-sama. Di Jepang, perusahaan dan para pekerja merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan. Kedua unsur tersebut terwujud dalam satu kesatuan yang utuh.


[Fakta Menarik]

Penetapan standar gaji pada jumlah tertentu mematikan :
• Motivasi
• Inovasi
• Kreativitas para pekerja

____
Bagi perusahaan Jepang,
pekerja adalah aset berharga

____

Imbalan menarik dan pemberian bonus harian
dapat menjadi pemacu semangat para pekerja.

____
Jumlah bonus diberikan berdasarkan prestasi
perusahaan dan produktivitas para pekerja
_____
By.Retno Kintoko

Tips: 12 Pantangan Untuk Seorang Marketer/Sales

Dear all,

Ada teman seorang Marketer curhat, sejak dia banting stir alihprofesi menjadi Marketing Asuransi & Property, sahabat, tetangga, &saudara2nya menjadi alergi kalau ketemu dia, mereka cenderungmenghindar karena takut diprospek & dijadikan target pemasaran dia.

Saya bertemu secara tidak sengaja dengan kawan ini di sebuah cafe,setelah diskusi panjang lebar saya akhirnya paham kenapa teman sayaini dijauhi orang2 terdekatnya, sepertinya terlalu semangat menjual,walaupun semangat ini membuahkan hasil, sekarang dia sudah menjadiUnit Manager di perusahaan asuransi dan sekaligus Senior Associatedi perusahaan property. Oleh karena ketika dia bilang mau berhentidari profesinya saat ini karena merasa tidak nyaman ditinggalkan dandicurigai orang2 terdekat saya bilang jangan, seorang Marketer kalauberhasil bertahan lebih dari 6 bulan dan memperoleh promosi jabatancukup signifikan setelah 1 tahun artinya dia memang cocok untukpekerjaan ini.

Saya juga jelaskan bahwa Marketer itu justru profesi yang menjadiujung tombak suatu bisnis, percuma perusahaan memiliki produk yangberkualitas, fasilitas produksi yang canggih, team operasional yangprofessional kalau tidak ada marketer yang handal, profesi salesatau marketer ini dibenci tapi dibutuhkan, ibarat jasa guru di duniapendidikan. Marketing juga menjanjikan prospek karir yang palingbaik dan fast tracker untuk para profesional di dunia bisnisdibanding pekerjaan lainnya.

Lalu saya coba memberikan sedikit tips untuk teman itu, walaupunbukan Marketer, saya coba gali tips ini dari pengalaman pribadi sayasebagai konsumen, hehehehe...

Segala sesuatu itu pasti ada sebab & akibat, kenapa orang2 banyakyang tidak suka, tidak respek, bahkan under estimate kepada Marketeratau Salesman?, itu pasti ada penyebabnya, dan perilaku itu pastiterbangun dari image yang terbentuk berdasarkan case yang terjadi,walaupun tidak semua Marketer atau Salesman seperti itu.

Kritik membangun untuk para Marketer & Salesman (12 PANTANGAN UNTUKSEORANG MARKETER/SALES) :

1. Jangan terlalu semangat menjual hingga melupakan privacy calonpembeli.

2. Jangan membuat rikuh calon pembeli dengan memprospek yangbersangkutan di saat yang tidak tepat.

3. Jangan suka membawa 2 nama pembeli sebagai referensi kepada calon pembeli lainnya tanpa seijin yang bersangkutan, karena seringkali calon pembeli berikutnya akan bertanya kepada eks pembeli sebelumnya, jika dia kenal, yang oleh si sales disebut sebagai referator.

4. Jangan suka menjelek-jelekkan produk lain tanpa bukti yang jelas

5. Jangan suka melebih2kan kualitas dan layanan produk diluar coverage purna jual yang diberikan sesungguhnya dari pabrik atau distributor serta jangan menjanjikan sesuatu yang tidak akan bisa dipenuhi perusahaan penjual produk demi membuat calon pembeli membuka PO atau deal.

6. Jangan suka berbohong kepada customer, banyak customer yangsebetulnya lebih paham produk dibanding sales, tapi mereka suka bersikap pura2 tidak tahu untuk mengetes kejujuran sales.

7. Jangan menawarkan sesuatu yang diluar nilai normatif yangdiyakini calon pembeli, misalnya saja kepada staf purchasingperusahaan, jika anda menangkap kesan purchaser tsb orang yang punyaprinsip, jangan coba2 tawarkan fee, entertainment, voucher, atau gratifikasi lainnya, dia akan tersinggung dan langsung memback list anda.

8. Jangan suka menilai calon pembeli berdasarkan penampilan sekilas saja.

9. Jangan suka mengabaikan keluhan atau harapan calon customer saatmenjual, dengarkan saja, karena seringkali produk yang ditawarkantidak pas dengan permintaan tapi sebetulnya setelah anda dengarkankeinginan mereka jadi tahu apa yang sebenarnya yang diperlukan.

10. Jangan suka bersikap hit and run dengan calon pembeli, dihubungi terus menerus dan dilayani dengan baik saat proses negosiasi, tapi setelah deal, anda lepas tangan jika ada complainatau tidak memberikan contact person yang menangani purna jual,sehingga customer tsb tidak terlayani dengan baik setelah membeli.

11. Jangan suka memanfaatkan ketidaktahuan dan keluguan calon customer demi keuntungan sesaat, lakukan presentasi yang benar, jujur, dan transparan kepada calon customer tersebut, seorang pembeli yang setalah membeli kemudian menyesal adalah awal bencana untuk sang Marketer.

12. Jangan suka mengabaikan calon customer yang belum memutuskanuntuk membeli tapi seringkali banyak bertanya dan menghubungi andauntuk meminta update, seringkali customer akhirnya memutuskanmembeli produk anda setelah.... lewat 1 bulan bahkan 1 tahun setelahanda menawarkannya kepada mereka.

Jika anda bisa melaksanakan dengan konsekuen "12 PANTANGAN UNTUK SEORANG MARKETER" ini, saya yakin orang akan menyenangi dan sekaligus menghargai anda sebagai seorang Marketer atau Sales...., bahkan akan menjadi rujukan mereka jika akan membeli produk atau ada orang yang bertanya, ada pepatah tentang hal ini:

1. Seorang customer yang puas akan bercerita kepada 10 orang tentang kehebatan produk dan layanan anda, tapi seorang customer yang kecewa akan bercerita kepada 1.000 orang bahkan semua orang yang dia temui, tentang keburukan produk dan layanan anda.

2. Seringkali customer yang puas akan berbicara tentang kehebatan sang penjual/pribadinya, tapi customer yang kecewa akan berbicara tentang keburukan sang penjual sekaligus produknya.Semoga bermanfaat.

Salam,

Kang Deni [deni-ds.blogspot. com]